Kenali Jenis-Jenis SEO di Dunia Digital Marketing

Joko Warino

Jenis-Jenis SEO

Saat ini, banyak cara untuk meningkatkan performa dari website yang Anda miliki. Salah satunya adalah dengan menerapkan strategi SEO (Search Engine Optimization) pada laman web yang Anda miliki. Artikel ini akan mengajak Anda belajar SEO dengan terperinci, mengenal definisi, dan juga jenis-jenis SEO.

Jika Anda ingin meningkatkan peringkat dan performa website Anda dan menghemat biaya pemasaran online, maka artikel ini akan sangat tepat untuk Anda pahami. Mari kita mulai!

Sekilas Tentang SEO

pengertian seo

SEO marketing adalah langkah atau teknik untuk mengoptimalkan performa sebuah website agar dapat berada di urutan teratas mesin pencari yang terpopuler yaitu Google.

Memahami teknik SEO dengan benar merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan traffic website Anda. 

Dengan menerapkan teknik SEO yang benar, maka semua informasi atau produk yang ingin Anda kenalkan pada masyarakat dapat menjangkau banyak orang dengan lebih mudah dan cepat karena website Anda yang mudah ditemukan.

Cara kerja SEO itu sendiri yaitu meliputi beberapa tahapan proses yaitu: crawling, indexing, processing, calculating relevancy, dan yang terakhir ranking.

Jenis-Jenis SEO

Jenis-Jenis SEO

Di dalam dunia digital marketing, ada empat jenis SEO yang paling umum dan perlu untuk Anda pahami dengan baik, yaitu SEO on page, SEO off page, SEO technical, dan SEO local.

SEO On Page

SEO On Page adalah langkah yang dapat mengoptimalkan performa sebuah web dengan cara memaksimalkan isi konten yang terdapat pada halaman website tersebut secara langsung. Ini termasuk memperbarui konten di halaman, tag judul, tautan internal, dan lainnya.

Tujuan dari menerapkan teknik SEO on page ini adalah untuk membantu menaikkan peringkat website dengan meningkatkan visibilitasnya di mesin pencarian.

Sehingga, konsumen dapat dengan mudah menemukan informasi website milik Anda.

Beberapa fokus utama yang harus Anda perhatikan ketika menerapkan SEO on page terletak pada isi konten dan HTML source code, seperti title tag, header tag, dan juga meta description. Beberapa hal tersebut akan sangat memengaruhi peringkat website Anda di mesin pencarian.

Setelah memahami pengertian dari SEO on page, berikut merupakan beberapa jenis-jenis SEO on page secara lebih terperinci:

  • Riset keyword: Dengan mencari kata kunci yang terbaik bagi produk atau informasi yang Anda targetkan pada halaman konten website, maka peluang peringkat website Anda meningkat pun akan semakin baik.
  • Title: Setelah menentukan kata kunci yang ingin Anda tulis, sekarang tentukan judul yang mengandung kata kunci tersebut. Buat judul dengan frasa yang menarik dan menggugah rasa penasaran audiens agar konten Anda dikunjungi banyak orang.
  • Meta deskripsi: Lalu, jangan lupa untuk membuat meta deskripsi. Bagian ini adalah sebuah rangkuman pendek yang memberikan kisi-kisi isi dari konten Anda. Gunakan kalimat yang pendek namun menginformasikan isi konten secara umum.
  • Membuat konten: Setelah menentukan kata kunci yang akan Anda tuju, sekarang saatnya menerbitkan konten dengan kualitas tinggi dan SEO friendly sambil tetap fokus pada kata kunci utama yang sebelumnya telah Anda targetkan.
  • Optimasi keyword: Kata kunci yang Anda miliki dapat Anda optimalkan kembali dengan mencari kata kunci turunan yang berkaitan dengan kata kunci utama. Anda dapat meletakkan semua kata kunci di bagian yang strategis, juga memanfaatkan meta deskripsi sebaik mungkin.

SEO Off Page

Jenis SEO yang kedua adalah SEO Off Page. Teknik ini merupakan sebuah langkah untuk mengoptimasi website yang dilakukan di luar website itu sendiri untuk menaikkan peringkat di mesin pencari. 

Karena SEO adalah sebuah kumpulan teknik untuk meningkatkan performa sebuah website di mesin pencarian, maka teknik SEO Off Page ini pun tak ada salahnya untuk Anda coba terapkan.

Fokus utama pada teknik SEO Off Page ini terletak pada aktivitas membangun reputasi website melalui aktivitas lain di internet yang berkaitan dengan website tersebut.

Beberapa hal yang termasuk dalam SEO Off Page adalah:

  • Link building: Jika Anda memiliki website lain, Anda dapat menautkan link yang berkaitan dengan topik dari keyword yang Anda tentukan pada website tersebut untuk membuat link building. Backlink dari website lain yang relevan dan berkualitas dapat meningkatkan popularitas dan kepercayaan website milik Anda.
  • Authority: Untuk meningkatkan ranking website Anda, ada yang namanya domain authority dan page authority. Keduanya merupakan kualitas dari link-link yang ada pada website Anda. Anda bisa mengetahui ukuran keduanya dengan menggunakan tools Ahrefs atau Moz.
  • Unique domain: Unique domain adalah jumlah domain yang berbeda yang memiliki backlink ke website Anda. Backlink inilah yang dapat meningkatkan authority dan peringkat website Anda jika berasal dari domain yang berkualitas.
  • Influencer marketing: Salah satu cara lain yang saat ini cukup populer dalam meningkatkan brand awareness adalah bekerja sama dengan influencer atau tokoh yang berpengaruh di media sosial. Bekerja sama dengan para Influencer merupakan teknik dari SEO Off Page yang cukup ampuh
  • Media sosial: Saat ini, media sosial sudah banyak membantu digital marketing dengan sangat pesat. SEO Off Page melalui media sosial dapat Anda lakukan dengan cara berinteraksi dengan target audiens, membagikan konten, dan meningkatkan brand awareness dengan cepat, mudah, dan murah.

Technical SEO

Contoh SEO yang terakhir adalah dari jenis SEO Technical. Teknik ini merupakan bentuk upaya untuk mengoptimalkan performa website dengan cara memerhatikan aspek teknis dari sebuah website.

Fokus utama pada teknik ini akan terletak pada cara: bagaimana menyediakan pengalaman berselancar untuk para audiens di website dengan mulus dan cepat. Sehingga, web crawler akan menganalisis dan mengindeks website milik Anda dengan baik. 

Beberapa hal yang termasuk pada langkah SEO Technical adalah:

  • Kecepatan loading: Jika sebuah website tidak memiliki kecepatan load yang cepat untuk menampilkan informasi, maka audiens akan bosan bahkan frustasi. Dengan memperbaiki kecepatan load website milik Anda, maka peringkat website dapat meningkat ke peringkat yang lebih baik.
  • Internal link: Dengan memiliki struktur link internal yang baik, logis, dan mudah dinavigasi oleh pengunjung dan web crawler, maka Anda telah menerapkan SEO Technical dengan tepat.
  • Sertifikat SSL: Dunia digital dapat sangat berbahaya jika Anda tidak mengamankan website dengan protokol HTTPS.  Dengan memiliki sertifikat SSL, maka data pengunjung pada website tidak akan mudah tersadap oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

SEO Local

Jenis SEO yang terakhir untuk meningkatkan peringkat website Anda di mesin pencarian adalah dengan menerapkan SEO Local.

SEO Local adalah teknik optimasi untuk meningkatkan visibilitas dan traffic website pada area lokal tertentu. 

Fokus utama pada teknik ini adalah dengan menarik perhatian pengunjung yang mencari sebuah produk yang berada di sekitar lokasi bisnis.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang termasuk dalam SEO Local:

  • Keyword lokal: Kata kunci yang menyesuaikan dengan daerah atau lokasi bisnis Anda akan dapat membantu traffic website. Anda dapat menggunakan kata kunci yang berkaitan dengan lokasi bisnis, seperti nama kota, daerah, atau kode pos. Contohnya: Tempat wisata Bandung atau Kursus bahasa Arab Bandung.
  • Profil bisnis: Ketika Anda memiliki sebuah usaha, maka membuat profil bisnis di Google My Business atau platform lain untuk menampilkan informasi seperti nama, alamat, nomor telepon, jam operasional, dan ulasan pelanggan maka ini dapat membantu visibilitas website Anda dengan lebih baik.
  • Konten lokal: Jangan lupa untuk membuat konten yang relevan dengan kebutuhan dan minat audiens lokal di daerah Anda. Seperti berita lokal, event lokal, atau tips lokal yang berlaku di daerah sekitar bisnis Anda. Contoh: Jadwal Car Free Day Bandung, Makanan Terlaris di Bandung Culinary Night.

Kesimpulan

SEO adalah salah satu strategi digital marketing yang efektif dan hemat untuk membantu Anda meningkatkan traffic website

Manfaat SEO yang utama adalah untuk membuat website muncul di urutan teratas dari hasil pencarian.

Untuk meningkatkan traffic tersebut, ada empat jenis SEO yang perlu Anda ketahui dan terapkan, yaitu SEO on page, SEO off page, SEO technical, dan SEO local. 

Masing-masing jenis SEO tersebut memiliki fokus utama dan cara kerja yang berbeda-beda, namun tetap saling melengkapi satu sama lain. Dengan menguasai teknik dari jenis-jenis SEO ini, Anda bisa membuat website Anda bekerja dengan lebih optimal.

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang blogger yang mendalami dunia SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2012 hingga saat ini dan terus belajar memahami perkembangan logaritma yang terus di update oleh Google.

Tinggalkan komentar