Semakin banyak backlink berkualitas yang masuk pada website, semakin tinggi reputasi blog Anda di mata Google.
Link atau tautan dari web berkualitas, maka akan “menular” ke blog Anda.
Istilah ini disebut juga dengan link juice.
Semakin tinggi reputasi blog, akan berdampak pada peringkat artikel-artikel di dalamnya.
Peringkat dan popularitas artikel akan naik secara signifikan. Sehingga jumlah pengunjung dipastikan juga ikut naik, traffic jadi padat.
Terdapat 2 teknik utama yang digunakan para praktisi SEO dalam tujuan ini. Pertama adalah membangun backlink sebanyak mungkin untuk diarahkan ke blog mereka.
Fokus pada kuantitas, namun ini bisa menyebabkan risiko take down oleh Google sebab dianggap spam.
Teknik kedua, berburu sedikit saja, tapi dari sumber yang sangat berkualitas.
Dari website kelas kakap, yang lebih masuk akal dan aman.
Bahkan mampu menopang sebuah artikel atau web dalam jangka panjang.
Mengenal Tentang Apa itu Backlink?
Backlink adalah sebutan untuk sebuah tautan atau link yang mengarah ke website Anda.
Bisa dimanfaatkan sebagai rujukan yang akan memudahkan pengguna.
Bisa juga difungsikan sekadar untuk keperluan optimasi agar website lebih populer di mata mesin pencarian internet.
Jika dilihat dari manfaatnya terdapat 2 jenis yakni dofollow dan nofollow.
Bagi yang awam, keduanya seolah sama saja merupakan tautan biasa.
Namun ternyata ada perbedaan antara keduanya terkait cara kerjanya.
Jenis dofollow lebih banyak disukai karena memiliki nilai tinggi di mesin pencari.
Memberikan dampak nyata terhadap website yang menggunakannya.
Sementara itu bentuk nofollow pada dasarnya efeknya kurang terlihat sehingga kurang diminati.
Semakin banyak pembuat konten website atau blog, semakin membutuhkan backlink berkualitas.
Sebab setiap pemilik website membutuhkan pengunjung. Jika web yang dibangunnya tidak populer, tidak mendapat pengunjung, tidak ada keuntungan masuk.
Para praktisi SEO menjadikannya sebagai salah satu strategi menarik masa.
Membuat pengguna internet mengunjungi dan membaca konten.
Kemudian sebisa mungkin para pengunjung tersebut terkonversi menjadi pembeli atau pelanggan web.
Kriteria Backlink Berkualitas
Terdapat syarat atau kriteria sebuah kualitas. Ini sangat menentukan seperti apa nanti imbasnya terhadap website yang sedang Anda bangun.
Perhatikan apa saja, supaya tepat saat mencarinya guna mendukung traffic blog atau website.
1. Reputasi Website
Reputasi website sendiri perlu diukur menggunakan DA/PA dari Moz.
Misal pada Domain detik.com berikut ini :
Semakin tinggi angka DA atau Domain Authority, bisa dipastikan website tersebut bereputasi baik.
Bukan hanya web yang berasal dari domain aktif saja, namun backlink berkualitas juga bisa didapatkan dari expired domain.
Expired domain dengan DA tinggi maka akan membuat backlink yang dihasilkan ke blog Anda akan berdampak besar.
Baca Juga : Perbedaan Aged Domain dan Expired Domain, Mana yang Terbaik?
2. Keaktifan Website
Backlink berkualitas harus didapat dari website yang masih aktif update artikel.
Jika web sumber sudah lama tidak melakukan update artikel, maka besar kemungkinan Google bot juga sudah tidak lagi efektif.
Jika kondisinya seperti itu maka link yang dibuat tidak akan berdampak signifikan.
Belum dapat maksimal meningkatkan trafik artikel pada blog Anda.
Selain itu artikel baru yang memuat backlink Anda sulit terindeks.
Web yang baik untuk mendapatkan backlink berkualitas dengan update artikel yang rutin adalah web berita. misalkan detik, tribun, kompas dan web berita lainnya.
3. Traffic
Website sumber backlink berkualitas selain masih aktif juga wajib memiliki visitor.
Artinya web tersebut masih dipercaya dan digunakan oleh pengunjung. Bobot kualitas ditentukan oleh tingginya traffic.
Tautan yang bersumber dari web aktif, sering update artikel, memiliki traffic, akan terlihat natural oleh Google.
Artinya tautan yang diberikan dari web tersebut langsung terasa dampaknya dalam waktu singkat menaikkan trafik artikel.
Misalkan pada salah satu web Saya (cek gambar).. bila mendapatkan backlink dari web tersebut maka akan mendapatkan sumbangsih traffic juga.
4. Relevansi Topik
Harus relevan antara isi konten Anda dengan tautan yang digunakan.
Minimal memiliki sumber bahasan serupa masih dalam satu tema. Namun jika sama akan lebih baik.
Contohnya, artikel Anda membahas seputar SEO dan copywriting.
Maka perlu dihubungkan dengan tautan membahas WordPress.
Memang tidak sama namun masih dalam satu keterkaitan.
Baca Juga : 8+ Cara Menulis Konten Berkualitas Untuk Website
5. Bahasa Konten
Untuk meningkatkan relevansi, Anda harus mengambil tautan dengan bahasa sama.
Jika menulis artikel dalam Bahasa Indonesia, maka sebaiknya tautan terpilih juga menggunakan Bahasa Indonesia.
6. Jenis Backlink
Sangat direkomendasikan untuk memakai jenis Dofollow, jadi blog Anda “ketularan” reputasi sumber tautan.
Jika menggunakan jenis Nofollow, bisa jadi tidak akan dianggap sama sekali oleh Google.
7. Penempatan Link
Penempatan paling benar dan berkualitas adalah di dalam artikel, disebut kontekstual link.
Jika menempatkannya di posisi komentar, sidebar, atau footer bisa jadi otomatis bersifat Nofollow.
8. Anchor Text
Anchor text membantu Google mengidentifikasi isi link tujuan.
Jika ingin membuat backlink untuk artikel “SEO” pastikan menggunakan anchor text paling sesuai.
Tidak harus sama persis, sebab bisa jadi Anda membuat link lebih dari satu sumber.
Misalkan anchor textnya “Search Engine Optimization”
9. Variasi Sumber Backlink
Sumber tautan ada banyak, dari artikel lain, profil media sosial, social bookmarking, dan sebagainya.
Ciri backlink berkualitas lainnya adalah berasal dari sumber berbeda, agar tampak natural, sehingga web lain merekomendasikan Anda.
10. Usia Backlink
Beda usia beda kualitas, ini yang umum terjadi.
Namun berapa bulan atau tahun usianya yang tepat tidak bisa diidentifikasi langsung.
Sebab ada berbagai faktor berpengaruh terhadap kualitasnya juga.
11. Jumlah Backlink
Berkaitan dengan jumlah, ini relative dan tidak harus banyak supaya tidak spamming.
Justru Anda harus perhatikan dari segi kualitas dibanding kuantitas.
Namun jika semua sumber tautan berkualitas tidak masalah digunakan semuanya.
12. Terindeks
Sumber tautan harus terindeks oleh Google.
Jadi 11 poin yang sudah dipaparkan di atas tidak akan berjalan dengan baik, efeknya terhadap blog atau website tidak signifikan apabila belum terindeks.
Untuk melakukan pengecekan sumber web tersebut terindeks atau tidak tinggal menambahkan “site:” pada pencarian google.
7 Referensi Sumber Backlink
Lalu seperti apa sumber paling baik dan ideal untuk digunakan?
Berikut ini kami sampaikan beberapa sumber backlink berkualitas yang bisa dijadikan sebagai rujukan.
Anda bisa menentukan sendiri mana paling bisa digunakan.
1. Guest Posting
Kontributor, penulis tamu, guest blogger adalah salah satu sumber tautan paling baik.
Maka perbanyak interaksi dengan artikel lain yang memiliki topik serupa dari web-web besar dan berkualitas.
2. Komentar di Web
Ini juga bisa jadi sumber tautan yang berguna. Biasanya dalam komentar tersebut terdapat link atau tautan tertentu.
Namun perlu diingat bahwa apa saja yang masuk pada kolom komentar sifatnya Nofollow, jadi cukup sulit menaikkan traffic.
3. Link Placement
Serupa dengan penulis tamu, bedanya penulis tamu menulis sendiri artikelnya.
Sedangkan Link Placement artinya Anda meminta pemilik blog atau website untuk menyisipkan backlink pada salah satu artikel.
4. Sitewide Link
Ini adalah tautan yang berada pada sidebar, header dan footer. Rata-rata bersifat Nofollow meski tidak semua.
Ini juga bisa Anda jadikan sebagai sumber backlink berkualitas.
5. Blogroll List
Contoh blog fashion blogger, berisi referensi web orang lain yang di buat karena inisiatif pemilik Blogroll sendiri.
Jika merasa blog Anda relevan untuk masuk ke daftar tersebut, tidak ada salahnya meminta pemilik Blogroll untuk dimasukkan.
6. Dengan Cara Membeli
Ini merupakan jalan pintas yang banyak digunakan pemilik website atau blog.
Lebih mudah, praktis dan cepat mendapatkan sumber terpercaya dan efektif menaikkan traffic.
Dengan membeli Anda menghemat waktu.
Bisa langsung fokus untuk memaksimalkan kualitas dan konsisten membuat konten.
Tanpa perlu mempelajari dan memilih teknis paling tepat mendapatkan backlink berkualitas dari berbagai sumber.
7. Membangun PBN
PBN atau Private Blog Network merupakan jaringan beberapa blog yang dibuat untuk mendukung web utama.
Diklaim paling powerfull dalam mendukung sebuah konten maupun blog.
Setiap praktisi SEO yang sudah berpengalaman biasanya memiliki sejumlah PBN yang dibangun sendiri.
Namun ada juga yang menyediakan jasa PBN sehingga bisa dimanfaatkan oleh blogger pemula.
Ketahui Juga Tentang Fungsi Backlink
Apakah bisa sebuah website atau blog tidak menggunakan backlink berkualitas?
Jika tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan dengan menyampaikan pesan tertentu maka harus menggunakannya.
Tautan yang mengarah kepada blog atau web Anda ini memiliki 2 fungsi utama.
1. Alat Rujukan
Pertama, sebagai alat rujukan yang mempermudah pengunjung suatu website untuk mendapatkan referensi berkualitas dan berguna dari website Anda.
Keuntungan Anda, semakin banyak pengunjung, pembaca, kemudian mengikuti arahan dari konten.
Apakah berisi edukasi, tips, tutorial dan sebagainya yang tentu berguna juga bagi audiens.
Jika tujuan dari blog Anda berjalan seperti ini, popularitas dan traffic meningkat signifikan.
Interaksi dengan pengunjung bisa terjalin dengan baik. Dari sini Anda bisa mendapatkan penghasilan.
2. Konsep endorse
Fungsi kedua adalah berperan layaknya konsep endorse barang di Instagram atau platform lain.
Seperti memberikan promosi atau dukungan (endorse) untuk robot mesin pencari bahwa web Anda merupakan situs kredibel dan berkualitas.
Banyak situs lain menyarankan web Anda sebagai sumber referensi.
Sehingga makin banyak backlink berkualitas yang ditujukan ke website Anda, semakin banyak sinyal endorsement yang ditangkap mesin pencari.
Kondisi ini akan berdampak positif pada peringkat website Anda di SERPs.
Sehingga mengundang banyak pengguna internet untuk menemukan dan mengunjungi situs Anda.
Meski kuantitas menguntungkan, namun algoritma Google sudah sangat mutakhir.
Dapat membedakan mana backlink berkualitas mana spam.
Jadi tidak bisa asal menggunakan tautan, jika terbukti kualitasnya buruk, maka bisa kena sanksi.
Sanksinya adalah dikeluarkan dari indeks, dengan kata lain web Anda tidak akan pernah muncul di SERPs.
Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas dengan Mudah
Jika menyimak kriteria dan cara kerjanya, memang sedikit tricky jika ingin mendapatkan tautan yang bisa mendukung performa website.
Namun Anda tetap bisa mendapatkan kualitas bagus jika mengikuti langkah-langkah berikut ini dengan tepat.
1. Tools Berbayar
Paling praktis dan mudah adalah dengan menggunakan tools berbayar.
Banyak tools yang menyediakan data blacklink berkualitas competitor contoh MOZ, Ahrefs, Majestic.
Ini bisa digunakan sebagai insight untuk strategi link building supaya hasilnya optimal.
2. Membuat Konten Berkualitas, Unik, Menarik, Berkarakter
Ingin dilihat dan dipertimbangkan pemilik website kredibel, syarat pertama adalah harus memiliki konten berkualitas dan menarik.
Jadi perlu dipikirkan konsepnya, apa yang ingin disampaikan, dengan gaya bahasa sebagus mungkin.
Mulailah mengangkat topik-topik up to date, out of the box, dan berkualitas.
Bisa jadi topik tersebut dijadikan referensi oleh situs besar sekelas wikipedia.
Ini merupakan langkah atau cara organic, tanpa berbayar, namun menjadi aset jangka panjang.
3. Networking
Cara mendapatkan backlink berkualitas selanjutnya adalah dengan networking.
Contoh, jika Anda membangun blog, bergabunglah dengan komunitas blogger dengan niche sama.
Misalnya group travel blogger, food blogger, beauty blogger dan sebagainya.
Dalam satu komunitas, biasanya memiliki kesamaan kepentingan.
Anda dan anggota lainnya bisa saling bertukar tautan untuk sama-sama meningkatkan traffic blog. Atau bertukar info terkait cara menaikkan performa.
Anda juga bisa memanfaatkan website lain sebagai sumber tautan gratis.
Dunia digital terkait konten-konten SEO terus berkembang, selain dari penjelasan di atas Anda harus terus update mengenai backlink berkualitas paling baru.