8+ Cara Menulis Konten Berkualitas Untuk Website

Joko Warino

8+ Cara Menulis Konten Berkualitas Untuk Website

Membuat konten berkualitas serta menarik untuk website sangat penting, apalagi dalam rangka membangun brand sebuah bisnis.

Bila pembuatan konten berkualitas, kemungkinan besar traffic pengunjung mengalami peningkatan.

Sebenarnya sebuah pilihan dalam membuat konten, ingin yang berkualitas atau seadanya.

Tapi, dengan membuat konten seadanya, potensi traffic pengunjung meningkat itu minim.

Bukannya mendapatkan untung dari pembuatan konten, malah bisa menimbulkan kerugian. Sebab, hanya membuang-buang energi serta waktu.

Bila Anda masih bingung tentang cara membuat konten yang berkualitas, simak pembahasan berikut.

Sebelumnya, akan dibahas mengenai manfaat beserta ciri-ciri konten yang berkualitas.

Manfaat Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website

Manfaat Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website

1. Meningkatkan Traffic

Ada banyak manfaat membuat konten berkualitas untuk website.

Salah satunya seperti sudah disebutkan sebelumnya yaitu meningkatkan traffic pengunjung.

Tujuan seseorang mengunjungi blog tidak lain karena ingin mendapatkan informasi diinginkan.

Sajian informasi berkaitan erat dengan konten. Bila sajian konten mampu memenuhi kebutuhan pengunjung, berpotensi membuat mereka membaca artikel lainnya.

Bahkan ada kemungkinan juga keseluruhan konten dikunjungi. Artikel berkualitas tanpa optimasi SEO berkemungkinan memiliki banyak pembaca.

Tapi, bila ditambah dengan optimasi SEO, potensi berada pada halaman pencarian pertama lebih besar lagi.

Asalkan konten yang dibuat memang banyak dibutuhkan pengguna.

Bila berada pada posisi terbaik pada mesin pencari, jumlah pengunjung blog akan secara otomatis meningkat.

2. Meningkatkan Penghasilan

Manfaat lainnya memperoleh lebih banyak penghasilan.

Hal ini terasa memberikan pengaruh signifikan bila website yang dikelola untuk tujuan meningkatkan jumlah konsumen.

Walaupun tidak semua pengunjung website membeli produk bisnis yang ditawarkan, tapi ada potensi bagi mereka tertarik hingga akhirnya memesan.

Ciri Konten Berkualitas

Ciri Konten Berkualitas

Sebagian orang bingung membedakan manakah konten yang termasuk berkualitas dan tidak.

Inilah ciri-ciri konten website berkualitas yang penting dipahami supaya bisa dengan mudah membedakannya, antara lain:

1. Topiknya Akurat

Konten berkualitas memiliki topik akurat, maksudnya judul dengan isi yang relevan.

Sebab, pada kenyataannya tidak sedikit website yang menyajikan konten antara judul dengan isi jauh berbeda.

Bila situasi seperti ini terjadi, secara otomatis merugikan pengunjung yang sudah terlanjur mengklik website tersebut.

Bahkan pemilik website juga bisa mengalami rugi. Selain sulit muncul pada halaman utama mesin pencarian, sulit meningkatkan jumlah pengunjung.

2. Ukuran Naskah Sedang

Ciri berikutnya, ukuran naskah sedang, tidak terlalu panjang dan tidak terlalu sedikit.

Bila pembuatan konten terlalu pendek, bisa dianggap oleh Google sebagai konten tidak bermanfaat atau dangkal bagi pembaca.

Sedangkan bila konten terlalu panjang, berpotensi membuat pembaca mudah merasa bosan.

Jadi, supaya sajian konten menjadi berkualitas, buat dengan ukuran pas dan sesuai tema dibahas.

3. Mempunyai Keyword

Ciri konten website berkualitas lainnya mempunyai kata kunci atau keyword.

Tentunya kata kunci yang dipasang relevan dengan topik pembahasan.

Penting dipahami bahwa ketika memasukkan keyword jangan terlalu banyak, berjumlah sedang saja.

Baca Juga : Cara Memilih Keyword SEO

4. Dapat Dipercaya atau Kredibel

Konten berkualitas, ditandai dengan terjamin kredibilitasnya atau berasal dari sumber terpercaya.

Sebaiknya hindari membuat konten palsu alias hoax karena hanya akan memperburuk citra blog.

5. Bermanfaat dan Informatif

Ciri konten berkualitas terakhir bermanfaat dan informatif.

Penilaian Google akan bagus terhadap website bila mempunyai konten informatif serta memberikan manfaat.

Sebab, konten seperti ini cenderung memiliki banyak pembaca.

Cara Menulis Konten Berkualitas untuk Website

Cara Menulis Konten Berkualitas untuk Website

Masih banyak pengelola website yang bingung menulis konten yang berkualitas dan menarik, terutama pemula.

Padahal menerapkannya cukup mudah, asalkan ada kemauan untuk belajar.

Berbagai cara membuat konten website berkualitas antara lain:

1. Membuat Headline atau Judul yang Kuat

Cara pertama, ciptakan headline atau judul yang kuat.

Bila pembuatan judul bagus, berkemungkinan besar menarik perhatian para pembaca.

Pembuatan judul biasanya dilakukan sesudah menemukan ide konten serta keyword yang tepat.

Menurut data statistik, orang yang tertarik membaca headline berjumlah 80 persen.

Sedangkan sisanya alias 20 persen membaca keseluruhan konten.

Walaupun headline menjadi aspek sangat penting, jangan mengabaikan isi.

Bagaimanapun juga konten berkualitas itu sangat tergantung dengan isi, walaupun daya tarik pertama melalui judul.

Jadi, keduanya harus seimbang. Pastikan bukan hanya headline yang kuat, tapi juga isinya.

2. Membuat Konten Orisinil

Cara berikutnya, buat konten orisinil, bukan hasil jiplakan atau plagiasi milik orang lain.

Melakukan copy paste atau menjiplak konten milik orang lain, berpotensi besar mengakibatkan Google memberikan hukuman.

Dampak paling buruk bisa terjadi, website hilang dan tidak dapat digunakan lagi.

Kondisi seperti ini tentu memosisikan diri pada situasi sulit, apalagi bila blog sudah memiliki traffic pengunjung cukup besar.

Jangan hanya karena tidak mempunyai konten berkualitas yang bisa di publikasi, Anda langsung memutuskan untuk melakukan copy paste konten orang lain.

Penting diingat bahwa setiap konten yang sudah diterbitkan pada blog itu tidak selalu bebas copyright.

3. Mampu Memberikan Jawaban

Ketika membuat konten pada website, sebaiknya yang mampu memberikan jawaban para pengunjung.

Hal ini karena seseorang memakai mesin pencari tujuan utamanya ingin mendapatkan informasi jawaban.

Mesin pencarian akan membantu memberikan jawaban sesuai keinginan.

Tidak heran bila konten yang isinya memberikan jawaban sesuai kebutuhan memiliki lebih banyak pengunjung walaupun tanpa optimasi SEO.

Sebenarnya bukan hanya konten berkualitas yang diinginkan oleh para pengunjung.

Tapi, banyak yang menginginkan mendapatkan jawaban dengan cepat.

Mengatasi hal ini, buat konten mudah dibaca dan dipahami, sehingga bisa ditangkap dengan lebih cepat.

4. Menciptakan Engaging Content

Ciptakan enganging content dalam pembuatan artikel.

Melalui metode ini, sesuatu yang baru disajikan, memberikan manfaat, menghibur atau menginspirasi.

Selain itu, juga mampu memberikan cara pandang atau perspektif baru.

Bentuk konten enganging memberikan sesuatu yang belum pernah didapatkan sebelumnya kepada para pembaca.

Bila tertarik untuk membuat konten engaging, ada beberapa tips bisa dilakukan.

Pada bagian awal konten, buat perkenalan mengesankan.

Kebanyakan orang menentukan akan membaca sebuah konten hingga akhir itu dari bagian pendahuluan.

Beberapa kalimat awal menjadi penentu konten tersebut akan lanjut dibaca atau tidak.

Buatlah kalimat pendahuluan semenarik mungkin supaya mereka berkenan membaca hingga akhir.

Informasikan kepada mereka mengapa penting untuk tetap berada pada website yang Anda miliki.

Jangan lupa untuk menginformasikan juga apa saja yang akan dibahas pada website.

Tips selanjutnya, buat pembaca pada posisi bertanya-tanya.

Setelah membuat mereka bertanya-tanya, Anda memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut.

Jadi, bisa dikatakan dalam pembuatan konten berkualitas mengajak pembaca merefleksikan diri.

Mengenai bagaimana menerapkan pengetahuan atau informasi yang disajikan.

Tips lainnya mengingat banyak orang penggemar cerita, Anda bisa memakai anekdot atau cerita pada bagian perkenalan.

Hal ini membantu menjelaskan sebuah point tertentu.

5. Menggunakan Sumber Informasi Akurat

Supaya kualitas konten terjaga dengan baik, gunakan sumber informasi akurat.

Ketika sumber informasi akurat, tidak hanya pembaca yang mendapatkan manfaatnya, tapi juga berdampak positif terhadap website terkait.

Hal ini menjadikan website memiliki reputasi yang baik di mata pengunjungnya maupun mesin pencarian Google.

Jangan mengabaikan sumber informasi yang digunakan pada konten atau kepercayaan pengunjung menjadi taruhan.

Bila website terkait milik sebuah bisnis, dampak negatif ditimbulkan pada platform saja sekaligus usaha yang dijalankan.

Bagaimanapun juga konten berkualitas akan menjadi penentu pengunjung tertarik dengan bisnis yang ditawarkan atau tidak.

Lakukan verifikasi terhadap setiap statistik yang ditampilkan.

Penting diingat bahwa akurasi ini mampu membangun kepercayaan pembaca terhadap website.

Biasanya dalam membuat artikel, akan menyisipan tautan tertentu ke sumber maupun statistiknya.

Ketika hendak menerapkannya, ada beberapa tips perlu dilakukan supaya memberikan hasil optimal.

Pertama, lihatlah siapa yang ditautkan, apakah dari sumber terpercaya serta mempunyai otoritas atau tidak.

Menyisipkan tautan ke blog berkualitas bisa meningkatkan kepercayaan pembaca.

Sebagian blogger, biasanya pemula masih bertanya-tanya mengapa menyisipkan tautan perlu.

Bukankah membuat konten berkualitas saja sudah cukup?

Sesuai pernyataan tersebut, salah satu jawabannya adalah mampu meningkatkan kepercayaan pembaca.

Pada kenyataannya membuat artikel berkualitas memang penting, tapi berbagai aspek lain juga perlu diperhatikan.

Tips kedua, sisipkan tautan ke lebih banyak konten.

Hal ini untuk mendukung konten yang sudah ditulis dan menjadikannya semakin terpercaya.

Jadi, selalu gunakan sumber informasi dengan kredibilitas tinggi dan terjamin akurat.

6. Menambahkan Gambar serta Video

Cara menulis konten berkualitas dan menarik lainnya yaitu tambahkan gambar atau video.

Setiap orang memiliki metode belajar berbeda-beda. Ketertarikan mereka terhadap sebuah sajian materi juga berbeda.

Sebagian orang lebih gemar menyimak materi dengan metode mendengar, sebagian lainnya metode melihat.

Mayoritas, lebih tertarik dengan konten tampak visual, bukan sekadar konten saja.

Inilah penyebab penambahan gambar atau video bisa menjadi pertimbangan penting.

Tentu saja lampiran gambar atau video yang diberikan relevan dengan isi. Bisa dikatakan lampiran ini untuk mengilustrasikan poin atau mendukung sajian konten.

Jangan lupa memperhatikan resolusi dari gambar serta video yang dipakai. Bila resolusinya terlalu rendah, membuat tampilan tidak tampak jelas.

Sedangkan bila resolusinya terlalu tinggi, biasanya membuat proses loading saat di akses lebih lama.

7. Menuliskan Konten Pendek dan Mengerucut

Menuliskan konten pendek dan mengerucut bisa menjadi salah satu upaya membuat konten berkualitas.

konten pendek dimaksud tetap menjawab kebutuhan para pembaca.

Tujuan dari cara satu ini untuk meminimalisir kesalahan.

Memang tampaknya memerlukan kerja keras dan cukup menantang, tapi membuat komposisinya lebih baik.

Dibandingkan konten panjang dan bertele-tele, lebih baik pendek tapi jelas isinya.

Jadi, jangan fokus terhadap jumlah kata. Konten panjang bukan berarti lebih baik.

Walaupun konten pendek, biasanya untuk proses pembuatannya malah membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan menulis naskah panjang.

8. Rutin Mengupdate Website

Cara membuat konten berkualitas terakhir yaitu rutin mengupdate website.

Merupakan sebuah komitmen ketika memutuskan mulai mengelola website. Bila hanya beberapa konten saja dibuat, lalu Anda meninggalkannya, jangan berharap traffic meningkat.

Mesin pencari kurang menyukai website yang tidak rutin melakukan update, sehingga untuk masuk ranking pertama pada halaman pencarian menjadi lebih minim.

Ketika memang ingin mengembangkan website, lakukan update secara teratur.

Selalu sajikan konten menarik dan berkualitas. Website yang menerbitkan konten lebih sering mempunyai peningkatan jumlah pengunjung lebih tinggi.

Untuk menerapkan cara ini memang diperlukan konsistensi.

Supaya memudahkan dalam membuat konten, Anda bisa membuat kerangkanya terlebih dahulu dan menyiapkan sumber kredibel yang akan digunakan sebagai bahan materi.

Membuat konten berkualitas bukanlah hal sulit bila sudah terbiasa.

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang blogger yang mendalami dunia SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2012 hingga saat ini dan terus belajar memahami perkembangan logaritma yang terus di update oleh Google.

Tinggalkan komentar