Banyak faktor penting yang mempengaruhi peringkat sebuah artikel SEO pada situs web di Google. Salah satunya adalah link juice.
Bagi para profesional tentu istilah ini sudah tidak asing lagi terdengar. Tetapi bagi para pemula, tentu istilah ini belum terlalu familiar.
Bagi yang telah memahami algoritma pada Google, tentu mengetahui bahwa teknik ini adalah salah satu kriteria utama agar artikel berada dalam posisi terbaik pada peringkat algoritmanya.
Salah satu caranya adalah dengan menyelipkan tautan dalam konten web lain yang menggiringnya masuk ke web yang kita inginkan.
Sejarah Awal Kepopuleran Link Juice
Google sebagai mesin pencari yang populer bagi banyak pengguna internet sampai saat ini, dari awal telah memiliki skema algoritma penentuan peringkat yang revolusioner.
Ini tentunya berbeda daripada pendahulunya AltaVista, Yahoo, dan Infoseek.
Google menggunakan istilah “PageRank” yang tidak hanya untuk menentukan kualitas atau otoritas halaman utama web, namun juga pada setiap halaman dalam situs web tersebut.
Untuk mengimbangi hal tersebut pakar SEO mulai mencetuskan link juice.
Tautan tersebut berdampak positif pada cara Google memberi peringkat kepada situs web.
Link tersebut mengambil porsi pengoptimalan peringkat yang ditransmisikan dari setiap tautan ke halaman Anda atau halaman arahan lainnya.
Apa Itu Link Juice?
Link juice adalah istilah yang digunakan dalam dunia SEO untuk merujuk pada nilai atau ekuitas yang diteruskan dari satu halaman situs ke situs lainnya.
Nilai ini diteruskan melalui hyperlink. Google melihat link tersebut sebagai nilai untuk menentukan bahwa halaman Anda layak mendapat peringkat terbaik.
Ada banyak cara untuk mendapatkan link dari web baik, secara langsung dan tidak langsung.
Upaya langsung mengacu pada strategi membangun tautan, contohnya adalah seperti:
- Share dokumen
- Posting pada situs web orang lain
- Pemasaran media sosial
- Penerbitan siaran pers, dan lainnya.
Sedangkan upaya tidak langsung Anda peroleh dari menyajikan konten yang bagus di situs Anda yang menyebabkan pembaca tertarik dan membagikan di halaman situsnya dan menautkan halaman secara alami.
Ekuitas tautan yang diteruskan dari situs-situs ini ke situs Anda adalah link juice. Link tautan tersebut dapat berbeda dalam hal kualitasnya tergantung dari bagaimana situs lain yang meneruskan tautan ke situs Anda.
Bagaimana Cara Kerja Link Juice?
Cara kerja dari link juice adalah dengan mendistribusikan tautan pada situs A ke halaman web situs B yang akan membuat peringkat pada algoritma Google untuk situs B membaik.
Contoh lain misalkan jika Anda memiliki situs A dan B. Semua faktor peringkat lainnya terpenuhi dengan sama, akan tetapi pada situs A memiliki satu link juice, sementara pada situs B tidak.
Maka kemungkinan situs A akan berperingkat lebih tinggi dalam hasil pencarian jika kita bandingkan dengan situs B karena kontribusi dari tautan tersebut yang telah membawa traffic dari situs eksternal yang menautkannya.
Lalu apakah hal yang sama akan terjadi jika situs B juga memiliki tautan yang sama? Ini tergantung pada jumlah klik yang didapatkan setiap tautan.
Jika klik yang menghasilkan traffic kunjungan pada situs B lebih banyak makan situs B akan lebih baik peringkatnya.
Di Mana Sebaiknya Menempatkan Link Juice?
Untuk dapat meningkatkan traffic kunjungan ke situs web Anda berikut ini ada beberapa tempat yang strategis untuk menempatkan link juice.
Hal itu agar upaya Anda dalam meningkatkan peringkat situs pada algoritma Google dapat terpenuhi.
- Pada halaman yang memiliki konten yang relevan dengan situs Anda.
- Pada halaman yang telah memiliki PageRank tinggi.
- Pada halaman yang memiliki tautan keluar yang relatif sedikit. Sehingga distribusi link Anda mendapat perhatian dari pengunjung.
- Pada halaman yang berisi konten berkualitas.
- Pada halaman yang muncul tinggi di SERPs.
- Pada halaman konten yang memiliki banyak pengunjung.
- Pada halaman yang populer di kalangan khalayak media sosial, yakni sering viral atau menarik perhatian di media sosial.
Dengan menempatkan link tautan menuju situs web Anda pada halaman-halaman di atas akan membuat traffic kunjungan yang masuk ke situs web semakin meningkat.
Hal tersebut akan signifikan berpengaruh pada peringkat situs web Anda di mesin pencarian.
Tempat yang Kurang Potensial untuk Link Juice
Ada beberapa tempat yang perlu dihindari untuk menempatkan link juice karena dinilai tidak potensial dan tidak memberikan peningkatan pada traffic kunjungan ke situs web Anda.
Berikut ini tempat-tempat yang kami maksud:
- Pada halaman dengan konten yang tidak relevan dengan konten pada situs Anda.
- Pada halaman yang telah memiliki banyak tautan; misalnya, tautan iklan atau tautan lain yang berada di seluruh situsnya.
- Pada halaman yang tidak terindeks dalam pencarian.
- Pada situs tautan yang berbayar. Tingkat antusiasme pengguna pada tautan yang berbayar tidak seantusias pada tautan-tautan yang dibagikan karena kualitasnya.
- Pada situs tautan yang Anda peroleh dengan skema pertukaran link tautan. (Artinya Anda menautkan ke situs seseorang dengan imbalan tautan ke situs Anda, cara ini mendapat nilai yang kurang strategis karena skema pertukaran tersebut membuat pengguna memahami bahwa tautan yang Anda bagikan bukan karena kualitasnya).
- Tautan dari halaman situs tanpa peringkat dan tanpa konten.
Hindari menempatkan link juice pada tempat-tempat tersebut karena tidak akan berdampak pada traffic kunjungan apalagi pada peringkat situs di mesin pencarian.
Anda dapat memilih tempat-tempat strategis untuk memaksimalkan potensi dari link juice.
Bagaimana Cara Memaksimalkan Potensi Link Juice?
Ada cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peringkat pada halaman atau pada situs web Anda secara umum.
Salah satunya adalah memaksimalkan potensi link juice. Berikut ini cara-cara memaksimalkan potensinya;
1. Memaksimalkan tautan internal
Salah satu sumber potensial yang sering terabaikan adalah tautan yang ada pada situs Anda sendiri.
Padahal hal tersebut akan membuat Anda memiliki reservoir nilai yang dapat Anda teruskan ke halaman internal tertentu.
Hasilnya akan sama saja dengan menyematkan tautan pada situs web lain dan menggiring pengunjung ke halaman tertentu di web Anda.
Bahkan dengan memanfaatkan tautan internal, halaman target dan situs web Anda akan lebih cepat menduduki peringkat teratas di mesin pencarian.
2. Membuat kata kunci
Seperti kebanyakan elemen SEO on-page lainnya, tautan internal juga dimulai dengan perisetan kata kunci.
Kata kunci yang bagus akan menjaring lebih banyak pengunjung ke situs Anda. Hal tersebut dapat Anda manfaatkan untuk menempatkan tautan link yang tertarget.
Dimulai dengan memunculkan daftar beberapa kata kunci yang ingin Anda targetkan untuk halaman Anda, kemudian buat konten yang menarik berdasarkan kata kunci tersebut.
Semakin menarik konten yang dibuat, halaman web Anda akan terus menjadi pilihan pengguna.
3. Menempatkan link juice
Setelah menyusun daftar kata kunci target dan membuat konten berkualitas, selanjutnya Anda memilih halaman target yang akan disematkan link juice.
Tempatkan tautan tersebut ke halaman target Anda dengan menyesuaikan kata kunci sebagai teks jangkarnya.
Hindari menggunakan kata kunci yang persis terlalu banyak, sebagai alternatif Anda bisa menggunakan sinonim atau kata kunci semantik laten indexing (kata kunci LSI) jika memungkinkan.
Hal tersebut untuk menghindari sistem yang membacanya sebagai spam.
4. Meminimalisir tautan keluar
Cara memaksimalkan yang terakhir adalah Anda perlu menghapus tautan keluar yang tidak perlu dari halaman Anda.
Seperti yang telah kita sebutkan di atas, jumlah nilai yang dapat diteruskan halaman dibagi rata di antara jumlah total tautan pada halaman tersebut.
Anda dapat menggunakan tag rel=”nofollow” untuk menghindari penerusan tautan, tetapi Anda tidak dapat menggunakannya untuk meningkatkan nilai (rating) yang diteruskan oleh tautan lain ke laman Anda.
Cek tautan keluar yang ada di halaman Anda di Google Search Console.
Cara Mendapatkan Lebih Banyak Link Juice Eksternal untuk Halaman Anda
Tautan eksternal dapat menjadi salah satu faktor peringkat yang penting untuk mempertahankan performa baik situs web di mesin pencari.
Setiap tautan eksternal yang menuju ke domain Anda adalah pernyataan pihak ketiga bahwa situs Anda memiliki sesuatu yang bermanfaat bagi pengguna
Berikut ini penjelasan cara mendapatkan link juice secara eksternal;
1. Menggunakan hreflang
Dengan menggunakan hreflang Anda dapat menargetkan pemirsa dari berbagai negara serta juga dapat melokalkan atau menerjemahkan konten dari luar agar sesuai dengan bahasa penggunanya.
Hreflang bisa memaksimalkan SEO pada halaman artikel Anda.
Tag hreflang memberikan sinyal kepada mesin pencari, mengarahkan mereka ke versi berbeda dari setiap halaman, membantu mereka mengembalikan versi yang paling sesuai tergantung pada bahasa atau lokasi pengguna.
Dengan banyaknya pemirsa yang dapat mengakses situs web Anda melalui hreflang, maka dapat Anda manfaatkan untuk menempatkan link juice pada setiap konten yang memungkinkan untuk dilakukan.
Baca Juga : Apa itu Hreflang?
2. Reklamasi tautan
Dalam SEO, saat membahas tautan, Anda mungkin akan fokus untuk membangun tautan baru. Namun, meskipun membangun tautan baru sangat berharga, mempertahankan tautan lama agar tidak kehilangan tautan yang dimiliki dalam situs Anda saat ini juga sangat penting.
Reklamasi tautan adalah proses menemukan dan memperbaiki tautan lama yang menuju ke halaman Anda. Sistem ini akan memperbaiki tautan yang rusak di halaman Anda serta memperbaruinya jika memungkinkan.
Umumnya jika tautan rusak maka web akan menampilkan error, hal ini tentu akan berdampak buruk pada nilai SEO.
Reklamasi tautan akan memastikan bahwa situs web Anda tidak kehilangan link juice yang disebabkan oleh apa pun, bisa jadi karena tautan rusak, halaman yang telah pindah, atau kanonikalisasi URL yang salah.
3. Konten link bait
Salah satu cara paling efektif untuk menghasilkan lebih banyak tautan dalam upaya optimasi SEO Anda adalah dengan membuat konten yang menarik.
Konten link bait adalah desain konten yang dibuat untuk menghasilkan backlink.
Baca Juga : 12+ Kriteria Backlink Berkualitas dan Tips Mendapatkannya
Konten ini dapat merupakan konten yang berkualitas dan universal atau konten viral yang kontroversial, karena capaian konten ini adalah traffic yang tinggi dan menautkan link juice pada halaman konten yang dimaksud sangatlah baik.
Contohnya adalah konten yang memuat daftar nama orang terkaya di dunia atau deretan fakta artis yang memenangkan ajang kompetisi atau bisa juga fakta dan data sebuah peristiwa yang baru saja terjadi.
Lebih menarik jika disajikan dengan infografis.
4. Meluaskan jangkauan
Setelah membuat konten link bait, saatnya Anda membangun jaringan tautan.
Coba untuk mencari dan memilih halaman dan web orang-orang yang bersedia menyematkan tautan yang menuju ke situs web Anda. Mulailah dengan riset siapa yang berpotensi bekerja sama dalam jaringan tautan.
Anda dapat menggunakan alat seperti Open Site Explorer yang akan mengarahkan untuk menemukan situs yang relevan. Abaikan halaman pengarah seperti forum dan direktori.
Anda akan memiliki daftar situs web yang relevan dengan konten atau industri Anda, sesuai topik dan telah menautkan konten pada topik serupa.
Temukan situs dengan kualitas halaman dan web paling tinggi kemudian targetkan situs tersebut untuk dapat menautkan link juice pada halamannya yang menuju ke situs Anda.
Hal tersebut akan meningkatkan peluang dan Anda mendapatkan tautan yang berharga.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Link Juice
Kinerja link juice baik atau tidaknya dipengaruhi oleh berbagai faktor. Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi tautan tersebut.
Sebagai seorang yang beraktivitas dalam dunia digital marketing, Anda harus memahami faktor-faktor tersebut.
1. Otoritas domain
Tidak semua tautan memiliki nilai yang sama. Tautan dari situs otoritas tinggi akan lebih berharga dan memiliki lebih banyak link juice yang potensial dibandingkan dengan situs yang kurang otoritatif.
Hal ini juga berpengaruh pada fungsi link juice yang tidak optimal.
Otoritas domain dipengaruhi oleh popularitas domain, traffic masuk pada lalu lintas domain dan link-link yang berkualitas.
Anda bisa memanfaatkan alat SEO seperti Ubersuggest, Ahref dan Moz untuk mengevaluasi metrik otoritas domain.
2. Relevansi tautan
Link juice juga sangat berpengaruh pada relevansi tautan. Tautan dari halaman yang relevan secara topik akan memiliki nilai lebih daripada yang tampaknya terjadi secara acak.
Jika Anda memiliki blog makanan, tautan dari halaman makanan lain akan mentransfer lebih banyak link yang berkualitas.
Algoritma mesin pencari akan memberikan peringkat tinggi jika halaman tersebut mendapat pengakuan dari halaman lain dengan topik serupa di industrinya.
Jadi, Anda harus sering-sering berkolaborasi dengan pemilik konten-konten yang sama dengan tema konten Anda.
3. Jumlah link pada halaman
Seperti yang telah diketahui bahwa tautan keluar yang terlalu banyak pada sebuah situs mempengaruhi kualitas link juice itu sendiri.
Hal tersebut juga berlaku pada sebuah halaman. Maka penting sekali untuk membatasi dan meminimalisir jumlah link pada sebuah halaman.
Hal tersebut guna menjaga ekuitas tautan atau kualitas link tersebut, karena halaman dengan jumlah link yang lebih kecil akan lebih memberikan sumbangan peringkat kepada halaman tujuan.
4. Lokasi link di halaman
Penentuan lokasi tautan pada halaman juga menentukan jumlah ekuitas yang diteruskan ke situs tujuan.
Mesin pencari akan memberikan vote yang lebih tinggi jika menemukan tautan yang diposisikan di badan halaman artikel.
Tautan yang disematkan pada posisi footer atau tempat lain yang kurang strategis akan tampak seperti link biasa bukan tautan yang berkualitas.
Lebih banyak link juice berkualitas yang akan mengalir ke situs atau halaman tujuan jika lokasi link berada di badan halaman artikel.
5. Nofollow dan dofollow
Tautan dari konten situs dengan status no-follow tidak memiliki otoritas dan tidak juga meningkatkan rating apapun.
Sedangkan pada tautan dofollow memiliki peluang lebih baik untuk memberikan otoritas dan rating ke situs atau alamat tujuan.
Sehingga jika sedang memaksimalkan fungsi link juice dalam konten artikel SEO, maka penting untuk mempelajari faktor-faktor yang berpengaruh terhadap link tersebut.
Hal tersebut akan memudahkan Anda dalam mencapai posisi web yang diinginkan.
Memahami Fungsi Penuh dari Link Juice
Link juice berfungsi untuk mendapatkan peringkat terbaik dari algoritma mesin pencarian Google.
Akan tetapi selain itu, jika Anda berupaya memaksimalkan link tersebut dengan memperhatikan semua aspek pendukungnya, maka Anda akan mendapatkan banyak manfaat lain.
Di antaranya adalah membuat konten yang berkualitas dengan serius, kesadaran membangun reputasi industri yang Anda jalani, membangun persepsi baik terhadap merek dagang yang Anda bidangi dan meningkatkan kualitas diri sebagai seorang digital marketing profesional.
Penutup
Banyak sekali manfaat dan fungsi dari link juice yang harus Anda ketahui agar bisa memaksimalkan potensinya dalam upaya meraih peringkat tertinggi dengan teknik SEO.
Lakukan teknik yang baik dan benar supaya sesuai dengan algoritma mesin pencarian Google.
Jokowa.id adalah pilihan utama untuk jasa artikel SEO terpercaya dan berkualitas, menjamin keaslian artikel hingga 100%. Dengan memilih Jokowa.id, Anda dapat mendapatkan artikel yang berkualitas.