Informasi mengenai faktor yang mempengaruhi Google ranking banyak dicari oleh blogger awam atau masih pemula.
Apalagi mengingat semakin banyaknya blogger berlomba-lomba mengoptimasi website mereka supaya menempati posisi utama peringkat mesin pencarian.
Ketika menempati Google ranking pertama, potensi memperoleh pengunjung lebih banyak.
Inilah tujuan utama dari pengelolaan website, terutama untuk bisnis.
Untuk prospek bisnis jangka panjang, peningkatan traffic pengunjung ini memberikan keuntungan besar.
Ketahui faktor yang berpengaruh terhadap peringkat Google ini supaya traffic pengunjung website meningkat dengan menyimak pembahasan berikut.
Sebelum itu, akan dibahas terlebih dahulu mengenai alasan mengetahui Google ranking penting beserta prosesnya.
Alasan Mengetahui Google Ranking Website
Google ranking merupakan proses pemberian peringkat terhadap hasil mesin pencarian Google dan ditayangkan kepada para pengguna.
Sebagian blogger masih mengabaikan informasi mengenai peringkat ini, padahal rutin mengetahuinya sangat penting.
Bila sudah mengetahui alasan mengapa penting, Anda bisa menerapkan faktor yang mempengaruhi Google ranking supaya paham dengan betul tujuan dari implementasinya.
Hal ini berkaitan erat dengan persaingan untuk merebutkan posisi pertama halaman pencarian.
Semakin ketatnya persaingan, membuat rutin dalam mengetahui peringkat mesin pencarian itu penting.
Tujuannya tidak lain supaya posisi website mampu bertahan pada ranking utama.
Selain itu, juga bisa bersaing dan menyingkirkan website milik kompetitor.
Ketika ternyata rangking diketahui mengalami penurunan, pemilik blog bisa segera mencari cara atau solusi terbaik untuk mengatasi.
Bagaimanapun juga namanya persaingan tidak ada jaminan untuk website selalu bisa berada pada posisi atas.
Jadi, lakukan pemantauan secara rutin. Alasan mengapa rutin mengecek perlu, selain menjaga traffic pengunjung, juga mengetahui keadaan kompetitor.
Data lengkap mengenai blog kompetitor bisa menjadi pedoman dalam menentukan strategi berikutnya.
Pahami Proses Google Ranking Terhadap Website
Sebelum menerapkan faktor yang mempengaruhi Google ranking, apakah Anda sudah memahami prosesnya terhadap website?
Saat proses perangkingan, dari jutaan bahkan miliaran halaman website, Google harus melakukan penilaian.
Setelah itu, menentukan blog mana paling relevan terhadap pencarian para pengguna.
Proses penilaian ini dilakukan dengan cepat. Keharusan bagi Google untuk memperlakukan seluruh halaman blog dengan cara sama dan dipastikan adil.
Untuk membantu proses penyelesaian tugas ini, Google membuat algoritma khusus.
Mengenai algoritma ini berjumlah banyak dan bisa berubah sewaktu-waktu.
Keseluruhan algoritma saling melengkapi dan menjadi suatu rangkaian berkesinambungan.
Faktor yang Mempengaruhi Google Ranking Website
Sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi Google ranking.
Bila dihitung secara mendetail, mencapai hingga ratusan.
Hal inilah penyebab persaingan untuk mendapatkan posisi pertama pencarian sangat ketat.
Google menerapkan hal demikian dengan tujuan supaya bisa tetap adil dan manipulasi bisa dicegah.
Mengenai faktor ini bisa berubah kapan saja, beberapa diantaranya yang bisa Anda jadikan referensi meliputi:
1. Kualitas Konten
Faktor pertama yang utama adalah kualitas konten.
Jadi, tidak bisa asal dalam membuat konten untuk nantinya diterbitkan pada website.
Ada banyak hal perlu diperhatikan dalam proses pembuatan konten.
Mulai dari kelengkapan konten, selalu update, tingkat akurasi dan kerapian struktur.
Jangan abaikan kualitas konten karena bisa berdampak sangat signifikan terhadap posisi halaman website nantinya.
Untuk ukuran konten yang lengkap tidak harus panjang.
Sebab, tidak ada aturan baku mengenai berapa jumlah kata ideal. Tapi, yang pasti konten lengkap dimaksud membahas topik terkait secara mendalam.
Konten selalu update ini berlaku bila website berisikan tentang berita, di mana informasinya memang harus terbaru. Jadi, mengenai aspek satu ini menyesuaikan dengan jenis website serta keyword yang dicari.
Ketika membuat konten, sangat penting memperhatikan tingkat akurasi. Percuma membuat konten panjang tapi isinya hanya hoax.
Terakhir, struktur konten sebaiknya dibuat rapi dan tidak berantakan.
Sebab, bila tampilannya berantakan, pengunjung akan kesulitan untuk mendapatkan informasi diinginkan.
Selain itu, pastikan tulisan runtut dari awal hingga akhir.
Baca Juga : Cara Membuat Konten Berkualitas
2. Relevansi Judul dengan Isi
Faktor berikutnya relevansi judul dengan isi.
Pastikan judul diberikan relevan dengan isi.
Sebagai contoh, membahas tentang tips budidaya jeruk, berarti isinya tentang cara budidaya buah jeruk yang tepat.
Jangan malah membahas topik tidak relevan, seperti tentang sejarah sejuk.
Faktor yang mempengaruhi Google ranking satu ini akan membuat blog dideteksi tidak memenuhi kebutuhan para pengguna.
Jadi, tidak heran ketika antara judul dengan isi tidak relevan, sulit bagi website tersebut memuncaki peringkat atas mesin pencarian.
Supaya memberikan hasil lebih optimal, Anda bisa melakukan riset keyword terlebih dahulu sebelum menyusun konten.
3. Backlink
Adanya backlink juga berpengaruh terhadap ranking blog.
Backlink merupakan link yang dipasang pada blog lain dan mengarahkan ke blog sendiri.
Website semakin dianggap bermanfaat, terpercaya dan penting bila backlink dimiliki semakin banyak.
Faktor ini akan membuat website menjadi rujukan atau panutan.
Tapi, dalam menggunakan backlink harus perhati-hati. Seperti halnya pembuatan konten, backlink harus memiliki kualitas tinggi.
Sebaiknya jangan sembarangan menerima backlink dari website lain.
Pastikan relevan dan dari blog terpercaya dengan traffic pengunjung stabil. Jauh lebih baik jumlah backlink sedikit, tapi berkualitas.
Bila dibandingkan dengan jumlah banyak tapi dari blog tidak kredibel dan tidak relevan sama sekali.
Jadi, membutuhkan trik khusus untuk memasang link ini supaya memberikan hasil optimal.
4. Mobile Friendly
Mobile friendly merupakan faktor penting lainnya.
Sekarang ini penggunaan smartphone sudah menjadi kebutuhan primer yang tidak bisa dipisahkan dari aktivitas sehari-hari.
Bahkan lebih dari lima puluh persen traffic pengunjung website berasal dari perangkat mobile.
Inilah penyebab Google menerapkan sebuah algoritma baru bernama Google Mobile First Index pada tahun 2018 lalu.
Konsep algoritma ini, lebih mengunggulkan performa blog di perangkat mobile dibandingkan komputer.
Jadi, ketika tampilan website saat dibuka pada perangkat mobile berantakan, peringkatnya akan sulit untuk mencapai posisi atas.
5. Kecepatan Website Saat Dibuka
Selanjutnya adalah kecepatan website saat dibuka.
Pengunjung akan lebih tertarik dengan website yang mudah dibuka dibandingkan proses loadingnya lama.
Mengenai hal ini Google sangat paham, sehingga mengutamakan website yang lebih cepat di akses pada hasil pencarian.
Ada banyak faktor penyebab website dibuka sangat lambat dan sebaiknya Anda segera mengatasinya bila mengalami.
6. Domain Authority
Domain Authority atau DA merupakan metode Google dalam menilai reputasi serta keahlian blog terkait topik yang dibahas.
Google percaya website terkait memang ahli pada topik itu dan mampu memberikan konten berkualitas bila nilainya semakin tinggi.
Faktor yang satu ini bila nilainya tinggi berkemungkinan besar menempati posisi tinggi pada hasil pencarian.
Tidak heran bila website dengan topik pembahasan mengerucut lebih banyak muncul pada halaman utama pencarian.
Baca Juga : 5+ Cara Meningkatkan Domain Authority (DA) Untuk Pemula
7. Struktur Website
Bukan hanya struktur konten yang penting diperhatikan, struktur website juga tidak kalah penting.
Pastikan struktur website dimiliki rapi supaya mempermudah Googlebot dalam proses indexing.
Jadi, Googlebot merupakan web crawler yang memiliki tanggung jawab menginputkan blog ke dalam database Google.
Dampaknya, ketika pengguna mencari keyword tertentu, website akan muncul pada hasil pencarian.
Proses inilah yang disebut dengan indexing.
Supaya mempermudah Googlebot dalam mengindeks website Anda, jangan abaikan faktor yang mempengaruhi Google ranking satu ini.
8. Optimasi Kata Kunci
Optimasi keyword atau kata kunci sangat berpengaruh terhadap peringkat blog.
Ketika mencari informasi tertentu, pengguna akan menuliskan keyword.
Jadi, tidak heran bila keyword sangat berpengaruh terhadap ranking pencarian.
Inilah penyebab optimasi kata kunci penting dilakukan sebelum membuat konten hingga proses publikasi.
Istilah lain dari optimasi kata kunci ini adalah SEO On Page. Pelajari selengkapnya 19+ Cara Optimasi SEO On Page Untuk Naikkan Rank Website
Bukan hanya menginputkan keyword dalam konten saja, tapi juga aspek lainnya.
Seperti tittle tags, gambar, meta deskripsi dan hal-hal penting lainnya.
Faktor yang mempengaruhi Google ranking berupa optimasi keyword ini perlu dipahami lebih dalam supaya penerapannya tepat.
9. Keamanan Website
Tidak hanya masalah konten, keamanan website juga sangat penting diperhatikan.
Dari waktu ke waktu, seiring semakin canggihnya teknologi, membuat kejahatan cyber juga semakin meningkat.
Inilah penyebab Google sejak tahun 2014 silam menjadikan keamanan sebagai faktor yang berpengaruh terhadap peringkat website.
Jadi, tidak akan ditampilkan website tidak aman pada posisi halaman atas mesin pencarian.
10. User Experience
Faktor yang mempengaruhi Google ranking terakhir adalah user experience.
Maksudnya adalah mengenai bagaimana pengalaman pengunjung dalam melakukan interaksi dengan blog.
Mulai dari kemudahan mencari, kelancaran dalam berinteraksi dan lain-lain.
Bila user experience yang dimiliki website tersebut buruk, Google tidak akan memosisikannya pada ranking utama pencarian. Hal ini karena blog tersebut mempersulit pengunjung dalam melakukan akses.
Pertanyaan yang kerap diajukan, bagaimana bisa pihak Google mendeteksinya?
Bukan dengan pelaporan, tapi memakai AI atau kecerdasan buatan canggih bernama RankBrain.
Terdapat tiga faktor penilaian RankBrain terhadap user experience blog:
CTR
CTR atau click through rate merupakan persentase banyaknya orang yang melakukan klik terhadap blog pada hasil mesin pencarian.
Jadi, CTR menjadi faktor yang mempengaruhi Google ranking berdasarkan hasil klik pencarian.
Sebagai contoh, blog muncul pada Google sejumlah 1000 kali dengan keyword jeruk lemon, tapi diklik oleh para pencari hanya mencapai 100 kali saja.
Angka CTR diperoleh berarti 10 persen.
Website dengan angka CTR tinggi dianggap mesin pencarian relevan dan memberikan solusi terbaik bagi para pencari informasi.
Inilah penyebab peningkatan CTR pada blog itu perlu.
Dwell Time
Faktor selanjutnya dwell time, memiliki arti waktu yang dihabiskan para pengunjung blog sesudah mengkliknya dari hasil pencarian untuk keseluruhan, bukan hanya satu halaman.
Bila memiliki dwell time tinggi, semakin baik pengaruhnya pada peringkat.
Bounce Rate
Faktor terakhir dalam hal user experience yaitu bounce rate.
Pengertiannya, persentase pengunjung langsung meninggalkan blog sesudah membuka halaman tanpa melakukan jenis interaksi apapun.
Blog yang baik memiliki nilai bounce rate rendah.
Sebab, aspek satu ini menandakan bahwa kualitas konten disajikan rendah.
Alasannya beragam, mulai dari tidak update, judul dan isi tidak relevan, hoax, menyesatkan serta alasan lainnya.
Memang banyak sekali faktor yang berpengaruh terhadap peringkat Google dan di atas hanya beberapa saja.
Dalam menerapkan faktor yang mempengaruhi Google ranking bisa dilakukan secara bertahap, sehingga Anda benar-benar memahami kebutuhan website.