Apa yang Dimaksud Instagram Marketing: Pengertian & Strateginya

Joko Warino

instagram marketing

Berdasarkan total lalu lintas situs web, Instagram adalah salah satu dari 10 situs web paling banyak dikunjungi di dunia secara global, dengan total 5,6 miliar kunjungan per bulan. Inilah yang menjadikan Instagram menjadi media pemasaran yang tepat untuk bisnis. Hal ini pula yang mendorong munculnya strategi Instagram Marketing

“Memang, potensi keterlibatan para pengguna jejaring sosial Instagram tidak selalu mendorong adanya konversi lebih tinggi. Namun, tetap ada potensi yang besar untuk mendorong angka transaksi tersebut.” 

Meski demikian, Anda bisa melakukan sejumlah cara dan pendekatan yang sesuai guna memaksimalkan potensi tersebut. Nah, ketahui beberapa langkah untuk menyempurnakan upaya penjualan atau transaksi lewat jejaring sosial ini. 

Alasan Memasarkan di Instagram

Instagram

Dalam beberapa tahun terakhir, jejaring sosial ini telah tumbuh dan berkembang cepat. Kemudian mengadopsi fitur baru, termasuk Insta Stories dan Reels. Ini menjadikan platform ini lebih bernilai bagi pebisnis dan pengguna. Inilah alasan memilih Instagram sebagai media promosi.

Keunggulan utama ketimbang jejaring sosial lainnya adalah visualnya. Jika Anda memiliki perniagaan yang mengandalkan desain produk, maka adalah platform terbaik untuk menampilkan upload tersebut. Ini yang menjadi peluang marketing Instagram terbuka.

Video, citra, dan ilustrasi adalah upload bagus yang cocok untuk media sosial ini. Namun, strategi penjualan Anda pada akhirnya akan menentukan jenis apa yang akan  Anda publikasikan dan seberapa sering mempostingnya. 

Menetapkan strategi Instagram marketing, akan membuat Anda tetap fokus pada tujuan Anda dan yang paling penting adalah audiens Anda.

Baca Juga : 21 Instagram Tools Terbaik Di Berbagai Kategori

Strategi Marketing Instagram

Strategi Marketing Instagram

Instagram marketing adalah langkah untuk mengoptimalkan jejaring sosial ini untuk kepentingan pemasaran bisnis.

Jejaring sosial ini telah menjadi pemain kekuatan utama selama beberapa waktu. Hal ini terutama berlaku untuk bisnis e-commerce, dengan akses yang berfokus pada visual sehingga pengikut antusias dan interaksinya tinggi. 

Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut untuk membangun strategi pemasaran Anda dan menyiapkan merek agar sukses: 

1. Optimalkan Profil

Untuk memulai strategi digital marketing Instagram, pertama-tama Anda harus menangani dasar-dasar pengaturan akun Anda. Anda perlu mengisi informasi kontak, deskripsi yang Anda optimalkan dengan kata kunci. Lalu, memilih gambar profil yang mudah orang kenali, seperti logo.

Tetapi untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda tentu ingin membawa akun Anda ke tingkat berikutnya. Caranya: 

  • Berikan tagar yang dapat orang lain klik. Fokus pada tagar merek Anda dapat membantu Anda membangun komunitas di sekitar usaha Anda dan menemukan konten yang orang lain buat tentang Anda. 
  • Kemudian, tautan halaman yang dapat orang lain klik. Ada beberapa opsi untuk cara menggunakan ini. Salah satu caranya adalah dengan menyiapkan halaman “tautan di bio” menggunakan alat seperti Linkpop atau Linktree.
  • Berikutnya, Highlight atau Sorotan Story. Fitur yang relatif baru ini memungkinkan Anda menambahkan Story lama ke berbagai kategori unggulan, yang akan tercantum di halaman Anda. Ini membantu halaman Anda terlihat sempurna dan memungkinkan Anda menampilkan upload tertentu. 
  • Terakhir, tombol Lihat Toko. Jika Anda memilih untuk mengaktifkannya, Anda juga dapat menempatkan tombol ajakan bertindak dengan mengirimkan pengikut ke toko dalam aplikasi Anda.

2. Siapkan Profil Bisnis 

Instagram baru-baru ini memberi beberapa alasan besar untuk beralih ke akun bisnis. Keuntungan beralih menjadi profil Instagram Business adalah kemampuan untuk menambahkan tautan ke Stories, unggahan yang dapat dibeli, dan posting otomatis.

Faktanya, sebagai bentuk aktivitas bisnis yang goal-nya adalah penjualan, manfaat dari beralih ke tipe akun ini tidak dapat Anda sangkal. Inilah manfaat Instagram untuk bisnis.

3. Identifikasi Tujuan dan Sasaran

Langkah awal sebelum melakukan strategi pemasaran melalui media sosial Instagram adalah memahami dengan tepat apa arti kesuksesan bagi Anda. Apakah Anda menggunakan untuk membangun brand awereness (kesadaran merek) dan menjangkau lebih banyak pelanggan ideal Anda? Atau untuk meningkatkan brand loyalty (loyalitas merek)?

Ada banyak kemungkinan ketika menggunakannya untuk memenuhi tujuan Anda. Perlu Anda ingat bahwa sasaran yang Anda tetapkan akan sangat memengaruhi metrik yang Anda gunakan untuk melacak kesuksesan Anda.

Misalnya, jika Anda menggunakan untuk membangun audiens yang besar dan terlibat, Anda cenderung berfokus pada metrik engagement, seperti likes, comment, dan share.

4. Temukan Audiens

Berikutnya, Anda perlu memikirkan siapa yang ingin Anda targetkan. Jika Anda sudah memiliki pemahaman yang baik tentang siapa pelanggan ideal Anda, berikutnya adalah mengambil halaman pelanggan dan melakukan ekstrapolasi.

Jenis konten apa yang mereka gunakan? Tagar apa yang mereka gunakan? Komunitas apa yang menjadi bagian mereka? Menjawab pertanyaan ini adalah cara yang bagus untuk memastikan bahwa Anda menjangkau audiens target Anda.

Opsi lain adalah meneliti pesaing Anda. Buka halaman pesaing Anda dan klik “Pengikut” mereka. Anda akan dapat melihat seluruh daftar pengguna yang mengikuti mereka.

5. Algoritma

Strategi untuk menaklukkan Instagram marketing pada tahun 2023 jelas sedikit lebih rumit. Pasalnya, ada banyak hal yang perlu Anda ketahui untuk mendapatkan hasil terbaik, termasuk cara kerja algoritma Instagram.

Dengan semakin banyak pengguna yang bergabung dengan aplikasi ini setiap hari, orang-orang melewatkan rata-rata 70% feed mereka, sehingga pengaturan ulang feed Anda diperlukan.

Dalam hal ini, hanya ada beberapa faktor yang memengaruhi visibilitas konten Anda. Yakni keterlibatan dari unggahan, dan berapa lama waktu yang orang lain habiskan untuk melihatnya. 

Ketepatan waktu dan frekuensi unggahan juga relevan. Algoritma baru akan memprioritaskan unggahan terbaru. Semakin sering Anda mengunggah, semakin besar peluang unggahan Anda muncul di umpan orang.

6. Bangun Strategi Konten

Saat ini, jejaring sosial ini mengizinkan empat jenis postingan : foto, video, unggahan belanja, dan carousel.

  • Foto

Unggah foto terus menjadi bentuk upload paling populer di sini, mungkin karena mudah Anda buat dan sunting, serta sangat serbaguna. Saat ini, Anda hanya dapat membagikan foto dalam format lanskap, potret, atau persegi. 

Format yang berbeda ini memerlukan rasio aspek dan dimensi yang berbeda, misalnya, kiriman foto persegi harus memiliki rasio aspek 1:1 (atau sedekat mungkin!) dan berukuran 1080 px kali 1080 px.

  • Video

Unggahan ini telah berkembang sedikit sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2013. Tidak lagi terbatas hingga 15 detik, saat ini Anda dapat membuat produksi berdurasi panjang hingga 1 menit yang menghasilkan banyak interaksi.

Anda tidak memerlukan kamera DSLR atau peralatan produksi yang mahal untuk melakukannya. Anda dapat membuat konten berkualitas hanya dengan menggunakan kamera bawaan ponsel dan beberapa aplikasi pengeditan.

7. Bangun Estetika secara Konsisten

Salah satu bagian tersulit untuk membuat halaman Anda terlihat luar biasa. Penting bagi Anda untuk memiliki skema warna yang konsisten. Artinya, semua warna di feed Anda berjalan mulus. 

Pencahayaan adalah elemen kunci untuk kurasi dan estetika. Konsistensi dari pilihan-pilihan tersebut adalah bahan untuk estetika halaman Anda.

8. Kapan Posting di Story

Karena Stories tayang maksimal 24 jam, saat Anda mengunggah cerita, pengikut Anda memiliki jendela 24 jam untuk melihatnya di bagian atas feed mereka. Seperti unggahan biasa, jika Anda menggunakan Stories untuk niaga, ada baiknya memposting campuran unggahan informatif, menyenangkan, dan promosi.

Kesimpulan

Keunggulan utama jejaring sosial ini ketimbang platform media sosial lainnya adalah sifat visualnya. Jika Anda memiliki bisnis yang mendapat manfaat dari desain produk, inilah platform terbaik untuk menampilkan konten tersebut.

Dengan panduan di atas, Anda bisa memahami lebih jauh tentang strategi Instagram Marketing. Termasuk cara mengoptimalkan profil Anda, konten baik di feed dan Stories, kemudian menerapkan strategi penjualan yang sempurna. Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang blogger yang mendalami dunia SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2012 hingga saat ini dan terus belajar memahami perkembangan logaritma yang terus di update oleh Google.

Tinggalkan komentar