Internet Marketing Adalah: Pengertian, Jenis, Manfaat dan Tipsnya

Joko Warino

internet marketing adalah

Sebagian dari Anda mungkin sudah banyak yang familier dengan istilah internet marketing. Pengertian dari internet marketing adalah  metode memasarkan produk maupun layanan dengan menggunakan internet sebagai alat dan wadahnya.

Akan tetapi tidak sesederhana itu, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum akhirnya menggunakan internet marketing sebagai strategi dalam memasarkan produk maupun jasa.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai pengertian internet marketing, maka Anda sudah menemukan artikel yang tepat. Yuk, cari tahu penjelasan, jenis, manfaat, hingga bagaimana tips menjalankan internet marketing.

Baca Juga : Pebisnis Wajib Tahu, Ini Marketing Trends 2024

Pengertian Internet Marketing

Pengertian Internet Marketing

Internet marketing pada dasarnya merupakan salah satu strategi dalam memasarkan produk yang memanfaatkan media internet, khususnya melalui berbagai platform online.

Misalnya Anda mempromosikan dan memasarkan produk melalui situs web, email, Instagram, Facebook, YouTube, Twitter, Blog, dan beberapa platform online lainnya.

Kotler & Keller (2009) sebagai ahli ekonomi pemasaran mengartikan internet marketing sebagai upaya yang dilakukan perusahaan untuk menginformasikan, mempromosikan, hingga menjual produk dan jasanya dengan menggunakan media internet.

“Pemasaran online telah menjadi bagian integral dari strategi pemasaran inti untuk sebagian besar bisnis masa kini. Ini karena teknologi dan internet telah menjadi bagian yang lebih besar dari kehidupan masyarakat.”

Lalu, apa bedanya internet marketing dan digital marketing?

Sekilas memang antara keduanya terlihat sama, namun perlu Anda ketahui bahwa terdapat perbedaan dari kedua jenis strategi marketing tersebut.

Internet marketing merujuk pada upaya dalam memasarkan produk dan layanan dengan menggunakan internet. Tujuan internet marketing adalah untuk melakukan promosi, branding, memengaruhi calon pembeli, dan untuk meningkatkan penjualan.

Cara pemasaran internet marketing lebih fokus pada penggunaan internet dengan memanfaatkan platform situs web, SEO (search engine optimization), SEM (search engine marketing), media sosial marketing, mobile marketing, dan lain-lain.

Sedangkan digital marketing merujuk pada sistem pemasaran secara tepat, cepat, dan pribadi dengan menggunakan media digital dan juga internet.

Lebih dari itu, penerapan digital marketing bentuknya bisa sangat beragam seperti melalui iklan TVC, email marketing, company profile, endorse influencer, iklan pay per click, pay per sale, iklan banner, pay per lead, dan sebagainya.

Jenis-Jenis Internet Marketing

Jenis-Jenis Internet Marketing

Dalam penerapannya internet marketing memiliki berbagai jenis, seperti beberapa jenis di bawah ini:

1. Social Media Marketing

Jenis yang pertama ini merupakan aktivitas pemasaran yang memanfaatkan media sosial sebagai alatnya.

Contoh internet marketing melalui media sosial Anda bisa menggunakan berbagai platform seperti Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, TikTok, dan berbagai pilihan media sosial lainnya.

2. SEM (Search Engine Marketing)

Bentuk dari pemasaran pada SEM adalah upaya dalam meningkatkan visibilitas situs web suatu perusahaan.

Dengan kata lain, melalui SEM ini juga mengupayakan untuk meningkatkan kunjungan jumlah pengguna internet pada hasil mesin pencarian atau istilah lainnya adalah (SERPs), seperti Google, Yahoo, Bing, dan lain-lain.

3. SEO (Search Engine Optimization)

Pemasaran melalui SEO merujuk pada upaya untuk meningkatkan visibilitas agar situs web perusahaan dapat muncul pada urutan pertama dari hasil pencarian search engine.

Pada penerapannya, pemasaran SEO dilakukan dengan memilih nama domain, membuat konten situs web yang menarik, dan menggunakan kata kunci yang relevan.

4. Email Marketing

Jenis internet marketing yang satu ini bisa Anda lakukan dengan mengirimkan pesan melalui elektronik mail.

Melalui pesan tersebut Anda dapat mempromosikan produk, dan menginformasikan apabila terdapat penawaran menarik bagi pelanggan.

Baca Juga : Email Marketing: Definisi, Fungsi, Jenis & Cara Membuatnya

5. Tampilan Iklan

Tampilan iklan ini bisa Anda terapkan pada situs-situs web pihak ketiga ataupun blog, yang nantinya tampilan iklan tersebut akan mengarahkan ke situs web perusahaan.

Secara tidak langsung jenis internet marketing ini bisa membantu dalam meningkatkan jumlah penjualan produk maupun layanan.

6. Website Marketing

Selanjutnya jenis internet marketing yang satu ini merujuk pada upaya untuk meningkatkan traffic pada situs web sebuah perusahaan.

Meningkatnya jumlah traffic bisa menjadi tolak ukur dari keberhasilan website marketing. Ini karena traffic yang tinggi dapat meningkatkan peluang untuk meningkatkan jumlah penjualan produk dan layanan yang Anda tawarkan.

Manfaat Internet Marketing

Manfaat Internet Marketing

Dalam penerapannya, internet marketing tentu memberikan berbagai manfaat dalam aktivitas pemasaran.

Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Menghemat Biaya

Tahukah Anda bahwa aktivitas internet marketing dapat membantu Anda menghemat biaya promosi? Ini karena Anda bisa melakukan promosi pemasaran sendiri melalui berbagai platform online tanpa harus membayar seperti beriklan pada media massa.

2. Dapat Menjangkau Audiens Lebih Luas

Pemanfaatan media internet sangat memungkinkan bagi Anda untuk menjangkau audiens secara luas dengan skala yang besar. Hal tersebut tentu akan menguntungkan bagi bisnis Anda.

3. Memudahkan Aktivitas Pemasaran

Adanya platform media internet sangat membantu bagi banyak pemasar yang memiliki keterbatasan tempat untuk berjualan.

Dengan melakukan internet marketing maka sangat memungkinkan bagi siapa saja untuk menjual produknya tanpa harus memiliki toko secara fisik.

4. Membantu Mengukur Performa Bisnis

Berbagai fitur yang tersedia dalam platform online dapat membantu Anda untuk mengukur sejauh mana performa bisnis secara berkala.

Karena biasanya berbagai platform tersebut memiliki fitur untuk mengetahui jumlah engagement, baik engagement per postingan maupun dalam periode tertentu.

5. Memudahkan Mendapatkan Leads

Leads merupakan mereka yang memiliki potensi untuk membeli dan menggunakan produk Anda. Atau kata lainnya adalah pelanggan potensial.

Melakukan strategi internet marketing dapat membantu perusahaan Anda untuk mendapatkan leads.

Tips Internet Marketing

Tips Internet Marketing

Setelah mengetahui pengertian, jenis-jenis, hingga manfaat internet marketing, rasanya kurang lengkap apabila Anda tidak mengetahui bagaimana tips terbaik untuk  mengoptimalkan strategi internet marketing.

Ada beberapa tips yang dapat membantu keberhasilan strategi inter marketing yang Anda pilih Berikut rangkumannya untuk Anda:

1. Lakukan Internet Marketing Research

Internet marketing research adalah upaya yang Anda lakukan untuk melakukan riset, untuk mengetahui bagaimana trend terbaru penjualan melalui media internet.

Dengan demikian, Anda akan semakin relevan dengan aktivitas internet marketing yang efektif.

Melalui riset tersebut juga Anda bisa mengetahui konten marketing apa saja yang sesuai dengan target audiens Anda.

2. Tentukan Image Brand

Tips selanjutnya adalah Anda perlu menentukan image brand dari produk maupun layanan yang Anda tawarkan. Tujuannya adalah agar produk dan layanan Anda memiliki identitas sehingga semakin mudah dikenali oleh audiens.

3. Up to Date Terhadap Tren

Sebagai seorang pemasar tentu Anda harus selalu up to date terkait tren ataupun isu-isu terkini yang relevan dengan aktivitas promosi dan pemasaran.

Upaya ini juga dapat membantu agar semakin banyak orang yang mengenali produk ataupun layanan yang Anda tawarkan.

4. Lakukan Evaluasi

Evaluasi merupakan poin penting yang harus Anda perhatikan. Melalui evaluasi Anda akan mengetahui sejauh mana performa internet marketing Anda selama ini.

Dari hasil evaluasi tersebut Anda dapat berupaya untuk meningkatkan ataupun mengembangkan apa yang sekiranya kurang maksimal dam aktivitas pemasaran. Dengan demikian maka performa pemasaran Anda pun akan terus meningkat dari waktu ke waktu.

Dari penjelasan di atas dari mulai pengertian, jenis, manfaat, hingga tipsnya. Kini Anda dapat menyimpulkan bahwa internet marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang dapat membantu meningkatkan keberhasilan suatu bisnis. Itulah mengapa saat ini banyak pebisnis yang memasarkan produknya melalui media internet.

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang blogger yang mendalami dunia SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2012 hingga saat ini dan terus belajar memahami perkembangan logaritma yang terus di update oleh Google.

Tinggalkan komentar