7+ Cara Meningkatkan Page Authority yang Benar

Mengelola website artinya Anda harus memfokuskan perhatian Anda dalam membangun skor website yang lebih baik terutama skor page authority website itu sendiri.

lantas, bagaimana cara meningkatkan page authority yang benar? Simak penjelasannya di sini.

Apa Itu Page Authority?

Page Authority (PA) adalah penilaian yang diciptakan dan dikembangkan oleh Moz.

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memprediksi kemungkinan ranking suatu halaman website pada SERP (search engine result page).

Berdasarkan Moz sendiri page authority dinilai dengan angka mulai dari 1 hingga 100.

Dimana dengan semakin tinggi skor page authority suatu halaman website maka besar peluang untuk menduduki posisi teratas.

Dengan semakin bagus peringkat website Anda ini sama dengan menunjukkan betapa kredibel website dan betapa berkualitas konten yang ada pada website Anda.

Konten yang tidak berkualitas sudah pasti memiliki kunjungan situs yang sedikit, hal ini mempengaruhi nilai skor PA yang semakin rendah.

Berbeda dengan Domain Authority (DA) yang memprediksi pada level domain, Page Authority sendiri melakukan prediksi berdasarkan pada level halaman.

Singkatnya, skor page Authority ini menandakan kekuatan atau profil link  yang lebih banyak dibandingkan dengan lainnya.

Jadi, bisa dikatakan skor Page Authority sebenarnya relatif.

Inilah Cara Meningkatkan Page Authority yang Harus Anda Tahu!

Dalam meningkatkan page authority, Anda bisa melakukannya dengan berbagai cara, di mana antaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Buat Konten yang Berkualitas

Langkah awal yang bisa Anda lakukan dalam meningkatkan page authority adalah dengan membuat konten berkualitas.

Dalam membuat  konten berkualitas Anda tidak bisa sembarang tulis saja, butuh melakukan riset data terlebih dahulu sehingga konten tersebut berisi informasi yang lengkap, jelas dan dipercaya.

Hal ini akan membuat si pengguna menilai konten Anda berkualitas.

Tentunya dengan semakin berkualitas konten tersebut, website Anda bisa memiliki peluang besar untuk menjadi referensi website lain bahkan mungkin dapat membuat guest post, artikel Anda dibuat di platform orang lain dan memasukan backlink situs website Anda dengan tujuan situs Anda sebagai wewenang yang tinggi untuk seputar topik tersebut..

Semakin banyak orang yang melakukan hal tersebut, penilaian website Anda akan menjadi salah satu website terpercaya.

2. Memanfaatkan RSS  Feeds

Cara selanjutnya untuk meningkatkan Page Authority adalah dengan menggunakan RSS Feeds.

RSS (really simple syndication) ini mengacu pada file XML  yang dapat dibaca oleh komputer secara mudah.

Tipe file ini dapat memperbarui informasi dengan otomatis.

Hal ini akan memberikan UX yang baik bagi penggunanya, sebab dapat melihat konten atau membaca informasi situs website Anda dengan lebih mudah.

3. Buat Kategori/Navigasi yang Jelas

Hal yang tidak kalah penting untuk meningkatkan page authority adalah dengan membuat struktur website yang SEO Friendly salah satunya membuat kategori atau navigasi yang jelas.

Hal ini dapat memberikan kemudahan bagi pengguna dalam mencari hal yang dibutuhkannya.

Alih-alih mengetikkan satu per satu ke dalam kolom pencarian, pengguna dapat membuka kategori tertentu yang diinginkannya untuk mencari konten yang ingin dikunjungi atau dibaca.

Contohnya kategori pemasaran maka isi kategori tersebut mencakup pada promosi, penjualan dan lain sebagainya.

4. Bangun Link ke Halaman Optimasi

Cara lain yang dapat Anda lakukan dalam meningkatkan Page Authority adalah dengan membangun link.

Link building yang dimaksud ini berupa backlink yang berasal dari situs lain ke konten yang ada di situs website Anda.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika Anda membuat konten yang berkualitas, maka seiring waktu pasti akan ada situs lain yang menggunakan konten Anda sebagai acuan konten yang dibuatnya sehingga ia memasukan link yang mengarah pada situs website Anda.

Oleh sebab itulah, penting untuk membuat konten yang berkualitas.

Setiap link di website sama (internal link) atau website berbeda (backlink) disebut sebagai vote untuk halaman yang dioptimasi.

Di mana vote ini menjadi bukti bahwa halaman tersebut bernilai dan penting untuk halaman lain.

Menariknya, link ini mampu mengarahkan grafik visitor ke halaman yang dioptimasi jika berasal dari halaman yang  memiliki banyak pengunjung.

Halaman dengan trafik visitor yang tinggi menjadi tanda baik untuk mesin telusuri.

Singkatnya membangun link langsung ke halaman yang  dioptimasi sangat penting untuk page authority.

Baca Juga : Kriteria Backlink Berkualitas

5. Distribusi Link Juice

Selanjutnya cara meningkatkan page authority adalah dengan menggunakan strategi link juice atau istilahnya link equity yang merupakan bagian nilai SEO yang diteruskan atau dikirimkan dari halaman web ke halaman web lain.

Link juice menjadi faktor  yang sangat mempengaruhi posisi peringkat halaman web di hasil pencarian  mesin telusur (SERP).

Di mana untuk meneruskan atau transfer  link juice ini ke halaman yang dioptimasi bisa dilakukan melalui backlink atau internal link.

Anda harus memastikan internal link dan backlink berasal dari halaman web yang memiliki skor PA (Page Authority) yang lebih tinggi, bernilai dofollow serta memiliki topik yang relevan.

Dengan ini halaman web yang dioptimasi dapat menerima banyak link juice.

Sebab, topik  yang relevan dapat mendorong  penguat sinyal lain, menurunkan bounce rate bahkan dapat menambah jumlah pageviews.

6. Bersihkan Link Rusak atau Berbahaya

Meskipun membangun link dianggap hal yang sangat penting, tetapi jika Anda mendapatkan link yang rusak ini sama saja membuat performa website Anda menjadi rendah dan fatalnya berakhir pada penilaian kredibel website Anda.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk membersihkan tautan yang rusak dari website Anda.

Di mana Anda perlu melakukan inspeksi serta menghapus maupun mengubah jika menemukan broken link (link rusak) serta link yang dianggap berbahaya.

Tautan spam atau tautan yang tidak berkualitas dapat menurunkan otoritas peringkat halaman atau PA bahkan fatalnya Anda bisa mendapatkan penalti dari Google.

Maka solusinya adalah dengan meminta Google untuk menghapus tautan eksternal yang memiliki kualitas buruk ke halaman website Anda.

Adapun link yang harus diwaspadai dan patut Anda tolak ialah tautan yang berasal dari web dengan niche yang melanggar hukum dan tidak pantas.

Anda bisa mengandalkan Google Disavow Tool untuk membersihkan tautan buruk dari website Anda atau dengan menggunakan tool Meet  Link Explorer, Majestik SEO dan Google Search  Console untuk mengenali link sehingga Anda dapat melakukan link audit.

7. Bangun Domain Authority

Domain authority atau otoritas domain memiliki keterikatan erat dengan page authority, sebab keduanya merupakan metric yang dikembangkan oleh moz, tetapi dengan cara penekanan yang berbeda.

Di mana page authority memiliki guna untuk memprediksi peringkat pada level halaman web, sedangkan domain authority pada level domain.

Maka dengan ini saat Anda membangun domain authority maka secara keseluruhannya page Authority akan secara otomatis ikut meningkat.

Itulah mengapa membangun skor domain authority yang baik hampir sama dengan meningkatkan authority, contoh sederhananya membuat konten berkualitas dan membangun link yang baik.

Setidaknya itulah 7 tips yang bisa Anda usahakan untuk membuat page authority website Anda memiliki penilaian skor yang lebih tinggi.

Dengan melakukan peningkatan page authority di atas dengan benar, Anda bisa mendapatkan penilaian yang bagus dengan cepat.

Cara Mengecek Skor PA (Page Authority)

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara meningkatkan angka page authority maka selanjutnya Anda harus tahu bagaimana cara mengecek skor page authority.

Pada dasarnya melakukan cek skor page authority dapat dilakukan dengan sejumlah tool link explorer, mozbar atau dengan menggunakan tool SEO Review.

Lalu bagaimana caranya? Sangat mudah, berikut contoh langkah melakukan cek skor PA dengan tools SEO Review:

  • Pertama silahkan Anda membuka SEO Review Tools melalui perangkat Anda (komputer ataupun laptop).
  • Selanjutnya masukkan alamat website (URL) yang ingin Anda periksa, kemudian klik tombol Perform Check

  • Silahkan tunggu hingga waktu loading selesai, di sini Anda bisa melihat skor nilai PA website Anda dengan jelas.

Dengan tiga langkah tersebut Anda bisa melakukan cek skor page authority dengan jelas.

Akan lebih mudah lagi jika Anda mengandalkan tool dari developernya langsung yakni dengan menggunakan MozBar maupun fitur Link Explorer Moz.

Dengan menggunakan Mozbar Anda bisa melakukan deteksi pada semua website yang muncul, melihat nilai skor PADA suatu website tertentu dengan lebih mudah dan praktis.

Lalu, Sebetulnya Berapa Nilai Skor Page Authority Itu?

Seperti yang disebutkan di atas, bahwasannya page authority ini adalah relatif, yang artinya skor PA berarti relative.

Nilai PA 50 pada suatu website belum tentu bagus untuk Anda jika competitor yang memiliki kata kunci sama memiliki PA yang  lebih tinggi.

Maka dengan ini, bisa disimpulkan bahwasanya skor penilaian PA bagus atau tidaknya tidak berdasarkan pada angka, melainkan keketatan persaingan dengan para kompetitor di SERP.

Oleh sebab itu, Anda harus berusaha keras agar website Anda memiliki nilai page authority yang lebih tinggi daripada kompetitor lainnya.

Jika Anda memiliki skor PA yang lebih tinggi dari competitor Anda, maka artinya Anda sudah berada selangkah lebih maju dari mereka para competitor.

Sisanya,  Anda tinggal melakukan optimasi lain sehingga halaman Anda benar-benar dapat tampil secara maksimal di SERP.

Kesimpulan

Page Authority merupakan skor penilaian yang memprediksi pada level halaman.

Di mana skor PA memungkinkan dalam menentukan seberapa  besar peluang halam website tersebut berada di peringkat  tinggi dalam mesin pencarian.

Nilai page authority sendiri dapat ditingkatkan dengan melalui berbagai cara seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Maka dengan demikian, penilaian skor page authority ditentukan oleh kualitas konten yang dibuat pada website, building link seperti backlink atau internal link,  nilai skor DA (domain Authority) hingga hal detail seperti struktur website itu sendiri.

Harus Anda ingat kembali, bagus tidaknya skor PA tidak bergantung pada angka melainkan pada seberapa maju Anda dari kompetitor lainnya.

Demikianlah pembahasan mengenai cara meningkatkan page authority dengan baik. Ini sangat bagus untuk dilakukan agar bisa mendapatkan manfaat website yang lebih baik.

Tinggalkan komentar