Secara singkat, pakar SEO merupakan orang-orang yang menguasai teknik SEO.
Sementara itu, SEO adalah proses optimasi berbagai elemen website dan konten agar dapat muncul pada peringkat atas suatu mesin pencari, seperti Google.
Siapa saja dapat menjadi seorang ahli dalam bidang SEO.
Bagaimana caranya?
Apa saja skill atau kemampuan yang harus dimiliki seorang pakar SEO?
Simak langsung informasi lebih lengkap melalui artikel ini!
Apa Itu Pakar SEO?
Pakar SEO adalah seorang ahli yang memiliki kemampuan untuk melakukan analisis, meninjau, memperbaiki, dan meningkatkan kinerja SEO suatu situs website termasuk konten-konten di dalamnya.
Kenapa SEO harus diperhatikan dan ditingkatkan?
SEO yang baik dan berkualitas memiliki manfaat sangat besar untuk menjangkau lebih banyak dan luas target bisnis suatu perusahaan.
Selain itu, SEO yang baik juga bisa membuat suatu website berada pada peringkat pertama mesin pencari.
Nantinya, website tersebut pastinya memiliki kesempatan lebih besar untuk diakses oleh para pengguna internet.
Semakin banyak pengunjung website, maka semakin besar pula tujuan bisnis dapat dicapai, seperti meningkatkan branding, meningkatkan penjualan, dan lain sebagainya.
Oleh karena itu, pakar SEO memiliki peranan yang sangat penting dan banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan di berbagai jenis bidang.
Secara umum, ada yang membagi menjadi dua jenis atau golongan yaitu pakar white hat dan pakar black hat.
Metode apa yang digunakan oleh pakar SEO black hat?
Pakar black hat merupakan ahli yang menggunakan kemampuannya untuk memanipulasi mesin pencari agar berada website di ranking atas.
Metode atau teknik yang dilakukan oleh pakar black hat tidak akan membuat website bertahan lama di posisi puncak, selain itu metode yang digunakan akan berdampak buruk pada website dalam jangka waktu panjang.
Pakar white hat adalah seorang ahli yang menggunakan kemampuannya untuk meningkatkan kualitas website dengan metode tertentu.
Pakar white hat memiliki kualitas pekerjaan yang bagus dan sering dipekerjakan oleh perusahaan-perusahaan besar.
Ahli SEO ini bahkan mampu memberikan dampak positif jangka panjang untuk website perusahaan.
Pakar white hat mampu menyesuaikan website dengan algoritma mesin pencari yang sering berubah-ubah atau update.
Selain bekerja secara terikat di perusahaan-perusahaan ternama, pakar SEO juga bisa bekerja bebas atau freelance dengan membuka jasa SEO.
Para pemilik website yang ingin menggunakan jasanya tentu saja harus mengeluarkan biaya tertentu.
Baca Juga : Apa itu SEO?
Tugas dan Tanggung Jawab Pakar SEO
Apa sebenarnya tugas dan tanggung jawabnya?
Tugas dan tanggung jawab pastinya berhubungan erat dengan komponen dan teknik-teknik SEO.
Berikut ini rincian tugas dan tanggung jawab seorang pakar SEO, yaitu:
- Mengoptimalkan website di mesin pencari.
- Meningkatkan traffic website.
- Merancang teknis untuk mengembangkan SEO suatu perusahaan.
- Melakukan analisis website berdasarkan sudut pandang user dan mesin pencari.
- Memastikan semua konten website sudah teroptimasi dengan maksimal pada beragam platform.
- Melakukan promosi website secara onsite maupun off site.
- Membuat laporan tentang kinerja website setiap bulannya.
- Melakukan audit website terutama audit SEO website.
- Selalu update dan memahami tentang algoritma mesin pencari, seperti Google.
- Menyesuaikan kembali SEO website ketika ada perubahan pada algoritma mesin pencari.
- Menangani semua hal yang berhubungan dengan SEO website.
Keuntungan dan Manfaat Menjadi Pakar SEO
Di era serba digital seperti ini, ternyata banyak orang yang tertarik untuk menjadi seorang ahli atau pakar di bidang SEO.
Memangnya, apa saja keuntungan dan manfaatnya?
Berikut ini beberapa keuntungan yang dapat diperoleh seorang ahli SEO, yaitu:
- Memiliki peluang atau kesempatan mendapatkan karir di berbagai jenis bidang perusahaan.
- Dapat membuka jasa SEO sendiri sebagai bisnis online yang menguntungkan.
- Mampu meningkatkan traffic website.
- Mampu melakukan analisis website dengan baik.
- Memiliki peluang menjadi manajer pemasaran yang andal.
Selain itu, masih banyak keuntungan yang bisa diperoleh ketika memilih untuk menjadi pakar yang andal.
Peluang usaha atau karier juga diprediksi akan selalu meningkat seiring perkembangan teknologi digital yang terjadi saat ini dan di masa depan.
Skill yang Harus Dimiliki oleh Pakar SEO
Semua orang sebenarnya memiliki kesempatan untuk menjadi pakar SEO asalkan bersedia untuk belajar dan meningkatkan kemampuan.
Memangnya apa saja kemampuan atau skill yang harus dimiliki oleh seorang spesialis SEO?
Berikut ini beberapa skill atau kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang pakar SEO, yaitu:
1. Analisis dan Audit Situs Website Secara Detail
Skill atau kemampuan utama yang harus dimiliki oleh pakar SEO adalah kemampuan dalam melakukan analisis.
Hal ini karena pekerjaannya pasti berhubungan dengan berbagai jenis data.
Ia harus bisa membaca, memahami, menafsirkan, dan membuat keputusan berdasarkan data yang disajikan.
Data yang dimaksud biasanya berupa data analisis website, seperti kecepatan website, mobile friendly, SEO, error, broken link, dan berbagai jenis data lainnya.
Data tersebut dapat diperoleh melalui audit situs website menggunakan berbagai jenis tools atau alat.
Seorang pakar SEO memang harus memiliki kemampuan dalam audit situs website.
Audit tersebut dilakukan untuk menemukan kesalahan dan melihat performa suatu website dalam periode waktu tertentu.
Hasilnya dapat digunakan untuk meningkatkan performa website.
2. Kemampuan Riset dan Melakukan Optimasi
Selain kemampuan analisis, juga harus memiliki kemampuan dalam riset dan optimasi.
Riset yang dimaksud berupa riset keyword atau kata kunci, riset kompetitor, riset tren yang sedang berkembang, dan lain sebagainya.
Setelah melakukan riset dan melakukan analisis terhadap hasil riset, maka harus mampu melakukan optimasi.
Artinya, pakar SEO melakukan berbagai cara atau teknik untuk meningkatkan performa website agar maksimal sesuai hasil riset yang telah dilakukan.
Baca Juga : Panduan Optimasi SEO Off Page Untuk Tingkatkan Traffic Website!
3. Memahami Algoritma dari Mesin Pencari
Algoritma mesin pencari seperti Google sering kali mengalami perubahan secara berkala.
Terkadang perubahan hanya terjadi sedikit dan tidak terlalu mempengaruhi website, sehingga performa website masih bagus atau sesuai dengan algoritma yang mengalami perubahan.
Namun, algoritma mesin pencari terkadang berubah dengan pesat, sehingga kondisi website sudah tidak lagi sesuai dengan algoritma tersebut.
Akibatnya, performa website akan dianggap menurun. Lalu, apa yang harus dilakukan?
Di sinilah peran seorang pakar yang harus selalu mencari tahu dan update tentang algoritma mesin pencari.
Selain itu, juga harus mampu memahami algoritma terbaru dari mesin pencari tersebut.
Hasil pemahaman algoritma baru menjadi dasar bagi pakar SEO untuk kembali memperbaiki atau meningkatkan kualitas SEO website.
Tujuannya agar SEO website bisa kembali sesuai dengan mesin pencari dan dianggap memiliki kualitas yang baik oleh mesin pencari.
4. Membuat Konten Website Berkualitas Sesuai SEO
Skill atau kemampuan wajib yang harus dimiliki oleh pakar SEO adalah kemampuan dalam writing atau menulis.
Hal ini karena SEO sangat berhubungan erat dengan konten tulisan atau artikel di dalam suatu website.
Sebenarnya, konten artikel website dapat ditulis oleh SEO writer, tetapi seorang pakar SEO harus menguasainya juga.
Tujuannya agar dapat berkoordinasi dengan SEO writer demi meningkatkan atau mengoptimasi konten yang dibuat.
Secara ringkas, pakar SEO harus memahami alur content writer. Alur tersebut berupa tahapan riset, brainstorming, writing, editing, dan publish.
Dan juga harus memahami setiap komponen atau aspek SEO pada suatu artikel website.
5. Keterampilan di Bidang Teknologi Informasi
Seorang pakar SEO juga harus memiliki keterampilan di bidang teknologi informasi.
Hal ini karena pekerjaanya sangat berhubungan erat dengan berbagai tools teknologi informasi digital yang kini semakin berkembang.
Pakar SEO setidaknya harus paham tentang pembuatan website, pengaturan website, aneka platform digital, HTML, CSS, basic coding, berbagai bahasa pemrograman, sistem operasi, dan berbagai teknologi informasi digital lainnya.
Selain itu, juga harus ahli dalam menggunakan atau mengoperasikan berbagai alat atau tools SEO.
Berikut ini beberapa pengelompokan tools SEO yang harus dikuasai, yaitu:
- Tools untuk melakukan riset, seperti Ubersuggest dan Ahrefs.
- Tools untuk melakukan optimasi, seperti Yoast SEO dan Google PageSpeed Insight.
- Tools untuk melakukan monitoring performa SEO, seperti Semrush dan WooRank.
- Tools untuk melakukan semua analisis, seperti Ahrefs dan Semrush.
Selain itu, masih banyak tools yang harus dikuasai oleh seorang pakar atau ahli SEO.
Misalnya, Google Trends, Google Analytic, Keytools, Google Search Console, Google Keyword Planner, dan berbagai tools SEO lainnya.
Masing-masing tools SEO memiliki kemampuan dan karakteristik tersendiri, sehingga ahli SEO harus mempelajarinya secara detail satu per satu.
Selain itu, sebaiknya berlangganan berbagai tools tersebut agar memperoleh hasil analisis yang lebih detail atau rinci.
6. Kemampuan Manajemen Klien
Seorang pakar harus memiliki kemampuan manajemen klien.
Jika pakar SEO bekerja pada perusahaan tertentu, maka ia harus bisa memahami tujuan dari perusahaan.
Sementara, ketika bekerja secara freelance, maka ia harus memiliki kemampuan untuk menarik perhatian klien.
Tujuannya agar klien mempercayai dan menggunakan jasa SEO profesional yang ditawarkannya dalam jangka waktu panjang.
Oleh karena itu, pakar SEO juga harus isa membuat portofolio yang menarik, memikat klien dengan berbagai testimoni, dan sekaligus menjadi customer service yang handal.
Berapa Besarnya Harga Jasa Pakar SEO?
Jasa pakar SEO kini semakin banyak diminati terutama oleh pemilik website yang masih kurang ahli dalam bidang SEO.
Selain itu, jasa pakar SEO juga sering digunakan oleh para pemilik website yang memiliki waktu terbatas dalam mengembangkan website miliknya.
Masing-masing jasa menerapkan biaya atau tarif khusus bagi pelanggan yang ingin mendapatkan bantuan dan konsultasi dengan mereka.
Harga jasa biasanya berbentuk paket-paket tertentu.
Berapa tarif yang harus dikeluarkan untuk menggunakan jasa pakar SEO?
Rata-rata menawarkan jasanya dengan harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah setiap bulannya.
Harga tersebut tergantung spesifikasi jasa atau konsultasi SEO yang ditawarkan.
Semakin berkualitas dan lengkap teknik SEO yang digunakan untuk meningkatkan kualitas website, maka harga jasa SEO tentu saja akan semakin tinggi.
Namun, hasil yang diberikan pun tentu saja akan sebanding atau sangat berkualitas.
5+ Tips Memilih Pakar SEO dengan Tepat
Bagaimana cara memilih jasa pakar SEO yang tepat diantara banyaknya pilihan?
Berikut ini beberapa tips yang dapat digunakan untuk memilih dan menemukan pakar SEO dengan tepat, yaitu:
1. Cari Tahu Dulu Detail Jasa dari Pakar SEO
Tips pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu informasi detail tentang jasa yang ditawarkan.
Informasi tersebut dapat diperoleh melalui internet atau langsung ke pelanggan sebelumnya.
Anda juga harus melihat detail portofolio yang dimiliki oleh seorang pakar SEO.
Jangan lupa cari tahu informasi tentang detail paket-paket jasa SEO yang ditawarkan beserta dengan harga dan periode waktu jasa tersebut.
2. Bandingkan Jasa Satu dengan Jasa Lainnya
Ingatlah untuk mencari lebih dari satu jasa pakar SEO terlebih dahulu.
Kemudian, bandingkan satu jasa dengan jasa lainnya.
Hal yang bisa dibandingkan mulai dari pengalaman, kinerja, spesifikasi jasa, layanan, harga, dan lain sebagainya.
Setelah membandingkannya, maka Anda bisa mendapatkan pilihan pakar yang terbaik dibandingkan dengan jasa lainnya.
3. Sesuaikan Harga dengan Budget Anda
Jasa SEO yang diberikan oleh seorang pakar tentu saja dapat dinikmati dengan membayar harga tertentu.
Tarif masing-masing jasa SEO tentu saja berbeda-beda tergantung berbagai faktor yang mempengaruhinya.
Pastikan untuk memilih jasa yang menawarkan harga sesuai rencana budget atau anggaran.
Jangan sampai memaksakan untuk memilih jasa SEO yang tarifnya jauh lebih besar dari pada budget yang dimiliki karena pastinya akan terasa memberatkan.
4. Pilih Sesuai dengan Kebutuhan Website
Kebutuhan masing-masing website tentu saja berbeda-beda agar performa-nya dapat meningkat.
Anda harus memahami kebutuhan SEO website sebelum memutuskan untuk menggunakan atau memilih satu jasa SEO.
Pastikan jasa SEO yang dipilih memang dapat melakukan tugasnya untuk meningkatkan performa website sesuai kebutuhannya.
Jika merasa bingung, maka sebaiknya coba lakukan konsultasi atau diskusi dengan ahli SEO untuk mengetahui kebutuhan website.
5. Pilih yang Profesional dan Terpercaya
Tips terakhir yang tidak kalah penting adalah memilih jasa SEO profesional dan terpercaya.
Artinya, apabila sudah memiliki banyak pengalaman dalam melakukan analisis, memperbaiki, atau meningkatkan berbagai jenis website.
Ketika pakar SEO sudah profesional dan berpengalaman pastinya pekerjaan yang dilakukannya bisa lebih cepat.
Selain itu, proses meningkatkan performa website juga akan semakin efektif dan efisien dengan hasil yang cepat terlihat.
Anda juga harus memilih ahli SEO yang terpercaya.
Artinya, harus memiliki komitmen untuk membantu dalam melakukan analisis hingga perbaikan website agar performa website meningkat.
Pastikan juga untuk ikut serta dalam melakukan perbaikan atas saran-saran dari pakar SEO.
Penutup
Pakar SEO merupakan seorang ahli yang memiliki kemampuan untuk menganalisis dan meningkatkan SEO pada website beserta konten di dalamnya dalam mencapai tujuan tertentu.
Jasa pakar SEO banyak digunakan oleh perusahaan atau pemilik situs website lainnya.
Masing-masing jasa tersebut memiliki tingkat kemampuan yang berbeda-beda, sehingga Anda harus memilih jasa SEO dengan tepat.