SEO off page merupakan salah satu teknik optimasi SEO yang memiliki peranan penting selain SEO On Page.
Teknik optimasi ini dapat memberikan dampak terhadap peringkat website di halaman search engine (SERP).
Tentang SEO Off Page
SEO Off Page seringkali disebut dengan istilah off page optimization, sebagai sebuah upaya untuk dapat meningkatkan traffic web yang biasanya lebih mengacu terhadap hal-hal yang ada di luar halaman web.
Metode off page optimization ini kebalikan dari SEO On Page, hanya saja tujuannya sama yaitu untuk meningkatkan traffic website.
Untuk SEO On Page biasanya lebih fokus terhadap internal link, konten artikel dan keyword.
Maka lain halnya untuk SEO Off Page, biasanya berfokus terhadap backlink atau link building.
Namun ingat, untuk meningkatkan traffic web sendiri tidak hanya melakukan SEO On Page atau Off Page, tetapi juga harus meningkatkan dan menjaga brand awareness situs web yang dikelola.
Jadi, semua teknik optimasi web harus dilakukan seimbang untuk memperoleh hasil yang diinginkan.
Kenapa Penting Sekali Melakukan SEO Off Page?
SEO Off Page memiliki peranan penting dalam meningkatkan traffic web, apalagi jika ingin meningkatkan sebuah brand awareness bisnis maupun perusahaan.
Saat seseorang penasaran dengan sebuah brand atau produk, maka mereka pasti akan mencari informasi produk tersebut melalui search engine maupun pengalaman dari teman atau orang lain disekitarnya.
Jika anda melakukan optimasi SEO Off Page, maka anda telah memberitahukan kepada Google atau mesin pencari untuk bagaimana pendapat pengunjung tentang brand anda.
Selain itu, dapat membantu menambah performa web demi meningkatkan traffic web.
Banyak orang berpikir bahwa off page optimization hanya berbentuk link building, padahal ada banyak metode lainnya dalam upaya off page optimization.
SEO On Page Vs SEO Off Page
SEO on page merupakan strategi optimasi untuk meningkatkan traffic dengan mengoptimalkan kualitas website anda sendiri. Ini artinya, anda harus membuat konten berkualitas, melakukan optimasi keyword atau lainnya.
Sedangkan off page ialah optimasi traffic dengan upaya-upaya di luar website.
Seperti halnya membuat konten melalui platform media sosial, optimasi terhadap Google Bisnis dan menerima ulasan yang baik dari Google.
Jika dilihat dari tujuannya, SEO on page bertujuan untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung ke website anda.
Dengan begitu, anda bisa meningkatkan ranking pada mesin pencari. Selain itu juga dapat mendorong pemasaran terhadap produk maupun layanan anda.
Sedangkan SEO off page bertujuan untuk membangun kredibilitas bisnis, web atau brand agar orang tertarik mengunjungi website anda.
Mereka dapat menemukan situs web anda melalui newsletter, Google Review dan media sosial.
Upaya Melakukan Optimasi SEO Off Page
Ada beberapa upaya yang dilakukan dalam optimasi SEO off page, diantaranya :
1. Link Building
Apa itu link building?
Jadi, yang dimaksud dengan link building disini yaitu sebuah teknik fundamental untuk mengoptimasi off page.
Link building bertujuan untuk meningkatkan otoritas terhadap website anda.
Dengan cara meningkatkan link dari situs web lain yang mempunyai otoritas tinggi.
Link yang dimaksud tentu saja bukan dilihat dari jumlahnya, melainkan dari kualitasnya.
Jika anda mempunyai skor otoritas (Domain Authority/DA) mencapai 60 poin, ini artinya situs web anda mempunyai otoritas baik. Anda bisa melakukan pengecekan di https://websiteseochecker.com/domain-authority-checker/
Sebagai contoh Google.com memiliki DA 94, Facebook.com memiliki DA 96 dan Youtube.com memiliki DA 100. Selain domain authority Ada juga bisa melakukan pengecekan page authority. Perhatikan gambar dibawah ini :
Apabila jika skor otoritas yang didapat dibawah 40 poin, maka harus ditingkatkan lagi.
Pengukuran otoritas ini biasanya dengan cara mengetahui :
- Kuantitas dan kualitas
- Link follow atau yang mengikuti dan link no follow atau yang tidak mengikuti situs web anda dari web lain.
- Jumlah pengguna menurut analisis
- Jumlah subnet tertentu yang mengarah ke web.
- Banyaknya backing yang langsung mengarah pada situs web.
- Jumlah IP tertentu yang langsung mengarah ke web.
Akan tetapi, link yang diperoleh wajib didapatkan dari website tertentu yang relevan.
Dengan kata lain, website yang dimaksud harus mempunyai niche atau tema yang sama seperti website Anda.
Jadi, jika website Anda bertema IT, maka Anda harus mengumpulkan backlink yang berasal dari situs web lain dengan niche IT juga.
2. Local SEO
Optimasi SEO off page lainnya yaitu melalui local SEO.
Jika ingin mengoptimasi local SEO, maka Anda bisa memakai citation building dan Google Bisnis.
Hal tersebut tentu saja akan sangat mempermudah dalam menempati peringkat dan memperoleh traffic tinggi pada pencairan lokal.
Jika anda mempunyai bisnis penjualan frozen food didaerah Pekanbaru.
Maka calon pembeli akan langsung mencari informasi tentang toko frozen food terdekat dari lokasi tempat tinggalnya.
Selanjutnya search engine atau mesin pencari dapat mengarahkan calon pembeli ke Google Bisnis.
Jika Google Bisnis anda memilik optimasi yang baik, maka kemungkinan besar calon pembeli bisa menemukan informasi terkait bisnis Anda. Tampilannya akan seperti gambar di bawah ini :
3. Meningkatkan EAT
Expertise, Authoritativeness, and Trustworthiness atau EAR adalah indikator penting untuk mengarahkan mesin pencari mempercayai jika konten disajikan adalah yang paling informatif dan terbaik.
EAT termasuk indikator penentu kualitas sebuah situs sesuai Search Quality Evaluator.
Mengingat Google saat ini tidak berkenan menampilkan berita dan informasi palsu (hoax) pada halaman pencariannya, maka EAT menjadi komponen terpenting dalam SEO off page.
Apalagi untuk konten-konten mengenai Kesehatan.Biasanya Google lebih berhati-hati menampilkan hasil pencarian dengan cepat dan akurat.
Dalam meningkatkan EAT, ada beberapa komponen yang harus diperhatikan berikut :
Backlink dari Web Seed Sites
Google menganggap bahwa website seed sites mempunyai trade record yang baik karena menampilkan informasi-informasi akurat.
Misalnya, seperti web dengan domain GOV dan EDU, serta portal berita.
Melalui backlink yang berasal dari seed sites. Maka EAT website dapat mengalami peningkatan secara signifikan.
Baca Juga : Kriteria Backlink Berkualitas
Ulasan Positif
Ulasan positif yang diberikan oleh pengunjung atau pelanggan juga bisa meningkatkan EAT untuk optimasi website SEO off page.
Hal ini dikarenakan ulasan yang positif bisa dijadikan sebagai bukti kuat untuk menentukan jika web tersebut mempunyai reputasi yang positif, berdasarkan pada Google Quality Rater.
Brand Mention
Untuk brand mention disini ialah bekerjasama dengan situs web lain agar mereka nantinya menyebut website atau brand anda, baik itu dengan menambahkan link ke website anda maupun tanpa link.
Keduanya mempunyai dampak positif dalam meningkatkan EAT website anda.
Menggunakan Media Sosial
Media sosial merupakan platform untuk berbagi jenis data, seperti tautan artikel atau artikel.
Anda bisa berbagi konten artikel di beberapa media sosial, contohnya Twitter, Facebook, Pinterest atau yang lainnya.
Tujuannya agar pengguna mengetahui website Anda, Biasanya website yang sering membagikan konten artikel di media sosial mereka cenderung mempunyai peluang lebih mudah diindeks oleh search engine.
Media sosial dapat membantu website Anda agar lebih dikenal.
Faktor yang Berpengaruh SEO Off Page
SEO off page biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut :
1. Inbound Link
Banyak orang beranggapan jika optimasi SEO off page yang paling penting adalah backlink.
Backlink yaitu link yang ada dalam website lain dan jika diklik, nantinya langsung mengarah ke halaman website anda.
Selain itu, inbound link bisa dikatakan sebagai jantungnya SEO off page.
Link masuk memberikan peran penting dalam meningkatkan otoritas peringkat halaman.
Sebagus apapun anda memainkan SEO on page, apabila tidak ada link yang mengarah langsung ke website Anda, maka crawler tetap kesulitan mengidentifikasi halaman web Anda.
Backlink seringkali dilakukan para penulis konten agar mengarahkan para pengunjung menuju situs web dengan keyword tertentu.
2. Social Signals
Dalam meningkatkan popularitas web dengan SEO off page penting sekali memanfaatkan media sosial.
Media sosial juga termasuk platform efektif untuk meningkatkan branding. Jika web anda semakin dibahas dan populer, maka semakin tinggi peluang website anda lebih tinggi muncul di SERP.
Hal ini dikarenakan media sosial sampai sekarang masih menjadi platform yang memiliki jumlah pengunjung terbanyak di internet.
Beberapa platform media sosial seperti Twitter, Facebook, Pinterest, Instagram sangat membantu anda untuk meningkatkan traffic.
Jika konten anda menjadi viral di platform media sosial ini, maka akan sangat membantu menambah traffic.
Dengan memanfaatkan pengguna di platform sosmed untuk meningkatkan traffic sebenarnya lebih direkomendasikan jika dibandingkan hanya berfokus untuk mengejar traffic di Google.
Saat ini, sinyal sosial berupa komentar, like, maupun share akan didokumentasikan algoritma search engine.
Kemudian hasil tersebut akan dihitung dan diproses bersamaan indikator lainnya, seperti kinerja website, usia situs web, jumlah backlink, skor domain dan lainnya.
3. Online Reputation
Jika anda sudah membangun backlink, serta meningkatkan popularitas website di media sosial, maka memperoleh traffic berdasarkan ulasan pengunjung bisa menambah peringkat website anda dalam SERP.
Metode ini bisa dikatakan sebagai branding atau membangun merk bagi website anda.
Jika website anda semakin dikenal, semakin mudah ditemukan, tentu saja akan semakin meningkatkan pengunjung web.
Popularitas sebuah web tentu penting sekali dalam optimasi search engine. Website yang memiliki popularitas tinggi biasanya akan mendapatkan skor tinggi juga dari Google.
Teknik SEO Off Page
Ada beberapa teknik SEO off page yang bisa anda coba saat ini, diantaranya :
1. Memanfaatkan PR Digital
PR Digital yaitu sebagai sebuah strategi menggunakan blogger, influencer, media atau yang lainnya untuk memperoleh link berkualitas tinggi.
Backlink biasanya memiliki bentuk yang bervariasi baik dalam video Youtube, artikel blog, berbagi di platform media sosial, dan berbagi podcast.
Bagi bisnis lokal, menjalin hubungan dengan berbagai media lokal di tempat anda bisa sangat membantu.
Mengingat Kerjasama tersebut biasanya akan melibatkan orang atau perusahaan yang telah mempunyai reputasi baik, sehingga backlink yang didapat juga akan lebih bagus.
2. Guest Blogging
Teknik ini sering dilakukan para blogger demi mendapatkan link ke web mereka melalui upaya yang dilakukan blogger itu sendiri.
Biasanya blogger akan membuat konten di web lain, kemudian menautkan beberapa link yang relevan pada konten artikel yang sesuai/relevan di websitenya sendiri.
Metode ini disebut juga metode membangun tautan SEO off page manual.
Dalam hal ini, blogger harus menemukan website dengan reputasi yang baik dan memberikan kesempatan kepada para guest writer untuk menulis lewat website mereka.
Dengan ketentuan dan syarat yang diberlakukan oleh pemilik web itu sendiri.
3. Infografis dan Statistik
Sebenarnya membuat konten artikel menggunakan data statistic yang dilengkapi oleh gambar infografis, bisa mengundang lebih banyak traffic.
Konten jenis ini biasanya sangat cocok sebagai referensi tambahan bagi konten relevan lainnya.
Selain ketiga teknik di atas, anda juga bisa mencoba membangun hubungan bersama webmaster atau pemilik website.
Teknik SEO off page ini seringkali dilakukan para blogger. Dengan banyaknya teknik off page optimization, anda bisa memilih mana cara yang terbaik untuk meningkatkan traffic web.
bagus banget kak artikelnya, menambah wawasan saya tentang SEO, makasih banget kak, semangat terus…