Facebook Ads Library: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Joko Warino

Facebook Ads Library

Facebook Ads Library merupakan fitur yang tersedia di Meta untuk memudahkan para penggunanya dalam memaksimalkan fungsi bisnis sosial media. 

Bagi Anda yang ingin maksimal dalam menjalankan sosial media marketing, fitur ini tentunya sangat membantu Anda dalam menghasilkan iklan berkualitas yang kompetitif dengan pesaing.

Penting!

“Menghasilkan iklan yang bagus perlu Anda lakukan dengan melihat sejauh mana kualitas iklan kompetitor Anda!”

Apa itu Facebook Ads Library?

Facebook Ads Library tool merupakan alat yang tersedia di Meta untuk melihat kumpulan iklan-iklan terbaru yang tayang di platform. Anda bisa melihat tayangan iklan berdasarkan kategori iklan dan kata kunci yang Anda pilih.

Fitur Facebook Ads Library ini sebenarnya masih terbilang baru. Rilis pada tahun 2019 yang pada mulanya untuk menjawab tuduhan skandal iklan politik pada pemilihan umum di Amerika Serikat.

Fitur ini pun rilis, sehingga public bisa langsung mengecek iklan-iklan di satu halaman untuk melakukan control.

Namun, seiring perkembangan waktu, kini orang memanfaatkan fitur ini untuk kebutuhan sosial media marketing. Iklan di sosial media Meta bisa Anda lihat secara langsung melalui fitur ini.

Termasuk bagi para pengguna yang membutuhkan informasi iklan tertentu yang mereka butuhkan.

Fitur Facebook Ads Library ini juga bisa menjadi alat untuk mendeteksi iklan-iklan negatif yang muncul di platform Meta termasuk Facebook.

Sebuah penelitian tentang skandal iklan jahat pada Pemilu Amerika Serikat merekomendasikan transparansi iklan yang lebih di fitur Facebook Ads Library untuk menjamin keamanan iklan berkampanye yang lebih sehat.

Fungsi Facebook Ads Library

Fungsi Facebook Library kali ini akan kita lihat dari perspektif bisnis. Apa perlunya menggunakan fitur ini untuk mengelola iklan di sosial media Anda?

Begini, Anda perlu tahu tentang keunggulan fitur ini untuk membantu strategi Anda membuat iklan di Facebook atau sosial media lainnya.

Ya, selain Facebook Ads Library, tersedia juga Instagram Ads Library. Di sini Anda bisa melihat tampilan iklan-iklan yang sedang tayang di platform tersebut sesuai dengan kategori pencarian yang Anda masukkan.

Lalu apa gunanya untuk bisnis Anda?

1. Menganalisis Iklan Kompetitor

Saat akan memasang iklan di Facebook atau Instagram, sebaiknya Anda membuka lebih dulu perpustakaan iklan tersebut.

Di sini Anda bisa melihat seperti apa iklan dari pesaing Anda, kapan tayangnya, konten apa yang tampil, bagaimana popularitas iklan tersebut, dan lainnya.

Dengan begitu Anda bisa membuat sesuatu yang berbeda, iklan yang tentunya lebih baik dari pesaing Anda.

Singkat kata, jika ingin membuat iklan yang lebih bagus dari competitor Anda, Anda bisa memantaunya lebih dulu di perpustakaan iklan yang tersedia.

Dalam hal menganalisis iklan dari competitor ini, ada beberapa hal yang bisa Anda perhatikan penyajiannya.

Apa saja?

  • Visualisasi iklan.
  • Copywriting dari iklan.
  • Tanggal penayangan iklan tersebut.
  • Jenis konten dan platform penayangan yang jadi pilihan.

Data tersebut akan membantu Anda menghasilkan sebuah iklan bisnis yang lebih baik dari competitor. Namun, jangan lupa juga perhatikan selera konsumen. Cara ini tentunya akan membantu Anda menghasilkan iklan yang memikat daya tarik konsumen baik secara rasional maupun emosional.

2. Mencari Ide Iklan

Bingung mau merancang iklan seperti apa untuk bisnis Anda? Bisa melihat apa yang sudah tersedia di perpustakaan Facebook lebih dulu.

Setelah Anda melihat apa yang orang sajikan dalam tayangan iklannya, maka Anda bisa membuat inovasi iklan dari ide-ide tersebut. Anda bisa mengembangkan ide sendiri setelah melihat tayangan-tayangan kompetitor yang ada.

3. Manfaat untuk Konsumen

Business Facebook Ads Library juga bermanfaat bagi Anda sebagai konsumen. Melalui fitur ini Anda bisa menemukan informasi iklan yang Anda butuhkan.

Misalnya Anda sedang mencari informasi iklan tentang pelatihan tertentu, produk tertentu, iklan bisnis, politik atau yang lainnya, cukup dengan membuka perpustakaan iklan yang ada, Anda akan menemukan banyak ide dan informasi.

Cara Menggunakan Facebook Ads Library

Bagaimana cara menggunakan Facebook Ads Library untuk membantu analisis iklan competitor, atau Anda sekadar ingin mencari referensi iklan untuk kebutuhan pribadi? Berikut panduannya:

1. Buka Facebook Ads Library

Facebook Ads Library

Langkah pertama Anda bisa langsung membuka Facebook Ads Library. Akan muncul menu pencarian iklan yang bisa Anda pilih negaranya dan kategori iklan yang Anda ingin cari.

2. Masukkan Kategori Iklan dan Kata Kunci

Setelah halaman terbuka, Anda bisa langsung memasukkan kategori iklan dan kata kunci di kolom yang tersedia, lalu tekan enter. Akan muncul daftar iklan sesuai dengan kategori dan kata kunci yang sudah Anda masukkan.

3. Atur Filter dan Impresi

Selanjutnya, untuk memudahkan analisis iklan yang ada, Anda bisa melakukan filter pencarian. Ada banyak item yang bisa Anda filter, seperti bahasa, wilayah, pengiklan, jenis media, platform, waktu tayang dan sebagainya.

Kemudian, pada menu impresi, Anda bisa mengatur tampilan dari impresi yang rendah ke tinggi atau sebaliknya.

Cara ini akan membuat Anda tahu sejauh mana impresi dari iklan pesaing berdasarkan kualitas iklan yang tersaji.

4. Penyimpanan Pencarian

Facebook Ads Library extension ini hasil pencariannya juga bisa Anda simpan. Cara ini bisa memudahkan Anda untuk melihat apa yang sudah Anda cari tanpa harus melakukan pencarian ulang.

Selain itu, tersedia juga pilihan menu ekspor CSV yang akan membantu Anda mendapatkan data yang lebih terdokumentasi.

Bagi Anda yang ingin lebih mudah dalam mengakses Facebook Ads Library ini bisa langsung memasang ekstensions yang bisa Anda  tampilkan di Chrome.

Bagaimana Riset Iklan di Facebook Ads Library untuk Bisnis Anda?

Sekarang bagaimana caranya memanfaatkan perpustakaan iklan di Facebook tersebut untuk membuat iklan produk Anda? Cara konkretnya begini:

  • Masukkan kata kunci dari iklan bisnis Anda.
  • Cari iklan competitor dan kumpulkan data informasi lengkapnya.
  • Perhatikan pesan apa yang ada pada iklan competitor, dari sini Anda akan belajar membuat iklan yang lebih kreatif.
  • Cek durasi iklan setiap competitor berapa lama tayangnya. Nah, di sini Anda bisa memainkan strategi bagaimana agar iklan Anda bisa berada di waktu yang tepat publikasinya.
  • Perhatikan juga bagaimana competitor Anda membangun landing page.
  • Sekarang cobalah merancang iklan produk Anda dengan konten dan penyajian yang kreatif. Jangan mengulangi kesalahan iklan yang sudah terjadi pada competitor Anda. Lihat iklan dengan impresi yang bagus seperti apa untuk rujukan membuat iklan berkualitas.

Bagaimana menurut Anda tentang perpustakaan iklan Facebook ini? Meta tak hanya menyajikan perpustakaan iklan di Facebook, tetapi tentunya hal serupa juga bisa Anda temukan di Instagram.

Pada dasarnya semua fitur tersebut dapat Anda manfaatkan untuk membantu upaya digital marketing melalui media sosial.

Fitur bisnis yang tentunya akan menjadi alternatif strategi Anda membangun dan meningkatkan pengunjung pada website hingga berakhir dengan closing jualan.

Facebook Ads Library memberikan kemudahan untuk Anda melakukan manajemen iklan yang efektif. Lejitkan marketing digital Anda dengan menggunakan fitur perpustakaan di Facebook.

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang blogger yang mendalami dunia SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2012 hingga saat ini dan terus belajar memahami perkembangan logaritma yang terus di update oleh Google.

Tinggalkan komentar