Bagi pemilik website, local SEO dijadikan solusi ketika merasa sulit menerapkan optimasi SEO pada umumnya.
Sebab, melalui metode satu ini, optimasi keyword yang dilakukan untuk pencarian lokal.
Pada situasi tertentu, penerapan teknik ini memberikan hasil cukup efektif.
Salah satunya, saat ada pelanggan yang mencari informasi tentang penyedia produk maupun jasa tertentu terdekat dengan lokasi.
Sedangkan kondisinya, lokasi bisnis Anda mampu menjangkau pelanggan tersebut.
Jadi, teknik ini cocok diterapkan bagi pemilik usaha offline.
Mengenai cara kerja beserta tips melakukan optimasinya, akan dibahas pada ulasan berikut.
Pengertian Local SEO yang Belum Banyak Diketahui
Pengertian local SEO adalah metode melakukan optimasi website suatu bisnis dengan tujuan supaya tampil pada mesin pencarian berdasarkan lokasi atau daerah sekitar tempat bisnis tersebut.
Metode ini merupakan upaya promosi terhadap target konsumen wilayah lokal.
Salah satu contohnya, ingin mencari baju muslim Pekanbaru terdekat pada mesin pencarian Google.
Dan akan langsung muncul rekomendasi beberapa nama toko baju muslim. seperti gambar dibawah ini :
Bukan hanya nama tokonya saja, tapi juga dilengkapi dengan informasi penting lain.
Mulai dari maps menuju lokasi, alamat, nomor telepon, jam operasional, ulasan para pelanggan dan informasi penting lainnya.
Hal seperti ini tentu sangat efektif untuk memasarkan bisnis secara tidak langsung.
Tidak bisa dipungkiri memang masih banyak pengguna smartphone mengandalkan pencarian dengan metode seperti ini untuk mencari informasi penyedia produk sesuai kebutuhan.
Sebab, walaupun lokasinya dekat, keberadaan usaha belum tentu diketahui.
Dalam hal inilah pentingnya pemasaran dan penerapan teknik local SEO bisa menjadi solusi terbaik.
Melalui teknik ini, website bisa memperoleh visibilitas tinggi dan mempunyai lebih banyak lalu lintas pada mesin pencarian lokal.
Ada yang mempertanyakan, beda antara teknik ini dengan SEO biasa apa?
Keduanya memiliki tujuan sama yaitu mendapatkan peringkat pertama pada halaman mesin pencarian.
Tapi, untuk SEO lokal lebih spesifik dalam rangka memperoleh pengunjung lingkup lokal.
Bila Anda memiliki bisnis offline lokal, salah satu metode pemasaran ini sangat rekomended untuk dicoba.
Apalagi mengingat sekarang ini segala sesuatunya lebih banyak di akses melalu online.
Bahkan metode pemasaran online sudah terbukti lebih efektif dilakukan.
Inilah Cara Kerja Local SEO yang Penting Dipahami
Cara kerja local SEO ini fokus menginformasikan kepada pihak Google bahwa bisnis yang dimiliki ada di wilayah tertentu dan ingin dengan mudah ditemukan oleh para pelanggan area tersebut.
Mengenai cara kerjanya sendiri sebenarnya gabungan dari berbagai cara teknis serta kreatif.
Supaya proses pengoptimalan mudah, perlu mempunyai alamat lengkap dan tepat yang berada disuatu wilayah. Landing page lokal bisa dibuat.
Lalu memanfaatkan widget store locator atau plugin supaya membantu calon pelanggan menemukan bisnis terkait pada website.
Terdapat tiga pilar utama yang perlu dimiliki dalam sistem pencarian lokal, yaitu relevansi, kedekatan dan keunggulan.
Dengan konsistensi dalam penerapannya, metode ini bisa memberikan pengaruh sangat signifikan terhadap perkembangan usaha.
Tips Optimasi SEO Lokal untuk Meningkatkan Rangking Pencarian
Penting diingat bahwa dalam melakukan optimasi SEO apapun bentuknya itu memiliki aturan tersendiri, tidak akan berfungsi dengan maksimal bila diterapkan dengan sembarangan.
Menurut Moz ada beberapa tips optimasi local SEO untuk meningkatkan ranking pencarian antara lain:
1. Memanfaatkan Google Bisnisku
Tips pertama, memanfaatkan Google Bisnisku atau Google Business Profile, salah satu fitur bermanfaat yang disediakan oleh pihak Google.
Bila belum memiliki akun platform ini, buat dan verifikasi terlebih dahulu.
Setelah pembuatan akun dan proses verifikasi selesai dilakukan, barulah bisa melengkapi data profil bisnis pada perangkat Google Bisnisku.
Ada beberapa informasi penting yang perlu dilengkapi supaya penerapan teknik SEO lokal memberikan hasil optimal, yaitu:
- Lokasi, isikan informasi alamat bisnis secara lengkap, lalu lakukan verifikasi.
- Nomor telepon, isikan yang masih aktif.
- Jam operasional, sesuaikan dengan kondisi bisnis kapan waktu buka dan tutup.
- Atribut, jelaskan dengan baik dan rinci mengenai apa saja yang disediakan oleh bisnis.
- Kategori, sesuaikan yang relevan atau berkaitan dengan bisnis.
- Foto, lampirkan berbagai gambar yang berhubungan dengan bisnis, seperti kantor, anggota tim, produk dan lain-lain.
Bisa dikatakan bahwa Google Business Profile dalam proses optimasi local SEO merupakan bagian paling penting.
Sebab, melalui perangkat ini, proses pencantuman bisnis bisa dilakukan secara gratis.
Aspek satu ini juga dipertimbangkan oleh Google dalam menilai website mana yang layak menduduki posisi paling atas mesin pencarian.
Supaya profil bisnis lebih optimal, lakukan pembaharuan tentang bisnis secara rutin dan sajikan konten segar.
Membagikan konten fresh secara rutin menandakan bahwa website masih aktif beroperasi hingga sekarang.
Jangan lupa untuk merespons hasil ulasan yang diberikan para pelanggan dengan baik.
Manfaatkan layanan Google My Business dashboard untuk mempublikasi event yang sedang berlangsung, promo spesial serta produk tersedia.
Berikan informasi secara lengkap karena akan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis tersebut.
Baca Juga : Langkah Menggunakan Google Bisnisku untuk Promosi Bisnis
2. Mempertimbangkan Kemudahan Pemakaian Smartphone
Cara melakukan optimasi selanjutnya pertimbangkan kemudahan dalam pemakaian smartphone.
Hal ini berkaitan erat dengan era seperti sekarang di mana penggunaan smartphone sangat diandalkan.
Bahkan dalam mengakses pencarian bisnis lokasi terdekat, lebih banyak dilakukan oleh pengguna smartphone dibandingkan komputer.
Sebab, kenyataannya memang lebih mudah di akses menggunakan ponsel, kapan saja dan di mana saja.
Berbagai informasi dicari melalui ponsel, termasuk mengenai keberadaan bisnis lokal.
Situasi inilah yang membuat pengoptimalan tampilan website pada mobile sangat penting dipertimbangkan.
Optimasi local SEO sebaiknya dibuat dengan tampilan website yang mobile friendly.
Tujuannya tidak lain supaya calon pelanggan mudah dalam melakukan proses navigasi serta menemukan informasi bisnis terkait.
Bagaimanapun juga, informasi mengenai bisnis terkait sangat penting diketahui para pelanggan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan pilihan.
Bukan hanya meningkatkan user experience, tapi juga bisa berpengaruh terhadap peringkat pencarian.
3. Konsisten dalam Menambahkan NAP Citiations
Menambahkan informasi NAP citiations atau singkatannya nama, alamat, nomor telepon sudah sedikit dibahas sebelumnya.
Informasi ini membantu bisnis supaya relevan pada pencarian lokal.
Bisnis akan semakin populer seiring semakin tingginya biodata pada bisnis tampil pada mesin pencarian internet.
Untuk melakukan optimasi local SEO, pastikan informasi NAP yang tercantum pada Google Bisnisku, media sosial dan platform online lainnya sama.
Dengan kata lain informasi bersifat krusial tersebut harus dilakukan dengan konsisten.
Bila karena kondisi tertentu mengharuskan melakukan pengubahan, pastikan lakukan hal serupa pada platform online yang digunakan.
Sebab, bila tidak konsisten akan membuat para pelanggan sulit menghubungi dan menjangkau bisnis tersebut.
Perhatikan dengan cermat terkait nama, jangan mengabaikan kesalahan satu huruf karena berpotensi membuat pelanggan ragu.
4. Melakukan Link Building
Tips melakukan optimasi local SEO lainnya adalah melalui link building.
Bukan hanya teknik SEO biasa, lokal juga memerlukan link building.
Saling bertukar link dengan partner bisnis bisa manjadi solusi terbaik.
Bagaimanapun juga, jangkauan bisa lebih luas bila memanfaatkan strategi satu ini.
Penting diperhatikan bahwa saat mencari partner untuk bertukar link, pastikan terjamin kualitasnya supaya perolehan authority tinggi.
Beberapa karakteristik link berkualitas yaitu berasal dari website dengan tingkat authority tinggi, mengandung kata kunci bertopik sama dan adanya relevansi.
Untuk peletakannya sendiri bisa pada bagian atas serta isi website.
Optimasi local SEO menggunakan link building atau backlink bisa dilakukan sebanyak mungkin untuk meningkatkan traffic pengunjung yang berpotensi menjadi pelanggan.
Tapi, pastikan dari website berkualitas dan terpercaya supaya hasilnya maksimal.
Link building salah satu metode optimasi off page, Apabila tertarik untuk mempelajari metode lainnya, Saya telah membahasnya di Panduan Optimasi SEO Off Page
5. Membangun Ulasan Pelanggan yang Baik
Tips berikutnya bangun ulasan atau review pelanggan yang baik.
Namanya bisnis, apalagi yang pemasarannya dilakukan secara online, untuk meyakinkan calon pelanggan upaya utamanya yaitu dengan memaksimalkan ulasan.
Ulasan pelanggan sangat berhubungan erat dengan kualitas dari bisnis.
Bila bisnis yang dijalankan berkualitas, akan secara otomatis diberikan review dan ulasan positif oleh para pelanggan.
Berarti, untuk menerapkan optimasi local SEO satu ini diperlukan peningkatan kualitas layanan bisnis supaya pelanggan merasa puas.
Semakin banyak review positif yang diberikan para pelanggan, akan berdampak baik terhadap keberlangsungan bisnis.
Sebab, membuat semakin banyak orang tertarik menggunakan produk tersebut. Mengenai ulasan sendiri, bukan hanya pada website Google Business Profile saja.
Ulasan pada platform online lain yang digunakan untuk bisnis juga tidak kalah penting.
Mengenai pemberian ulasan, tidak semua pelanggan bersedia menuliskan walaupun pada kenyataannya produk tersebut berkualitas.
Mengatasi hal ini, bisa dilakukan dengan cara meminta langsung kepada pelanggan untuk memberikan review.
Atau bisa juga secara online melakukan follow up supaya mereka berkenan memberikan ulasan.
Optimasi local SEO satu ini perlu dilakukan secara rutin mengingat kesan dan pesan para pelanggan sangat penting.
Supaya terbangun komunikasi lebih baik, jangan lupa memberikan respons kepada mereka yang sudah meluangkan waktu untuk memberikan ulasan.
Bila ternyata ulasannya negatif, Anda bisa menjadikannya sebagai bahan perbaikan bisnis ke depannya.
6. Riset Keyword Lokal
Tips optimasi terakhir yang bisa dilakukan yaitu riset keyword lokal.
Lakukan riset ini untuk membantu proses identifikasi kata kunci apa saja yang dicari oleh pelanggan saat melakukan pencarian lokal.
Supaya mempermudah optimasi local SEO menggunakan keyword, manfaatkan tools bantuan yang sudah banyak bermunculan.
Bahkan ada juga yang bisa di akses secara gratis.
Beberapa tools riset kata kunci yang bisa dipakai seperti Google Trends, Ubersuggest, Keyword Tool, Ahrefs, Moz dan lain-lain.
Ketika melakukan proses riset kata kunci, pastikan mempunyai volume penelusuran yang tinggi.
Volume penelusuran kata kunci yang semakin tinggi, mengartikan banyak dicari oleh para pelanggan.
Karena banyak dicari, tentu persaingan untuk memperebutkan posisi pertama halaman pencarian juga semakin tinggi.
Jadi, cari yang persaingan kata kuncinya rendah, tapi rata-rata pencariannya tinggi.
Sebab, pemilik website dengan bisnis serupa banyak yang menyisipkan kata kunci bervolume tinggi untuk meningkatkan traffic pengunjung mereka.
Untuk melanjutkan proses optimasi local SEO keyword, sisipkan pada bagian deskripsi Google Bisnisku.
Hal ini membuat pencarian terhadap kata kunci terkait pada Google, semakin relevan dengan bisnis.
Mengingat target bisnis lingkupnya area lokal, bisa menggunakan kata kunci yang lebih spesifik.
Caranya bisa menambahkan informasi kota tertentu pada bagian akhir bisnis yang dicari.
Supaya proses optimasi memberikan hasil maksimal terhadap bisnis, lakukan secara konsisten.
Seringkali untuk memulai optimasi local SEO lebih mudah karena masih memiliki semangat tinggi dibandingkan konsisten dalam menerapkannya jangka panjang.