Review Qwords 2024: Berdasarkan Penggunaan Selama 15 Bulan, Baguskah?

Joko Warino

Review Qwords 2024 Berdasarkan Penggunaan Selama 15 Bulan, Baguskan

Siapa di sini ingin berbisnis atau mendapatkan penghasilan dari Website?. Qwords bisa diandalkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Namun sebelum itu, ada baiknya untuk mengetahui hasil review yang Kami lakukan secara lengkap terlebih dahulu.

Dalam rangka memudahkan para calon pelanggan Qwords, pada artikel kali ini akan dibahas banyak hal mengenai hosting tersebut, mulai dari kecepatan akses, kestabilan server, dan berbagai fitur unggulan lainnya.

Mengetahui hal-hal yang akan disampaikan di sini bisa sangat membantu Anda untuk menentukan apakah Qwords menjadi web hosting paling sesuai dengan kebutuhan atau justru malah sebaliknya.

Sekilas Mengenai Qwords

Qwords merupakan salah satu perusahaan penyedia hosting yang berdiri pada tahun 2005. Perusahaan ini bentuk oleh Rendy Maulana yang saat itu masih menempuh pendidikan di Institut Teknologi Bandung.

Ide pembuatannya tercetus ketika Rendy ingin memiliki sebuah perusahaan yang bisa membantu teman-teman kuliahnya meski internet belum berkembang cukup baik di Indonesia.

Di tahun 2005, internet sendiri mulai merambah pada perkembangan sosial media yang ternyata sangat menarik perhatian masyarakat. Tidak disangka-sangka, Qwords juga mendapatkan perhatian khusus dari khalayak ramai.

Awal-awal perkembangannya, Qwords memberi pelayanan berupa web hosting dan penyedia nama domain saja. Meskipun begitu, ternyata perkembangan Qwords kian pesat. Kemudian pada November 2011, pendirinya mulai membuat PT yang bernama PT Qwords Company.

Hingga kini, pengguna aktifnya tercatat sudah mencapai lebih dari 50.000. Padahal, di awal pendiriannya hanya menyasar segmen mahasiswa dan para pelaku bisnis online skala kecil.

Rangkuman Data Review Qwords

Berdasarkan data yang terangkum dalam jangka waktu Januari 2023 hingga Maret 2024, didapatkan data Review Qwords.com sebagaimana penjelasan dalam tabel berikut ini:

RATING KAMI7,33/10
PAKET HOSTINGVCH 1 DirectAdmin
WEBSITE TESTjokowa-q.my.id
UPTIME SCORE99,82 % (Januari 2023 – Maret 2024)
AVG. SPEED1160,2 ms (Januari 2023 – Februari 2024)
SUPPORT RATING10/10
HARGAMulai Rp25.000/bulan
GARANSIGaransi uang kembali 30 hari
LOKASI SERVERIndonesia dan Singapura

Paket Hosting Qwords

Layanan PT Qwords tidak hanya terbatas pada hosting saja melainkan juga cloud dan data center. Di Indonesia, perusahaan terkait sudah memiliki 4 cabang besar, mulai dari Bandung, Jakarta, Surabaya, dan Yogyakarta.

Variasi layanan yang Qwords sediakan bertujuan untuk menjawab kebutuhan khalayak luas terhadap sebuah hosting web yang kian beragam. Dengan begitu, pengguna lebih mudah mencapai tujuan dari pembangunan web yang mereka kelola.

Namun kami hanya membahas mengenai paket hosting yang ditawarkan. Setidaknya terdapat 6 jenis paket hosting seperti : Cloud Hosting Lite, Cloud Hosting Enterprise, Cloud Hosting Pro, Cloud Hosting WP, Flex WP dan Reseller Hosting.

Berikut penjelasan lengkapnya :

1. Cloud Hosting Lite

Cloud Hosting Lite

Cloud Hosting Lite adalah layanan hosting yang menggunakan panel DirectAdmin dengan performa tinggi. Layanan ini menawarkan kapasitas penyimpanan besar.

Selain itu, pengguna juga mendapatkan domain gratis. Berbagai kelengkapan fitur lain juga tersedia dalam layanan ini. Dengan semua fitur ini, Cloud Hosting Lite menjadi pilihan ideal untuk kebutuhan hosting Anda.

Cloud Hosting Lite menawarkan 4 jenis paket hosting, yaitu :

  • Lite Starter : Memiliki CPU 0.5 Core, RAM 512 MB, Penyimpanan 5 GB, dan Gratis domain my.id. Anda bisa mendapatkan hosting ini dengan harga Rp 25.000/bulan.
  • Lite 1 : Memiliki CPU 1 GB, RAM 1 GB, Penyimpanan 20 GB, dan Gratis domain my.id. Anda bisa mendapatkan hosting ini dengan harga Rp 65.000/bulan.
  • Lite 2 : Memiliki CPU 2 GB, RAM 2 GB, Penyimpanan 40 GB, dan Gratis domain .com / .sch.id / .web.id / .biz.id / .ac.id / .or.id / ponpes.id / my.id. Anda bisa mendapatkan hosting ini dengan harga Rp 125.000/bulan.
  • Lite 3 : Memiliki CPU 3 GB, RAM 3 GB, Penyimpanan 60 GB, dan Gratis domain .com / .sch.id / .web.id / .biz.id / .ac.id / .or.id / ponpes.id / my.id. Anda bisa mendapatkan hosting ini dengan harga Rp 240.000/bulan.

2. Cloud Hosting Enterprise

Cloud Hosting Enterprise

Cloud Hosting Enterprise adalah paket cloud hosting dengan dedicated resource yang hanya digunakan oleh satu pengguna, sehingga memastikan performa website tetap stabil meskipun terjadi lonjakan traffic.

Paket ini dirancang untuk memberikan kinerja optimal bagi website yang memerlukan keandalan tinggi.

Dengan sumber daya yang didedikasikan, pengguna tidak perlu berbagi kapasitas dengan pengguna lain, mengurangi risiko penurunan performa.

Selain itu, Cloud Hosting Enterprise menawarkan fleksibilitas dalam pengelolaan sumber daya sesuai kebutuhan. Keamanan data juga ditingkatkan karena isolasi dari pengguna lain.

Oleh karena itu, solusi ini sangat ideal untuk bisnis yang membutuhkan performa dan keamanan yang maksimal.

Setidaknya ada 3 jenis paket yang di tawarkan pada Cloud Hosting Enterprise, yaitu :

  • Enterprise 1 : Memiliki CPU 2 Core, RAM 4 GB, Penyimpanan 60 GB, Bandwidth Unmetered dan Gratis .com / .sch.id / .web.id / .biz.id / .ac.id / .or.id / ponpes.id / my.id. And abisa mendapatkan hosting ini dengan harga Rp 1.900.000/bulan.
  • Enterprise 2 :  Memiliki CPU 4 Core, RAM 8 GB, Penyimpanan 140 GB, Bandwidth Unmetered dan Gratis .com / .sch.id / .web.id / .biz.id / .ac.id / .or.id / ponpes.id / my.id. Anda bisa mendapatkan hosting ini dengan harga Rp 2.300.000/bulan.
  • Enterprise 3 : Memiliki CPU 6 Core, RAM 16 GB, Penyimpanan 300 GB, Bandwidth Unmetered dan Gratis .com / .sch.id / .web.id / .biz.id / .ac.id / .or.id / ponpes.id / my.id. Anda bisa mendapatkan hosting ini dengan harga Rp 3.300.000/bulan.

3. Cloud Hosting Pro

Cloud Hosting Pro

Cloud Hosting Pro adalah layanan web hosting berbasis cPanel dengan performa tinggi yang dirancang khusus untuk bisnis profesional.

Layanan ini menawarkan kecepatan dan stabilitas yang diperlukan untuk menjaga website tetap responsif, bahkan saat menghadapi lonjakan trafik.

Dengan fitur cPanel yang user-friendly, pengguna dapat dengan mudah mengelola dan mengoptimalkan website mereka.

Selain itu, Cloud Hosting Pro menyediakan berbagai alat dan fitur tambahan yang membantu meningkatkan efisiensi dan keamanan.

Hal ini membuatnya menjadi pilihan ideal bagi bisnis yang menginginkan solusi hosting handal dan mudah digunakan.

Setidaknya terdapat 4 jenis paket hosting yang ditawarkan di Cloud Hosting Pro, yaitu :

  • Pro Starter : Memiliki CPU 0.5 Core, RAM 512 MB, Penyimpanan 10 GB, dan Gratis domain my.id. Anda bisa mendapatkan hosting ini dengan harga Rp 75.000/bulan.
  • Pro 1 : Memiliki CPU 1 Core, RAM 1 GB, Penyimpanan 20 GB, dan Gratis domain my.id. Anda bisa mendapatkan hosting ini dengan harga Rp 100.000/bulan.
  • Pro 2 : Memiliki CPU 2 Core, RAM 2 GB, Penyimpanan 40 GB, dan Gratis domain .com / .sch.id / .web.id / .biz.id / .ac.id / .or.id / ponpes.id / my.id. Anda bisa mendapatkan hosting ini dengan harga Rp 190.000/bulan.
  • Pro 3 : Memiliki CPU 3 Core, RAM 3 GB, Penyimpanan 60 GB, dan Gratis domain .com / .sch.id / .web.id / .biz.id / .ac.id / .or.id / ponpes.id / my.id. Anda bisa mendapatkan hosting ini dengan harga Rp 290.000/bulan.

4. Cloud Hosting WP

Cloud Hosting WP

Cloud Hosting WP adalah layanan hosting berbasis CMS WordPress yang menawarkan berbagai kemudahan pendukung di dalamnya.

Layanan ini sangat cocok untuk berbagai jenis website, termasuk toko online, ecommerce, profil perusahaan, blog personal, dan kebutuhan website dengan traffic menengah hingga tinggi.

Cloud Hosting WP juga dilengkapi dengan berbagai fitur khusus yang memudahkan pengelolaan website berbasis WordPress.

Selain itu, layanan ini menyediakan template premium Elementor Pro secara gratis, yang membantu pengguna untuk mendesain website mereka dengan lebih mudah dan profesional.

Terdapat 3 jenis paket yang ditawarkan di Cloud Hosting WP, yaitu :

  • WP 1 : Memiliki CPU 1 Core, RAM 1 GB, Kapasitas SSD 20 GB dan Free domain .com / .sch.id / .web.id / .biz.id / .ac.id / .or.id / ponpes.id / my.id. Anda bisa memiliki paket hosting ini dengan harga Rp 85.500/bulan.
  • WP 2 :
  • Memiliki CPU 2 Core, RAM 2 GB, Kapasitas SSD 40 GB dan Free domain .com / .sch.id / .web.id / .biz.id / .ac.id / .or.id / ponpes.id / my.id. Anda bisa memiliki paket hosting ini dengan harga Rp 162.000/bulan.
  • WP 3 :
  • Memiliki CPU 3 Core, RAM 3 GB, Kapasitas SSD 60 GB dan Free domain .com / .sch.id / .web.id / .biz.id / .ac.id / .or.id / ponpes.id / my.id. Anda bisa memiliki paket hosting ini dengan harga Rp 247.500/bulan.

5. Flex WP

Flex WP

Flex WP adalah hosting berbasis CMS WordPress yang menggunakan layanan Container.

Hosting ini menawarkan performa lebih cepat dibandingkan layanan tradisional. Pengguna dapat menikmati peningkatan kecepatan tanpa harus khawatir tentang keterbatasan add-on CPU dan RAM.

Selain itu, fleksibilitas yang ditawarkan oleh layanan ini memungkinkan pengguna untuk lebih mudah mengelola situs mereka.

Dengan Flex WP, pengguna mendapatkan solusi hosting yang handal dan efisien untuk kebutuhan WordPress mereka.

Flex WP memiliki beberapa jenis paket, yaitu :

  • Flex WP 1 : Memiliki CPU 1 Core, RAM 1 GB, Penyimpanan 10 GB, dan Gratis domain my.id. Anda bisa mendapatkan hosting ini dengan harga Rp 50.000/bulan.
  • Flex WP 2 : Memiliki CPU 2 Core, RAM 2 GB, Penyimpanan 20 GB, dan Gratis domain my.id. Anda bisa mendapatkan hosting ini dengan harga Rp 100.000/bulan.

6. Reseller Hosting

Reseller Hosting

Private Label Hosting Reseller adalah layanan dari Qwords dengan server yang berlokasi di Indonesia. Layanan ini merupakan layanan private label yang memungkinkan Anda memiliki nama perusahaan web hosting sendiri.

Anda akan mendapatkan Private Name Server, yaitu ns1.namadomainanda.com dan ns2.namadomainanda.com, serta kontrol penuh ke WHM (WebHost Manager) untuk memanage klien hosting.

Dengan adanya WebHost Manager Anda dapat menjalankan bisnis web hosting dengan identitas dan kontrol yang sepenuhnya independen. Layanan ini menawarkan solusi yang fleksibel dan profesional untuk reselling hosting.

Terdapat 3 jenis paket yang ditawarkan, diantaranya :

  • PVTR-A : Memiliki Disk Space 10 GB, Bandwith 500 GB dan bisa digunakan untuk 10 Akun. Paket ini bisa didapatkan dengan harga Rp 200.000/bulan.
  • PVTR-B : Memiliki Disk Space 20 GB, Bandwith 800 GB dan bisa digunakan untuk 20 Akun. Paket ini bisa didapatkan dengan harga Rp 385.000/bulan.
  • PVTR-C : Memiliki Disk Space 50 GB, Bandwith 1500 GB dan bisa digunakan untuk 50 Akun. Paket ini bisa didapatkan dengan harga Rp 950.000/bulan.

Kelebihan Menggunakan Qwords

Sebelum memutuskan untuk memilih layanan Qwords, pahami beberapa kelebihan yang kami ulas. Kami telah merangkum beberapa kelebihan tersebut untuk Anda.

Pastikan Anda memahami ulasan ini sebelum membuat keputusan.

1. Layanan Support

Ketika terjadi error sewaktu-waktu, pengguna layanan tidak perlu terlalu resah ataupun khawatir karena tersedia layanan support 24/7. Tenang saja, seluruh tim fast respon dengan berbagai keluhan yang pelanggan sampaikan.

Tidak seperti layanan support otomatis, layanan support yang ditawarkan Qwords terbilang solutif. Segala permasalahan yang pengguna sampaikan akan langsung tim tangani supaya server kembali berjalan normal.

Kami melakukan percobaan dengan mengirim tiket kepada Tim Qwords melalui member area. Hasilnya, tidak membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan jawaban.

Pertanyaan yang kami ajukan sudah dijawab dengan cepat. Kami sangat terkesan dengan respon yang cepat tersebut. Rating yang kami berikan adalah 10/10 karena pertanyaan kami dijawab dalam waktu kurang dari 5 menit saja.

2. Tersedia Berbagai Pilihan Paket

Bukan hanya satu, ada banyak pilihan paket yang bebas pengguna pilih sesuai budget dan kebutuhan.  Pilihan paketnya sendiri berupa CCloud Hosting Lite, Cloud Hosting Enterprise, Cloud Hosting Pro, Cloud Hosting WP, Flex WP dan Reseller Hosting.

Khusus untuk pengguna CMS WordPress, Qwords menyediakan paket WordPress Hosting dengan performa yang optimal dan gratis Elementor Pro.

Pilihan paketnya yang lengkap akan memberi kemudahan bagi pada para penggunanya, untuk menentukan paket yang sesuai.

3. Harga Bersaing

Walaupun harga yang ditawarkan bukanlah yang termurah bila dibandingkan dengan provider lainnya, harga yang ditawarkan sangat bersaing dan terjangkau.

Kami menemukan bahwa layanan ini menawarkan nilai yang baik untuk harganya. Harga termurah yang bisa didapatkan adalah Rp 25.000/bulan. Paket ini dikenal sebagai Paket Hosting Lite Starter.

Dengan harga tersebut, Anda sudah mendapatkan layanan yang memadai. Kami yakin bahwa harga ini cukup kompetitif di pasar.

4. Memiliki 4 Cabang Kantor

Bila ingin mencari layanan terbaik, pastikan terlebih dahulu apakah perusahaan tersebut memiliki kantor offline atau tidak.

Qwords merupakan salah satu penyedia layanan web hosting yang memiliki perkembangan cukup pesat. Hal ini ditandai dengan banyaknya kantor yang tersebar di berbagai kota.

Setidaknya saat review ini ditulis, Qwords memiliki empat kantor. Kantor-kantor tersebut berlokasi di Surabaya, Yogyakarta, Jakarta, dan Bandung.

Keberadaan kantor-kantor ini memudahkan pelanggan untuk mendapatkan layanan dan dukungan secara langsung. Dengan demikian, Qwords membuktikan komitmennya untuk memberikan pelayanan terbaik.

Berikut alamat lengkap kantor Qwords :

  • Kantor Surabaya : Gedung Bursa Efek Indonesia Lt.10, Jl. Taman AIS Nasution No.21, Surabaya 60271 – Indonesia 031 30008800
  • Kantor Yogyakarta : Jl. Blotan no. 18 Kayen Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta 55584 – Indonesia 0274 6058800
  • Kantor Jakarta : Gedung Cyber 1 Lantai 3, Jl.Kuningan Barat no.8, Jakarta 12710 – Indonesia 021 39708800
  • Kantor Bandung : Jl. Terusan Setra Indah I No.19, Sukagalih, Sukajadi, Bandung 40163 – Indonesia 022 30508800

Kekurangan Menggunakan Qwords

Sebagai langkah pengembangan, Qwords terus berbenah untuk membuat layanannya semakin optimal di semua paket. Meskipun begitu, tetap tidak menutup kemungkinan adanya kekurangan.

Berdasarkan hasil penelitian yang kami lakukan terdapat beberapa kekurangan yang mungkin bisa menjadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk menggunakan layanannya.

Berikut ini adalah beberapa kekurangannya :

1. Uptime Tidak Stabil (Cendrung Mengecewakan)

Perolehan uptime skor pada kurun waktu Januari 2023 hingga Maret 2024 terbilang tidak begitu baik. Tercatat, rata-ratanya hanya mampu mencapai 99,82% yang membuatnya mendapatkan rating 7/10.

Agar lebih jelas, coba perhatikan data yang terdapat dalam diagram berikut:

Uptime Skor TinggiBerdasarkan data yang kami dapatkan, nilai uptime Qwords paling tinggi terjadi pada bulan April 2023 yang mencapai 100%. Untuk lebih memahaminya, coba perhatikan dalam tabel berikut.

BULANUPTIME (%)
Januari 2023 99,76
Februari 202399,88
Maret 202399,91
April 2023100
Mei 202399,52
Juni 2023 99,95
Juli 202399,91
Agustus 202399,88
September 202399,75
Oktober 202399,82
November 202399,89
Desember 202399,92
Januari 202499,90
Februari 202499,77
Maret 202498,90
Rata-Rata99,82

Dengan nilai uptime seperti pada tabel di atas, ini tentunya sangat mengecewakan. Kami menilai bahwa hosting yang baik adalah yang memiliki uptime di atas 99,90%.

Hasil ini juga tidak sesuai dengan klaimnya yang sebesar 99,99%. Bahkan, perbedaannya sangat jauh dari yang dijanjikan.

Uptime yang rendah ini berdampak negatif pada kepercayaan pelanggan. Hal ini dapat menyebabkan gangguan signifikan bagi pengguna.

Oleh karena itu, kami merasa perlu untuk mengkritisi kualitas layanan yang diberikan.

2. Jumlah Down Tinggi

Salah satu momok menakutkan bagi orang-orang yang mengandalkan website sebagai sumber penghasilan adalah hosting mengalami down.

Hosting yang sering down dapat mengganggu kelancaran bisnis online. Jika Anda tidak ingin memiliki website dengan kasus down tinggi, Qwords bukanlah solusinya.

Berdasarkan hasil uji coba kami, jumlah down pada Qwords sangat tinggi. Hal ini menyebabkan uptime tidak mencapai klaim yang dijanjikan oleh Qwords.

Kasus Down Tergolong Rendah

Berdasarkan data, rata-rata down Qwords berada di angka 39,83 kali per bulan. Kasus paling tinggi terjadi pada Maret 2023 sebanyak 102 kali.

Data ini menunjukkan ketidakstabilan layanan hosting Qwords. Berikut data selengkapnya:

BULANJUMLAH DOWN
Januari 20232
Februari 20237
Maret 202311
April 20230
Mei 202332
Juni 202321
Juli 202330
Agustus 202333
September 202371
Oktober 202381
November 202326
Desember 202336
Januari 202446
Februari 202486
Maret 2024102
Total1417
Rata-rata/bulan39 Kasus/bulan

3. Down Time Sangat Tinggi

Bukan hanya jumlah down yang tinggi, tetapi waktu downnya juga sangat signifikan. Paling tinggi tercatat di bulan Maret 2024. Di bulan lainnya, waktu down tergolong naik turun.

Data ini menunjukkan ketidakstabilan layanan sepanjang tahun. Datanya bisa Anda cari tahu melalui penjelasan berikut:

Down Time Tidak Terlalu Tinggi

Sedangkan waktu down terendah ada di bulan April dengan jumlah 0 menit. Dari data-data yang ada, diperoleh jumlah downtime sebanyak 1.417 menit selama 15 bulan hasil pemantauan.

Untuk rata-rata downtime setiap bulannya berada di kisaran 94,47 menit per bulannya. Artinya apa? website Anda akan mengalami down atau tidak bisa di akses selama 94,47 meniut di setiap bulannya. Tentunya ini adalah angka yang sangat besar

Berikut penjelasan lebih rincinya:

BULANJUMLAH DOWN (MENIT)
Januari 2023106
Februari 202347
Maret 202342
April 20230
Mei 2023214
Juni 202320
Juli 202341
Agustus 202353
September 2023107
Oktober 202379
November 202349
Desember 202336
Januari 202445
Februari 202487
Maret 2024491
Total1417
Rata-rata/bulan94,47 Menit Per Bulan

4. Speed Stabil Tapi Mengecewakan

Dari sisi kecepatan, Qwords perlu menjadi bahan pertimbangan. Pasalnya, skor speed tertinggi mencapai angka 1.326, 76 ms pada bulan Juni 2023. Rata-rata speednya terhitung berada di angka 1144,07.

Speed terbilang stabil namun berada di angka lebih dari 1000 ms. Kami menilai bahwa website yang memiliki kecepatan lebih dari 1000 ms tidak ramah terhadap SEO.

Untuk memahami data lengkapnya, silahkan simat diagram dibawah ini :

Selama 15 bulan pemantauan, tidak ada satu bulan pun yang memiliki waktu di bawah 1000 ms. Tenyukan Hal ini menimbulkan pertanyaan yang perlu dijawah oleh pihak Qwords.

Berikut adalah data yang lebih rinci untuk membantu Anda dalam menentukan ingin menggunakan Qwords atau tidak.

BULANSPEED (MS)
Januari 20231142.52
Februari 2023 1144.07
Maret 20231141.28
April 2023 1143.59
Mei 20231322.43
Juni 20231326.76
Juli 20231137.3
Agustus 20231094.31
September 20231109.33
Oktober 20231085.92
November 20231093.77
Desember 20231150.21
Januari 20241067.94
Februari 20241185.78
Maret 20241257.83
Rata-Rata1160,20

5. Peningkatan Harga dari Tahun ke Tahun

Berdasarkan pengalaman Kami, pada awal penggunaan hosting, harganya memang terbilang murah.

Hanya saja seiring berjalannya waktu, ternyata harganya semakin naik. Misalnya paket premium yang awalnya Rp400.000, naik menjadi Rp660.000.

Tidak sedikit pelanggan yang mengaku keberatan dengan kenaikan harganya yang tiba-tiba karena tidak adanya pemberitahuan sebelumnya.

Apakah Kami Merekomendasikan Qword?

Setelah melakukan pemantauan lebih dari 15 bulan yaitu pada Januari 2023 hingga Maret 2024, Kami merekomendasilan layanan Qwords untuk Anda yang ingin mendapatkan layanan atau support yang cepat.

Namun bila ingin mendapatkan kecepatan website yang mempuni dan uptime yang baik, Kami tidak merekomendasilan layanan Qwords.

Demikianlah ulasan yang bisa kami sampaikan, semoga hasil pemantauan yang kami lakukan bisa bermanfaat. Perlu diingat bahwa hasil ini tidak sepenuhnya akurat karena setiap pelanggan akan mendapatkan server yang berbeda di paket hosting yang dipilih, namun setidaknya bisa memberikan gambaran sebelum memutuskan untuk memilih layanan di Qwords.

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang blogger yang mendalami dunia SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2012 hingga saat ini dan terus belajar memahami perkembangan logaritma yang terus di update oleh Google.

Tinggalkan komentar