Sebagaimana diketahui, salah satu metode yang paling banyak digunakan oleh para pemilik website untuk menaikkan rating dari website yang dimiliki yaitu dengan menggunakan metode SEO dan juga PPC. Namun apa saja kelebihan antara SEO vs PPC tersebut?
Sebelum Anda mencari tahu hal tersebut, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian dari keduanya.
Untuk itu, langkah yang paling tepat untuk mencari tahu mengenai hal tersebut yaitu dengan menyimak pembahasan ini. Karena disini, akan diulas mengenai SEO dan PPC, secara lebih spesifik.
Pengertian SEO dan PPC
Search Engine Optimization atau yang lebih dikenal dengan SEO, merupakan salah satu teknik untuk meningkatkan rating website pada mesin pencari.
Dengan kata lain, jika Anda menggunakan teknik SEO, maka website yang Anda miliki bisa menempati posisi pertama pada mesin pencari, yang mana hal ini akan memudahkan pengunjung untuk mengunjungi website Anda.
Dengan metode ini, tentunya manfaat website yang paling bisa Anda rasakan yaitu bisa melakukan branding, promosi, hingga pemasaran produk dengan lebih mudah.
Hal ini dikarenakan, semakin banyak pengunjung yang mengunjungi website Anda, maka akan semakin besar pula peluang mereka untuk mengenal, atau bahkan membeli produk yang Anda jual di website tersebut.
Pertanyaannya kini, bagaimana cara kerja dari SEO ini? Pada umumnya, SEO bekerja dengan menyematkan beberapa kata kunci (keyword) yang relevan dalam setiap artikel/konten yang dibuat pada website tersebut.
Kata kunci yang relevan disini mengacu pada sejumlah keyword (kata kunci) yang sering diketik oleh pengunjung pada kolom pencarian.
Dimana dengan adanya keyword tersebut, mesin pencari akan melakukan pengindex-an, yang memungkinkan website bisa muncul di halaman pertama dari mesin pencari.
Hanya saja, karena tidak semua orang bisa melakukannya, maka untuk menggunakan teknik ini, diperlukan seorang pakar/jasa SEO.
Dimana keuntungan menggunakan jasa SEO tersebut salah satunya yaitu bisa membantu Anda dalam membuat sejumlah konten yang menggunakan teknik SEO ini.
Lalu bagaimana dengan PPC? Apakah ada persamaan SEO vs PPC ini? Bisa dibilang, keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu bisa digunakan untuk meningkatkan rating dari website yang dimiliki.
Hanya saja, khusus untuk PPC ini, metode yang digunakan yaitu melakukan promosi dengan cara melakukan pembayaran, bilamana iklan yang Anda pasang tersebut bisa di-klik oleh audiens.
Dengan kata lain, selama audiens mengklik iklan yang Anda pasang tersebut, maka hal ini akan membuat website dan juga produk Anda bisa lebih dikenal.
Bisa dibilang, PPC bisa menjadi media promosi yang paling ampuh. Hal ini dikarenakan, iklan yang Anda pasang akan muncul di halaman manapun, sehingga produk bisa langsung dikenal oleh audiens.
Meskipun demikian, sesuai namanya yaitu Pay Per Click (PPC), maka Anda akan dikenakan biaya jika menggunakan teknik ini.
Perbedaan SEO vs PPC
Dari penjelasan diatas, kiranya mungkin Anda kini telah memiliki gambaran mengenai pengertian antara SEO vs PPC tersebut. Namun apakah kini Anda telah mengetahui perbedaan antara keduanya?
Meskipun jika dilihat dari pengertiannya saja, telah terlihat beberapa perbedaan antara keduanya, namun tak bisa dipungkiri, bahwa masih banyak orang yang belum memahami mengenai hal itu.
Untuk itu, dalam pembahasan dibawah ini, akan dijelaskan mengenai perbedaan antara PPC dan juga SEO. Diantaranya:
1. Cara Kerja
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa cara kerja dari SEO yaitu dengan menyertakan beberapa kata kunci (keyword) yang relevan, pada semua konten yang dibuat.
Dengan kata lain, jika Anda ingin menggunakan teknik SEO, untuk mengoptimasi website Anda, maka Anda perlu membuat struktur website yang SEO friendly.
Dimana salah satunya yaitu dengan menyelipkan beberapa keyword yang relevan dengan keyword yang sering diketikkan pengunjung pada kolom pencarian.
Sementara cara kerja dari PPC yaitu dengan menampilkan iklan yang Anda pasang pada semua halaman yang tengah dibuka oleh audiens, meskipun halaman tersebut bukanlah halaman dari website Anda.
Teknik PPC bisa dibilang berhasil, jika audiens tersebut kemudian mengklik iklan yang muncul tersebut.
2. Lamanya Proses Optimasi
Pada umumnya, saat Anda menggunakan teknik SEO, website Anda tidak bisa langsung menempati peringkat pertama pada mesin pencari.
Dengan kata lain, mesin pencari perlu melakukan proses crawling (melakukan pemindaian konten) dan juga indexing (pengindeks-an) konten terlebih dahulu, barulah akhirnya mesin pencari tersebut bisa melakukan proses ranking, dengan menempatkan website Anda pada posisi pertama dari mesin pencari (landing page).
Hal ini jauh berbeda dengan proses optimasi yang dilakukan dengan menggunakan teknik PPC.
Dimana dengan menampilkan iklan pada halaman yang tengah dibuka oleh audiens, maka hal ini diartikan bahwa proses optimasi menggunakan teknik PPC ini cenderung cepat.
Bahkan lebih cepat dari proses optimasi yang dilakukan dengan menggunakan teknik SEO.
3. Biaya yang Dibutuhkan
Sesuai namanya, PPC merupakan teknik Pay Per Click (PPC), maka bisa dibilang, dari jumlah klik yang dilakukan oleh audiens, maka angka tersebut akan menentukan biaya yang harus Anda bayarkan nantinya.
Dengan demikian, bisa dikatakan, bahwa teknik PPC membutuhkan sejumlah biaya dalam proses penggunaannya.
Namun bagaimana dengan SEO? Pada umumnya, tidak ada biaya khusus yang dikenakan bagi setiap pemilik website yang menggunakan teknik ini.
Hanya saja, karena tidak semua pemilik website bisa membuat konten SEO friendly, maka biasanya mereka akan mengandalkan jasa/pakar SEO, yang tentunya akan membutuhkan biaya, sebagai upah dari jasa yang diberikan.
4. Teknik Pencarian pada Mesin Pencari
Dari poin-poin diatas bisa disimpulkan bahwa salah satu yang membedakan antara SEO vs PPC adalah teknik/proses pencarian yang dilakukan oleh mesin pencari.
Dimana pada SEO, proses pencarian ini bersifat natural, yang mana dengan menggunakan kaidah-kaidah SEO, seperti penggunaan keyword dan semacamnya, maka hal ini akan memancing pengunjung untuk mengunjungi website Anda, tanpa harus memasang iklan terlebih dahulu.
Itulah mengapa jika teknik SEO sering dikatakan sebagai teknik pencarian organik. Sedangkan teknik PPC mengenalkan teknik pencarian berbayar.
Dimana iklan Anda akan bisa ditayangkan dengan cepat, namun dengan ketentuan, Anda perlu membayar sejumlah biaya yang disesuaikan dengan jumlah klik yang dilakukan oleh audiens.
5. Bisnis yang Disarankan
Sejauh ini, PPC bisa digunakan untuk bisnis apapun, sejauh iklan yang dibuat memang sesuai dengan produk yang dijual. Berbeda dengan SEO, yang mana tidak semua bisnis bisa menggunakan teknik ini.
Dalam arti, tidak semua pelaku bisnis, bisa menggunakan teknik SEO untuk mempromosikan bisnis yang dimiliki.
Hal ini pulalah yang biasanya tidak disadari oleh para blogger. Dimana kesalahan menentukan teknik yang akan digunakan bisa menjadi kesalahan blogger pemula.
Dimana blogger pemula biasanya belum begitu memahami apakah blog yang mereka miliki akan sesuai jika menggunakan teknik PPC, ataukah memang harus menggunakan teknik SEO.
SEO Vs PPC, Manakah yang Lebih Baik?
Meskipun mungkin keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk mengoptimasi website, sekaligus memasarkan produk/brand tertentu, namun tetap saja, keduanya memiliki sejumlah perbedaan. Terutama menyangkut cara kerja hingga proses pembayaran yang dilakukan.
Dengan adanya perbedaan tersebut, masih banyak orang yang masih merasa bingung untuk menentukan mengenai, manakah yang lebih baik dari keduanya.
Sebelum Anda memberikan keputusan, mungkin beberapa kelebihan dari SEO dan PPC berikut ini bisa sedikit membantu Anda. Diantaranya:
1. Search Engine Optimazion (SEO)
Beberapa kelebihan dari teknik SEO diantaranya:
- Tidak berbayar. Meskipun Anda menggunakan jasa SEO profesional, biaya yang dikeluarkan cenderung tetap
- Menumbuhkan kesadaran merek (branding awareness). Dimana pengunjung yang mengunjungi website Anda biasanya benar-benar tertarik dengan produk yang Anda jual, yang bisa dilihat dari kata kunci (keyword) yang mereka ketik di kolom pencarian
- Memungkinkan website Anda bisa menjadi website yang bisa dipercaya. Hal ini dikarenakan, dengan produk yang dijual di website Anda merupakan produk yang dicari audiens, maka tentunya, hal ini akan membuat website Anda bisa menjadi website rujukan, ataupun website yang mereka percayai dalam memilih suatu brand tertentu
- Meningkatkan kepercayaan pelanggan. Hal ini dikarenakan, sebagian orang masih percaya bahwa menemukan produk yang tepat dengan mengetikkan kata kunci yang relevan, masih dianggap sebagai solusi yang tepat, jika dibandingkan dengan menge-klik sebuah iklan, yang bisa saja hal ini merupakan sebuah promosi jebakan
- Keberlanjutan website akan terus berlangsung. Berbeda dengan menggunakan teknik promosi berbayar, yang mana jika Anda berhenti membayar biaya yang ditentukan, maka promosi tidak akan diteruskan
2. Pay Per Click (PPC)
Selain membahas mengenai beberapa kelebihan dari SEO, Anda juga perlu mengetahui mengenai sejumlah keunggulan dari teknik Pay Per Click (PPC) ini.
Setidaknya hal ini dilakukan agar Anda bisa merasa yakin, mengenai teknik optimasi yang mana, yang memang sesuai dengan website yang Anda miliki.
Beberapa keunggulan dari PPC diantaranya:
- Sebagai proses promosi yang terbilang cepat dan mudah
- Bisa digunakan untuk bisnis apa saja
- Tidak memerlukan proses pencarian pada mesin pencari yang rumit. Berbeda dengan proses pencarian pada teknik SEO yang memerlukan pembaruan algoritma yang meliputi proses crawling, indexing dan juga ranking
- Meskipun berbayar, namun perlu dipahami, bahwa biaya yang harus dibayarkan hanya tergantung dari jumlah klik yang dilakukan oleh audiens. Dengan kata lain, selama audiens tidak mengklik iklan yang Anda pasang tersebut, maka Anda tidak perlu membayar
- Iklan bisa muncul di halaman mana saja yang tengah dibuka oleh audiens. Bukan hanya itu saja, sejumlah iklan yang menggunakan teknik PPC ini biasanya akan muncul di bagian atas halaman. Sehingga mau tak mau, audiens akan melihat iklan yang Anda pasang, yang memungkinkannya bisa mengklik iklan tersebut
- Audiens bisa langsung mengenal produk yang dijual hanya dengan melihat iklan yang dipasang dengan teknik PPC. Mengapa demikian? Karena pada iklan yang Anda pasang tersebut, Anda bisa mencantumkan harga, deskripsi, nomor telepon untuk melakukan pemesanan, serta sejumlah informasi lainnya yang berkaitan dengan produk. Dengan demikian, audiens tidak perlu bertanya-tanya lagi mengenai hal itu
- Iklan yang Anda pasang dengan teknik PPC, akan membantu Anda dalam menentukan target pelanggan
Itu dia sejumlah informasi mengenai SEO dan juga PPC. Menurut Anda, diantara SEO vs PPC tersebut, manakah yang lebih sesuai dengan website dan bisnis yang Anda miliki?
Sebelum memutuskan hal itu, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu mengenai kebutuhan dari website dan produk yang Anda jual nantinya. Semoga penjelasan diatas bisa sedikit membantu Anda!