Strategi SEO untuk Pemula yang Terbukti Ampuh

Joko Warino

Strategi SEO

Menjalankan SEO (Search Engine Optimization) membutuhkan strategi yang tepat untuk mendapatkan optimasi yang maksimal. Strategi SEO untuk pemula juga menjadi penting untuk membantu evaluasi secara berkala performa dari website Anda di mesin pencari.

Catat!

Keberhasilan proses SEO tidak semata-mata terletak pada konten yang berkualitas. Bagaimana Anda bisa mengoptimalkan SEO off page, ini menjadi catatan penting.

Kenali Jenis-Jenis SEO

Jenis-Jenis SEO

Sebelum mengatur bagaimana strategi menjalankan SEO bagi pemula, Anda perlu mengetahui lebih dulu jenis dari cara optimasi pemasaran digital SEO ini.

Anda tentunya sudah tahu, SEO merupakan cara optimasi pemasaran digital di mesin pencari untuk mendapatkan posisi teratas.

Nah, pada pelaksanaanya cara ini terdiri dari dua jenis, yakni:

  • SEO On Page

Strategi SEO On Page ini merupakan strategi SEO yang berhubungan dengan halaman yang akan Anda optimasi.

Pada SEO ini Anda perlu menghasilkan kualitas konten yang bagus, mengoptimasi judul, tag, gambar, dan lainnya yang terkait langsung dengan halaman. 

Pada SEO ini Anda akan mengenal istilah artikel SEO. Artikel ini adalah konten yang berhubungan langsung dengan cara optimasi pada halaman.

Namun, apakah keberhasilan SEO semata-mata pada konten? Tentu saja tidak karena ada jenis SEO lainnya.

  • SEO Off Page

Strategi SEO Off Page juga menjadi hal yang sangat mendukung proses optimasi bisa berjalan optimal. Seperti namanya, SEO ini tentu saja yang berhubungan dengan selain dari halaman.

Bagaimana Anda membuat backlink yang lebih, membuat profil di Google bisnis, menyajikan review yang positif, promosi brand, dan lainnya menjadi cara-cara penting untuk membantu meningkatkan proses optimasi SEO Anda.

Kedua jenis SEO di atas perlu Anda optimalkan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal pada pencarian Search Engine.

Strategi SEO untuk Pemula

Strategi SEO untuk Pemula

Membuat strategi SEO bisa Anda lakukan dengan mengacu pada dua jenis SEO di atas. Optimalkan antara SEO pada halaman dan yang di luar itu.

Secara khusus Google memberikan saran tentang dasar SEO ini bisa Anda mulai dengan membuat judul yang berkualitas, menggunakan meta deskripsi yang baik, memasukkan data yang terstruktur, dan lainnya. 

Supaya lebih jelas, berikut ini beberapa strategi mudah untuk pemula yang bisa Anda terapkan pada website Anda:

1. Buat Daftar Topik Bahasan

Di dalam SEO Anda akan mengenal istilah kata kunci yang begitu penting. Inilah dasar dari SEO itu sendiri.

Kata kunci harus Anda riset lebih dulu dan menjadi daftar topik penting untuk membangun konten berkualitas.

Untuk memulainya, Anda bisa membuat minimal 10 daftar kata kunci paling relevan yang bisa Anda peroleh melalui tools atau manual. Anda bisa menggunakan tools seperti Ahrefs, Google Keyword Tools, SEMRush, dan lainnya.

Jika Anda memilih cara manual, maka Anda hanya akan mendapatkan data secara kualitatif. Cara ini bisa Anda lihat di hasil pencarian manual pada kolom paling bawah (pencarian lain).

Sedangkan kelebihan menggunakan tools, Anda bisa melihat analisis kuantitatif dari data tersebut. Akan terlihat angka hasil pencarian, tingkat persaingan, dan sebagainya.

2. Buat Konten yang Kaya

Strategi membuat SEO selanjutnya adalah terkait dengan optimasi on page, yakni konten. Bagaimana konten SEO yang bagus? Konten yang bagus adalah konten yang Anda sajikan sesuai dengan algoritma Google.

Konten yang kaya adalah konten yang berisi berbagai jenis konten sekaligus seperti teks, gambar, infografis, tautan download, video, dan lainnya sesuai kebutuhan.

Mengapa perlu menghasilkan konten yang kaya? Semakin kaya konten Anda, maka pengguna akan semakin memiliki pengalaman yang menarik di halaman Anda.

Pengunjung akan senang, mereka merasa terbantu dengan berbagai jenis konten yang Anda sajikan dalam satu halaman dalam mendapatkan informasi.

Sebagai contoh Anda membuat artikel tentang cara membuat blog untuk pemula. Nah, konten yang kaya tidak hanya berisi narasi teks saja untuk tema tersebut.

Namun, bisa Anda padukan dengan gambar langkah-langkahnya, download video tutorialnya, infografis penting, tautan menuju ke tools, dan sebagainya.

Semakin kaya konten Anda semakin pengguna merasa terbantu dan akan menjadikan blog Anda sebagai rujukan.

3. Bangun Backlink

Strategi ini termasuk dalam SEO off page. Setelah Anda membuat sebuah konten yang berkualitas, maka Anda bisa melanjutkannya dengan membangun backlink yang proporsional dan relevan.

Backlink bisa Anda lakukan dengan menautkan website-website yang memiliki otoritas lebih baik. Lakukan secara proporsional sehingga Anda tidak melanggar aturan Google.

Backlink ini sangat membantu meningkatkan traffic blog. Pikirkan backlink paling tepat untuk website Anda. Selain itu, backlink juga dapat membantu meningkatkan kredibilitas dari website Anda. 

4. Promosi Sosial Media

Strategi membuat SEO off Page selanjutnya adalah menggunakan media sosial. Optimasi SEO di luar halaman bisa Anda lakukan dengan melakukan promosi masif di media sosial.

Anda memiliki banyak follower akan menjadi peluang traffic secara langsung dan menjanjikan kearah website Anda.

Promosi ini cukup efektif jika Anda mampu menyajikan tema-tema konten yang sesuai dengan segmen follower Anda. Follower tertarget di media sosial ini akan sangat membantu peningkatan traffic.

Saat ini ada banyak website yang terbangun dari promosi sosial media yang masif. Misalnya website media mainstream yang memiliki follower tinggi.

Follower ini akan menjadi pengunjung yang cepat dan efektif terhadap konten yang Anda buat.

Sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Whatsapp, Telegram, dan lainnya sangat berpeluang tinggi meningkatkan traffic pengunjung.

Bagikan tautan blog Anda dengan deskripsi informasi yang menarik sehingga orang langsung tertarik untuk melakukan klik.

5. Iklan Berbayar

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan optimasi SEO off page adalah dengan mencoba iklan berbayar.

Anda bisa memasukkan page website Anda ke dalam iklan berbayar di mesin pencari atau media sosial.

Cara ini walaupun tidak organik tetapi terbukti secara efektif dapat langsung meningkatkan jumlah pengunjung hingga closing dari bisnis yang Anda promosikan.

Strategi SEO adalah strategi yang bersifat organik dan bisa bertahan lama di mesin pencari. Jika Anda memadukannya dengan iklan berbayar maka hasilnya akan semakin maksimal.

Semua strategi yang Anda lakukan memerlukan evaluasi secara berkala. Anda perlu membuat target.

Misalnya dalam rentang waktu enam bulan harus Anda peningkatan jumlah pengunjung hingga target closing marketing untuk bisnis yang berbasis SEO.

Penting juga Anda catat bahwa SEO ini bukan cara yang instan. Anda perlu sabar melihat proses organiknya yang bekerja.

Strategi ini memang bukan satu-satunya strategi marketing digital yang bisa Anda lakukan, tetapi cara ini terbukti efektif dan memiliki kelebihan ketimbang strategi lainnya. SEO lebih awet dan bisa bertahan lama.

Mencoba strategi SEO untuk meningkatkan traffic hingga closing bisnis bisa Anda mulai dari sekarang. Sabar untuk sebuah hasil organik yang lebih permanen.

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang blogger yang mendalami dunia SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2012 hingga saat ini dan terus belajar memahami perkembangan logaritma yang terus di update oleh Google.

Tinggalkan komentar