Media sosial YouTube semakin populer saat ini. Lantas, seberapa ampuh YouTube marketing memberi keuntungan besar bagi pebisnis? Sebagai salah satu platform yang memiliki pengguna terbanyak di dunia, YouTube berkembang menjadi salah satu media digital marketing tepercaya.
Mari simak ulasan tentang bagaimana menariknya YouTube marketing!
Apa Itu Youtube Marketing?
YouTube memiliki lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan dan dikunjungi oleh hampir seperempat populasi dunia, dengan dua miliar pengguna aktif bulanan.
Wajar untuk berasumsi bahwa YouTube memiliki basis pengguna yang beragam dan bisnis Anda kemungkinan besar dapat terhubung ke target audiens Anda.
Indonesia sendiri tercatat menjadi negara dengan pemirsa YouTube terbesar keempat sejauh ini.
“Dengan angka pengguna yang cukup fantastis saat ini, YouTube kini mampu bertransformasi fungsi menjadi platform mesin pencari terbesar setelah Google, dan menjadi digital marketing yang menjanjikan.”
Lalu, apakah YouTube marketing itu? Secara sederhana dapat dikatakan, YouTube marketing adalah bagian dari strategi marketing digital, yang dipergunakan untuk meningkatkan penghasilan sebuah bisnis, dengan memanfaatkan platform YouTube.
Sebagai roda bisnis, Anda pun dapat mengoptimalkan SEO untuk video bisnis Anda di YouTube.
Cara Mengoptimalkan SEO Video di YouTube
Lalu, bagaimana cara mengoptimalkan SEO video di YouTube? Anda bisa menggunakan strategi SEO dalam mengoptimasi akun YouTube Anda. Langsung saja, mari simak langkah-langkah berikut ini.
1. Siapkan Akun YouTube dan Konten Marketing
Langkah pertama, Anda perlu menyiapkan konten video marketing bisnis Anda sebaik mungkin dan sekreatif mungkin.
2. Perhatikan Judul
Tidak ada bedanya dengan mengoptimalkan SEO pada website di Google, memperhatikan judul pada video YouTube juga sangat penting guna mendapat peringkat teratas.
Judul merupakan ujung tombak, apakah penonton merasa tertarik, penasaran, dan ingin melihat isi dari konten Anda. Melakukan keyword research akan sangat membantu Anda untuk memilih judul dengan kata kunci yang sedang banyak dicari warga internet.
3. Perhatikan Deskripsi
Tidak hanya judul, Anda juga perlu memperhatikan isi deskripsi yang akan Anda sematkan di video.
Secara teknis, YouTube hanya akan menampilkan setidaknya dua sampai tiga baris dari isi deskripsi video, atau 100 karakter teratas dari deskripsi video Anda.
Karenanya, optimalkan 100 karakter pertama dengan kalimat yang mengundang penonton untuk melihat isi konten Anda.
Anda juga bisa meletakan kalimat CTA (Call to Action) dan link produk bisnis Anda, pada 100 karakter pertama yang berharga ini.
4. Pergunakan Heading
Seperti halnya mekanisme SEO pada website yang perlu untuk menerapkan heading dalam artikel, pada deskripsi video YouTube juga perlu menggunakan heading, agar konten milik Anda bisa berada di paling teratas menu pencarian.
5. Pergunakan Tag yang Relevan
Selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah penggunaan tag pada video Anda.
Pastikan tag yang Anda sematkan relevan dengan kata kunci yang Anda pilih. Sebab tag video dapat menghubungkan video Anda dengan video sejenis, dan bisa berfungsi memperluas jangkauan pengguna YouTube.
6. Thumbnail yang Menarik
Thumbnail (gambar utama) pada video harus semenarik mungkin. Pasalnya, thumbnail adalah hal yang pertama kali akan diperhatikan pengguna YouTube.
Manfaat YouTube Marketing untuk Bisnis
Berdasarkan keunggulannya, setidaknya YouTube marketing dapat memberi 3 manfaat bagi bisnis Anda. Berikut ini 3 manfaat YouTube marketing untuk roda bisnis Anda:
1. Meraih Perhatian dan Meningkatkan Kepercayaan
Dengan video YouTube yang Anda buat, calon pembeli dapat melihat secara detail wujud dari produk Anda.
Penyajian gambar produk yang detail dan menyeluruh dapat meraih perhatian dan meningkatkan kepercayaan calon pembeli produk Anda.
Karenanya, sangat penting bagi Anda untuk memastikan video Anda memiliki kualitas yang bagus dan pengambilan gambar yang sesuai.
2. Branding yang Efektif
Melakukan promosi dengan video marketing terbukti lebih efektif dan lebih digemari pebisnis besar. Banyak pengusaha lebih senang mengoptimalkan pemasaran via video iklan digital.
3. Jangkauan Pasar yang Lebih Luas
Anda pun dapat membuat link video YouTube marketing produk Anda, sehingga bisa dikunjungi kapan pun oleh warga net.
Dengan link video marketing tersebut, Anda dapat lebih menjangkau warga net secara lebih meluas dan menyeluruh, hanya dengan satu video saja. Tentu saja selain efektif, hal tersebut dapat lebih menghemat ongkos marketing yang perlu Anda keluarkan.
Strategi YouTube Marketing
Guna mengoptimalkan pemasaran bisnis Anda, simak beberapa strategi YouTube marketing yang bisa Anda terapkan berikut ini.
1. Channel YouTube Khusus Bisnis
Salah satu keunggulan channel bisnis di YouTube adalah channel bisnis ini bisa dikelola oleh lebih dari satu akun.
Selain memiliki channel YouTube bisnis, Anda juga perlu untuk memilih spesifikasi tentang channel Anda.
Pembuatan channel yang sesuai dan tepat dengan bisnis Anda, akan lebih membantu branding produk yang Anda miliki.
Jangan lupa untuk memverifikasi channel bisnis Anda. Sebab, akan ada fitur-fitur tambahan yang ditawarkan channel yang terverifikasi, seperti live streaming, custom thumbnail, dll.
2. Identifikasi Video Marketing Kompetitor
Langkah penting selanjutnya adalah mengidentifikasi video marketing kompetitor. Setelah mengetahui konsep marketing kompetitor bisnis Anda, lakukan inovasi yang lebih menarik dan lebih kreatif guna menarik perhatian audiens.
3. Menerapkan SEO YouTube
Perhatikan dengan seksama SEO video marketing Anda, mulai dari riset keyword video, optimasi deskripsi, serta penunjang SEO lainnya.
Optimasi unsur SEO ini agar video marketing Anda mendapatkan peringkat pencarian teratas di YouTube.
Baca Juga : 10 Panduan SEO YouTube untuk Tingkatkan Viewers
4. Gunakan Kalimat CTA yang Efektif
Terapkan kalimat CTA yang tidak berfokus hanya untuk mendapatkan likes atau subscribe. Namun lebih dari itu, fokus audience akan lebih tertuju pada informasi seputar produk Anda, kemudian tertarik membeli produk bisnis Anda.
5. Perhatikan Kualitas Video Marketing
Memperhatikan kualitas video secara keseluruhan juga sangat penting. Pastikan video marketing Anda memiliki kualitas gambar yang bagus, dan pengambilan angle produk yang pas dan menarik.
6. Perbanyak Kalimat Ajakan dan Kalimat Interaktif
Penggunaan kalimat dalam video ataupun dalam deskripsi, optimalkan menggunakan kalimat bersifat ajakan pada audience, atau kalimat yang interaktif.
Hal ini tidak hanya berguna untuk membangun kedekatan emosional dengan calon pembeli Anda, namun bisa juga mengikat perhatian dan kepercayaan audience pada produk Anda.
7. Perhatikan YouTube Analytics
Channel YouTube bisnis Anda memiliki tools yang sangat penting yakni tools analytics. Tool ini dapat memperlihatkan Anda data statistik yang menampilkan jumlah viewers video, subscribers channel, impression, dan demografi audience Anda.
Tool ini bermanfaat bagi marketing Anda, untuk meninjau performa bisnis yang Anda miliki.
8. Promosikan Video
Anda perlu untuk selalu mempromosikan video Anda, bukan hanya pada pengguna platform YouTube, namun juga pada semua akun media sosial milik Anda.
Banyak pilihan marketing yang bisa Anda coba, dari mulai platform media sosial pribadi, memasang iklan di YouTube, menjalin kemitraan dengan influencer atau seleb media sosial lainnya.
9. Tetapkan Jadwal Unggah Video yang Konsisten
Pemilik channel YouTube dengan subscriber yang banyak, umumnya akan memiliki jadwal upload konten yang tersistematis.
Satu hari beberapa kali upload, atau setiap 3 hari, atau setiap minggu. Mereka selalu memiliki jadwal upload yang konsisten.
Mencoba YouTube marketing sebagai salah satu pilihan marketing bisnis Anda, bisa jadi pilihan yang pas bagi peluang bisnis Anda, mengingat keunggulan yang dimiliki platform satu ini. Nah, selamat mencoba!
Baca Juga : Panduan Video Marketing: Definisi, Kelebihan, Jenis, dan Cara Membuat
Youtube mungkin hanya orang yang ulet yang mampu menghasilkan buih2 cuan dari youtube
Yang susah itu konsisten nya si mas.
Kadang planning sesuai dan eksekusi diawal dah oke tapi susah saat konsisten
Kalo dilihat dari cuan yg dihasilkan oleh orang” sukses tampak menggiurkn memang. Cuma ya itu harus ulet dan konsisten.
Apalagi kalau kita bukan siapa siapa (bukan artis) harus mulai dari nol.
Keren nih, kita bisa tau cara Branding di Youtube. Sangat relevan dengan kemajuan teknologi saat ini, melihat pasar yang sangat luas. Namun, tentunya konsistensi juga sangat dibutuhkan
Youtobe memang bisa di akses setiap saat kapan aja dan dimana saja
Terkadang mau buat konten aja males jadi perlu konsistensi jika mau berhasil harus bener² disiapkan secara matang kalau mau hasil yang sesuai ekspetasi
Saya aja masih ada rasa malesnya.. hehe.
Bermanfaat banget buat saya…. Terimakasih banyak
YouTube bisnis sekarang sedang berkembang membantu para masyarakat lebih berkembang