Email Marketing: Definisi, Fungsi, Jenis & Cara Membuatnya

Joko Warino

email marketing adalah

Anda ingin memasarkan produk lebih mudah? Maka, email marketing adalah jawabannya. Dari istilah tersebut, Anda mungkin sudah memahaminya sebagai penggabungan pesan dan pemasaran.

Dalam strategi penjualan, langkah ini dapat mendukung upaya lain selain penjualan produk, penggunaan media iklan dan langkah lainnya. Dengan penggunaan saluran tersebut, maka Anda dapat berkirim pesan kepada pelanggan atau target audiens potensial. 

Nah, untuk mengetahuinya lebih mendalam untuk usaha Anda, maka simaklah informasi di bawah ini hingga tuntas.  

Apa itu Pemasaran Email?

Apa itu Pemasaran Email

Email marketing merupakan saluran penjualan yang kuat, suatu bentuk perdagangan langsung serta digital, menggunakan surat elektronik untuk mempromosikan produk atau layanan usaha Anda. 

Tujuan email marketing secara umum adalah membuat pelanggan mengetahui barang atau penawaran terbaru dari brand Anda.

Sistem email marketing adalah memainkan peran penting dalam strategi penjualan Anda, yakni dengan prospek, kesadaran merek, membangun hubungan atau mempertahankan keterlibatan pelanggan lewat berbagai jenis surat elektronik pemasaran. 

“Surat elektronik ini bersifat lebih personal sehingga berpotensi mendapatkan lebih banyak perhatian dari penerimanya. Saat konsumen tetap atau calon pembeli merasa nyaman dengan email yang masuk, mereka berpotensi menggunakan program promosi dari produk yang Anda tawarkan.” 

Keuntungan Menggunakan Email Marketing

Keuntungan Menggunakan Email Marketing

Surat elektronik telah menjadi alat perdagangan yang populer untuk bisnis karena dapat membuat pengguna mengambil tindakan tertentu. Sebab, surat elektronik akan tersimpan di kotak masuk sampai terbaca, terhapus, atau terarsipkan.

Dengan jumlah pengguna harian sebanyak 4 miliar dan diperkirakan akan meningkat menjadi 4,6 miliar pada tahun 2025,  menggunakan strategi marketing berbasis email nyatanya masih cukup powerful. Bahkan, pada tahun 2023, pendapatan pemasaran email diperkirakan lebih dari 10 miliar dolar AS.

Di tengah gempuran media sosial, ada beberapa kelebihan email marketing yang tidak dimiliki kanal marketing lain, antara lain:

  • Dapat membantu Anda membangun hubungan dengan audiens sekaligus mengarahkan lalu lintas ke blog, media sosial atau tempat lain. 
  • Pemasaran email memungkinkan Anda membuat promosi yang lebih personal berdasarkan segmentasi audiens, sehingga Anda mengirimkan email yang tepat ke pelanggan yang tepat.
  • Anda bahkan dapat mengelompokkan pengguna berdasarkan demografi sehingga Anda hanya mengirimkan pesan yang paling ingin dilihat orang.
  • Pemasaran surat elektronik juga memungkinkan Anda untuk menjalankan tes baris subjek atau ajakan bertindak untuk mengidentifikasi pesan. Caranya dengan menggunakan perangkat lunak yang juga dapat dikonfigurasi untuk mengirim surat elektronik dengan mudah.

Jenis-Jenis Email Marketing

Jenis-Jenis Email Marketing

Email pemasaran dapat bersifat promosi, menyampaikan informasi, atau melayani tujuan tertentu dalam perjalanan pembeli. Berikut adalah penjelasan tentang jenis-jenisnya.

Promosi

Strategi email marketing adalah digunakan untuk mempromosikan penawaran khusus. Misalnya, rilis produk baru, konten yang terjaga keamanannya seperti ebook dan webinar, dan merek Anda secara luas. 

Publisitas ini dapat terdiri dari 3-10 surat elektronik yang dikirim selama beberapa hari atau minggu. 

Surat elektronik promosi memiliki ajakan bertindak yang jelas, atau dikenal dengan istilah Call to Action atau CTA. CTA mewakili tindakan tertentu yang Anda ingin pembaca lakukan. Apakah itu mengunjungi halaman di situs web Anda atau menggunakan kupon untuk melakukan pembelian. 

Ritme perdagangan dan pemasaran usaha Anda biasanya menentukan seberapa sering Anda mengirim jenis surat elektronik pemasaran ini.

Informasi

Umumnya berbentuk dalam format buletin. Seperti namanya, publisitas ini membagikan berita yang terkait dengan usaha Anda. Misalnya, pencapaian yang baru tercapai, kemampuan produk baru, atau menampilkan konten berharga seperti studi kasus. 

Pengirimannya secara berkala, mingguan, dua mingguan, hingga bulanan. Keberadaan buletin membantu mempertahankan titik kontak yang konsisten dengan pelanggan surat elektronik Anda. 

Sederhananya, buletin adalah kesempatan untuk berbagi wawasan, pemikiran, kiat, apa pun yang paling bermanfaat bagi audiens Anda. 

Lalu, ada pula pula pengumuman, cara sempurna untuk memberitahu pelanggan tentang informasi perusahaan, rilis produk baru, perubahan layanan, dan lainnya.

Surat elektronik adalah saluran yang bermanfaat untuk mengirimkan pesan-pesan penting. Memperbarui kontak Anda melalui surat elektronik adalah cara terbaik untuk menjaga komunikasi. Aman, instan, dan dapat bersifat sangat formal untuk pengumuman yang paling penting.

Re-engagement

Jenis surat elektronik untuk pemasaran penting lainnya adalah surat elektronik re-engagement. Seperti namanya, jenis surat elektronik ini membantu terhubung kembali dengan pelanggan atau pelanggan yang belakangan ini tidak aktif.

Cara Membuat Email Marketing

Cara Membuat Email Marketing

Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda lakukan untuk mulai melaksanakan strategi penjualan lewat surat elektronik tersebut: 

  • Tetapkan target dan tujuan Anda terlebih dahulu
  • Susun daftar surat elektronik berdasarkan target yang sudah Anda susun
  • Kenali target dari usaha Anda dan kenali karakteristik mereka
  • Buatlah konten dari surat elektronik dengan menarik dan meyakinkan
  • Gunakan sarana layanan surat elektronik yang tepat
  • Rencanakan strategi untuk langkah berikutnya. 

Cara Mengoptimasi Email Marketing

Cara Mengoptimasi Email Marketing

Meskipun prosesnya bervariasi, ada beberapa langkah yang bisa Anda ambil saat mengoptimalisasi proses promosi lewat surat elektronik ini. Berikut adalah langkah-langkahnya. 

Tentukan Segmen

Publisitas yang efektif dimulai dengan segmentasi daftar. Gunakan data tentang pelanggan Anda untuk mengelompokkan mereka. Ini memungkinkan Anda membuat publisitas yang lebih dipersonalisasi.

Namun. hal itu bergantung pada audiens Anda. Untuk itu, susunlah data yang mencakup hal-hal berikut ini : 

  • Data perilaku dari situs Anda
  • Data demografis, seperti lokasi, usia atau jenis kelamin 
  • Topik yang penting bagi mereka

Rancang Rangkaian Surat Elektronik yang Efisien

Setelah mengelompokkan daftar surat elektronik Anda, saatnya merancang rangkaian. Rangkaian yang dimaksud merupakan daftar surat elektronik yang berguna untuk memenuhi tujuan publisitas.

Tentukan Pemicu yang Tepat

Setelah Anda merancang alur kerja, tentukan tindakan apa yang akan memicu surat elektronik berikutnya secara berurutan. Contoh pemicu dapat berupa pelanggan membuka surat elektronik Anda, membuka link atau tidak membukanya dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Dengan memperhatikan pada sasaran audiens Anda, pemicu surat elektronik Anda mungkin terlihat seperti ini: 

  • Pelanggan mendaftar ke daftar surat elektronik Anda, kirim surat elektronik selamat datang dengan kupon dan beberapa item populer
  • Setelah satu minggu, kirim surat elektronik kedua yang mempromosikan produk baru
  • Pelanggan mengunjungi produk Anda, sebar surat elektronik untuk mempromosikan koleksi baru
  • Pelanggan menambahkan item ke keranjang mereka, tetapi tidak segera melakukan transaksi. Lalu, sebar pengingat surat elektronik dengan kupon diskon 10 persen

Meskipun contoh ini lebih cocok untuk perusahaan e-commerce, namun Anda dapat membuat rangkaian serupa. Tujuannya agar memelihara prospek, mempromosikan kursus, atau mengarahkan lalu lintas ke blog Anda.

Contoh Penerapan Email Marketing

Contoh Penerapan Email Marketing

Berikut adalah contoh email marketing dengan penerapan berdasarkan jenisnya.

Survei

Jika Anda menjalankan sebuah usaha, tentu butuh adanya tanggapan balik dari pelanggan. Sehingga, Anda akan tahu apa saja yang harus Anda tingkatkan dari segi produk atau layanan. Dengan mengirim surat elektronik ini, Anda bisa menjadi gambaran bahwa Anda menghargai pelanggan dengan baik.

Promotion

Seperti telah dijelaskan di atas, surat elektronik ini bertujuan untuk kebutuhan promosi. Kemudian, ini menjadi salah satu jenis surat elektronik paling umum dan digunakan. 

Langkah ini dapat memudahkan Anda dalam meningkatkan brand awareness alias kesadaran terhadap merek. Sehingga, Anda bisa memberikan persuasi kepada calon customer atau pelanggan lama saat ada produk atau layanan baru.

Seasonal Marketing 

Surat elektronik semacam ini umumnya berguna untuk kebutuhan publisitas di musim tertentu, momen-momen penting atau perayaan khusus. Tujuannya demi dapat menjangkau customer dan calon pembeli dengan menyampaikan informasi produk terbaru.

Misalnya, pada momen hari raya keagamaan, tahun baru, atau perayaan kemerdekaan. 

Kesimpulan

Email marketing adalah suatu cara untuk berkomunikasi dan terhubung dengan basis pelanggan. Ini adalah bentuk perdagangan langsung yang digunakan dengan cara memberikan informasi, mendorong kesadaran terhadap merek dan mempromosikan produk atau layanan tertentu.

Semoga artikel ini dapat memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang dunia perdagangan lewat surat elektronik. Siapa saja dapat menggunakan perdagangan lewat surat elektronik untuk mengembangkan usaha mereka.

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang blogger yang mendalami dunia SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2012 hingga saat ini dan terus belajar memahami perkembangan logaritma yang terus di update oleh Google.

Tinggalkan komentar