8+ Indikator SEO Penting dalam Optimasi Rank Keyword

Joko Warino

8+ Indikator SEO Penting dalam Optimasi Rank Keyword

Indikator SEO sangat penting untuk membantu optimasi halaman web yang bisa memberikan dampak bagi peringkat halaman web tertentu di Google atau mesin pencari lainnya.

SEO (Search Engine Optimization) adalah proses pengoptimalan halaman website supaya bisa muncul di rangking teratas mesin pencari.

SEO ini sangat penting bagi pemilik web khususnya di bidang marketing bisnis.

Baik atau buruknya tingkat SEO suatu website bisa ditentukan dari keterlihatan website tersebut di halaman pertama mesin pencari.

Jika website Anda tidak ditemukan di halaman pertama mesin pencari, saat orang memasukkan kata kunci maka dapat dikatakan SEO yang dimasukkan ke dalam konten web masih kurang optimal.

Ada beberapa cara agar website menjadi populer di halaman mesin pencari, salah satunya adalah membuat konten yang familiar dengan keyword yang mudah ditemukan.

Untuk membuat website anda menjadi populer di mesin pencari, mungkin bisa mencoba metode berbayar.

Tapi sayangnya, hal tersebut tidak direkomendasikan.

Apa Saja Indikator SEO Untuk Meningkatkan Rank Keyword?

Google sendiri menerapkan indikator SEO untuk menentukan kelayakan website masuk ke peringkat pertama.

Mesin pencari ini selalu memperbarui algoritmanya untuk keperluan pengguna internet selaku pencari.

Mengingat perubahan algoritma inilah, tentu saja menjadikan indikator SEO ikut berubah.

Ada beberapa indikator SEO yang utama dan perlu Anda pelajari, diantaranya :

1. Link URL

Setiap website pasti memiliki link URL, biasanya diawali dengan www (World Wide Web).

URL yang berisi kata kunci yang paling banyak dicari, dicantumkan di baris pertama agar lebih mudah ditemukan oleh google.

Contohnya, jika anda memiliki sebuah bisnis online jual beli sepeda.

Maka Anda bisa memakai URL berupa : www.jualbelisepeda.com, sehingga menampilkan informasi yang relevan ketika pengguna internet mencari keyword bertuliskan ‘jual beli sepeda’ di Google.

2. Memakai TLS dan SSL

Indikator SEO selanjutnya adalah SSL/TLS. Secure Socket Layer atau SSL kini fungsinya telah berganti menjadi Transport Layer Security atau TLS.

Ini adalah sistem keamanan bagi sebuah web.

Mesin pencari seperti Google, biasanya lebih menyukai situs web dengan sistem TLS/SSL sebab dinilai lebih aman atau secure.

Tepat di sebelah bar URL website, anda akan melihat logo gembok.

Memakai TLS dan SSL

Ikon logo gembok terkunci ini biasanya menandakan sits web tersebut dapat diakses dengan aman.

3. Konten Web

Isi atau konten web adalah indikator SEO terpenting menurut Google.

Sebuah konten atau isi yang relevan sesuai pencarian orang lain di Google, mempunyai SEO lebih baik jika dibandingkan konten yang kurang relevan.

Contohnya, jika membuat website mengenai hobi bercocok tanam.

Pastikan Anda memasukkan konten yang berkaitan dengan aktivitas bercocok tanam seperti budidaya padi atau yang lainnya.

4. Kerapian Konten

Sebaiknya jangan pernah berpikir jika Google menyukai konten yang kurang terstruktur.

Oleh karena itu, buat website dengan struktur konten jelas dan rapi.

Karena kerapian konten adalah indikator SEO yang tidak kalah penting.

Di samping itu, anda harus memakai heading maupun subheading sebagai penanda poin-poin yang penting pada konten.

Silahkan tambahkan video atau grafis yang menarik pada konten anda.

Sebab komponen ini bisa membuat tampilan konten lebih menarik.

5. Search Intent

Setiap pengguna biasanya mencari informasi yang diperlukan dengan cara mengetikkan keyword atau kata kunci.

Selanjutnya Google akan langsung menerjemahkan keyword dengan menampilkan tujuan pengguna/pencari.

Contohnya, jika mengetikkan keywordsweater panjang’, maka Google akan mengarahkan ke pencarian yang menampilkan website toko sweater panjang.

Search Intent

Justru bukan mengarahkan kepada pengertian sweater, melainkan mencari situs web yang menyajikan konten sesuai harapan pencari.

Baca Juga : Cara Optimasi Search Intent pada Keyword

6. Backlink

Indikator SEO penting lainnya yaitu backlink.

Dalam hal ini, backlink yaitu link situs web yang dapat dijadikan rujukan bagi website lain.

Dengan semakin sering dijadikan rujukan web lain, maka website anda dinilai lebih berkualitas oleh mesin pencari.

Di samping itu, situs web yang menampilkan web yang anda miliki sebagai backlink, nantinya akan diperiksa kualitas dan kredibilitasnya.

Apabila berasal dari situs web yang berkualitas, tentu saja membuat tingkat SEO semakin tinggi.

Untuk melakukan pengecekan backlink yang di dapat web berkualitas atau tidak bisa menggunakan https://ahrefs.com/backlink-checker

Saya contohkan pengecekan web Jokowa.id, hasilnya sebagai berikut :

Pengecekan backlink

7. Meta Tags

Apa itu Meta Tags?

Dalam konten web, biasanya memiliki meta tags. Ini adalah judul sekaligus meta description sebuah web.

Sementara itu, title tag (1) adalah judul konten yang dimasukkan.

Sedangkan meta description (2) merupakan rangkuman dari konten yang nantinya diindeks dalam search engine.

Biasanya meta description harus terdiri atas 120-130 karakter, terletak di bawah URL dan judul artikel (bila menggunakan yoast SEO).

Indikator SEO ini harus dibuat relevan sesuai kebutuhan pencarian, agar semakin mudah ditemukan pada mesin pencari.

8. Kecepatan Akses Website

Situs web yang lama diakses sangat tidak disukai Google. Karena biasanya website yang sulit atau lama diakses, kemungkinan besar web tersebut bermasalah.

Alhasil, website ini akan memperoleh nilai SEO yang buruk dari pihak Google.

Dengan kata lain, semakin cepat loading web maka akan semakin baik pula tingkat keterbacaan dalam indeks Google.

Web yang bisa Saya gunakan untuk melakukan monitoring web adalah hetrixtools.com.

Setidaknya web harus memiliki kecepatan dibawah 500 ms. Berikut gambaran web Jokowa.id sete;ah dilakukan monitoring.

Anda harus melakukan maintenance blog atau web untuk menangani permasalahan akses website yang lama.

Untuk mempermudah melakukanmainteneance dalam optimasi SEO, terkadang pemilik website harus memilih jasa SEO professional.

Keunggulan Memakai Jasa SEO Profesional

Memilih menggunakan jasa SEO Profesional sangat penting terutama bagi yang belum begitu memahami indikator SEO dan teknik optimasi SEO dengan benar.

Ada beberapa keunggulan menggunakan jasa SEO professional, diantaranya :

1. Traffic Web Meningkat

Menggunakan bantuan jasa SEO professional bisa membantu anda untuk mengoptimasi SEO dengan baik. S

ehingga bisa meningkatkan traffic website. Tentu saja hal tersebut sangat menguntungkan jika pemilik web juga memasang iklan.

Hal ini juga berlaku bagi website toko online, yang membuat produk yang ditawarkan laris karena potensi penjualan dengan web yang traffic-nya tinggi lebih besar dibandingkan yang tidak.

2. Lebih Hemat Waktu

Jasa SEO professional memang sudah seharusnya membantu segala bentuk optimasi SEO secara maksimal.

Dengan demikian, anda tidak perlu lagi repot-repot menyita banyak waktu untuk mengutak-atik situs web supaya terkenal di Google.

Selain itu, anda dapat melakukan beberapa pekerjaan lainnya, dengan mempercayakan optimasi SEO ke ahlinya.

Pemilik web juga dapat mengembangkan isi atau konten web tanpa perlu memikirkan SEO lagi.

3. Pencarian Website Tinggi

Sebelum bisa menghadirkan banyak pengunjung, optimasi SEO bisa membuat website langsung terpampang pada halaman pertama di mesin pencari apabila ada pengguna yang mencari kata kunci relevan.

Meskipun bisa memakai tools berbayar untuk menempatkan web di halaman pertama pencarian Google, tapi jasa SEO dapat memberikan solusi lebih organic dan terjangkau.

4. Meningkatkan Kepercayaan Visitor

Website terkenal yang banyak diakses, tentu saja akan memperoleh kepercayaan dari para pengguna internet.

Biasanya hal ini tidak terlepas dari optimasi SEO tinggi.

Jika anda telah memperoleh kepercayaan, maka anda tinggal mengelolanya supaya tidak mengecewakan visitor web.

Bagaimana caranya?

Pemilik web bisa menampilkan konten web menarik yang konsisten, dan selalu diperbarui dengan cara rutin.

Selain itu, pengunjung juga bisa loyal terhadap web jika mengadopsi cara ini.

5. Bisa Mendatangkan Pengunjung Web Baru

Sebuah web bisa berkembang apabila pengunjung mereka terus bertambah.

Trik yang dapat dilakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung yang baru ke web anda yaitu dengan cara memperbaiki SEO menggunakan jasa SEO terpercaya.

Tujuannya, agar banyak pengunjung baru yang tertarik pada konten web anda.

Bagaimana SEO Bekerja?

Setelah memahami indikator SEO dan manfaat penggunaan jasa SEO, anda harus memahami bagaimana SEO dapat bekerja.

Ada 5 tahapan penting dalam cara kerja SEO, diantaranya :

1. SEO Audit

Ini adalah sebuah aktivitas analisis pada suatu website, terutama berdasarkan sudut pandang dari SEO itu sendiri.

Jika sudah melakukan tahapan SEO audit, selanjutnya bisa mengetahui apa saja hal krusial yang ada di dalam web.

Misalnya saja potensi dan Kesehatan website tersebut.

2. Riset Keyword

Tahapan terpenting dalam SEO yaitu riset keyword.

Tahapan ini adalah proses untuk mengumpulkan berbagai macam ide pada konten yang dipublikasikan ke dalam website anda.

Sembari menunggu pengembang web mengoptimalkan dan memperbaiki performa web, sebaiknya lakukan proses riset keyword ini dengan mendalam.

Langkah pertama, tentukan content sesuai tingkat relevansinya bagi bisnis anda maupun kebutuhan dari target market.

Biasanya istilah yang satu ini dinamakan search intent sebagai salah satu indikator SEO terpenting.

Search intent terbagi ke dalam 3 kategori, diantaranya transactional, commercial investigation, dan informational.

Langkah kedua, harus pilih content sesuai jenisnya. Pastikan apakah bersifat tahan lama atau musiman.

Berdasarkan jenis konten dan search intent, selanjutnya bisa mendapatkan berbagai keyword paling tepat bagi website anda. Kemudian lakukan validasi untuk semua keyword.

Fungsinya yaitu untuk mengecek jumlah pencarian setiap bulan sekaligus mengetauhi tingkat persaingan keyword.

Misalnya saja, anda dapat memakai ubsersuggest atau Google Keyword Planner untuk mengecek jumlah pencarian sebuah keyword per bulannya.

Sementara, jika ingin mengecek tingkat persaingannya, bisa memakai keyword difficulty checker.

Masukkan semua kata kunci yang diperoleh, silahkan melakukannya secara teliti untuk menganalisa hasilnya.

Sebab keyword yang dipilih tersebut nantinya dibuat ke dalam konten yang ramah SEO, lalu dipublikasikan di halaman web anda.

3. SEO On Page

Indikator SEO yang juga penting untuk diperhatikan yaitu SEO On Page.

Ini adalah metode optimalisasi konten website, supaya disukai pengguna web sekaligus mesin pencari.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam teknik SEO On Page, diantaranya struktur website, tingkat keamanan, kualitas konten dan kecepatan akses web.

Baca Juga : 19+ Cara Optimasi SEO On Page Untuk Naikkan Rank Website

4. SEO Off Page

Teknik ini juga penting untuk mengoptimalkan website dengan membangun, kemudian meningkatkan authority-nya.

Untuk penerapan teknik SEO Off Page ini yaitu melalui backlink atau link building.

Upayakan agar situs web anda memperoleh link sebanyak mungkin dari situs web lain.

Asalkan, website pemberi link tersebut mempunyai topik yang sesuai dengan bisnis yang anda jalankan.

Baca Juga : Optimasi SEO Off Page Untuk Tingkatkan Traffic

5. Monitoring

Langkah terakhir yaitu, anda wajib mengawasi dan melakukan evaluasi penerapan teknik SEO pada website anda.

Perhatikan apakah semua indikator SEO tersedia di dalam website anda ataukah tidak.

Namun untuk melakukan hal ini, anda bisa memakai Google Search Console agar lebih mudah.

Mempertimbangkan indikator SEO dalam strategi optimasi SEO untuk meningkatkan peringkat website sangat penting dilakukan.

Oleh sebab itu, usahakan untuk melakukan optimasi SEO secara maksimal dengan meminta bantuan jasa SEO professional, jika memang anda belum bisa melakukannya sendiri.

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang blogger yang mendalami dunia SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2012 hingga saat ini dan terus belajar memahami perkembangan logaritma yang terus di update oleh Google.

Tinggalkan komentar