Facebook Ads adalah fitur periklanan yang disediakan Facebook untuk pemasar agar bisa menjangkau audiens potensial. Untuk bisa menggunakannya secara maksimal, Anda perlu tahu cara membuat Facebook Ads sesuai dengan aturan Facebook.
Dengan hampir 3 miliar pengguna aktif, banyak sekali orang yang melihat iklan Facebook secara teratur. Ini tentu menjadi pasar potensial yang bisa Anda garap dengan maksimal untuk meningkatkan bisnis Anda.
Memahami cara iklan di Facebook itu skill mahal, yang perlu diasah dengan praktik dan analisis yang tajam.
Tulisan ini akan mengupas:
- Peluang Facebook untuk pemasaran digital
- Cara kerja Facebook Ads
- Cara membuat iklan di Facebook
- Memilih penempatan iklan
Simak ulasan lengkapnya.
Peluang Facebook untuk Pemasaran di Era Digital
Facebook menjadi salah satu media sosial yang masih cukup populer hingga saat ini.
Sebagaimana pepatah, “Di mana ada gula di situ ada semut”, Facebook memang tempat berkumpulnya orang dengan berbagai karakter, tabiat dan perilaku yang berbeda-beda.
“Sistem Facebook mmebuat platform ini menyimpan data audiens yang unik dan berharga ini secara tepat. Anda tentu bisa memanfaatkan peluang emas ini untuk meraup pundi-pundi rupiah.”
Memanfaatkan Facebook memungkinkan marketer atau pemasar melakukan kampanye pada audiens tertarget dengan biaya rendah, namun hasilnya efektif dan maksimal.
Iklan Facebook ditargetkan kepada pengguna berdasarkan lokasi, demografis, dan informasi profil mereka. Banyak dari opsi ini hanya tersedia di Facebook.
Tanpa disadari sebenarnya beriklan di Facebook sama dengan membeli data Facebook untuk meningkatkan bisnis Anda.
Jika Anda tahu dan paham cara beriklan di Facebook Ads, ini akan memudahkan Anda menjual apa pun menggunakan periklanan Facebook.
Cara Kerja Facebook Ads
Apa itu Facebook Ads dan bagaimana cara kerjanya?
Pemasaran bisnis bisa memanfaatkan Facebook dengan maksimal bila memasukkan targeting pada audiens yang tepat.
Semakin tajam data preferensi yang Anda masukkan, semakin tepat pula Facebook menyajikan atau menampilkan iklan pada audiens yang sesuai dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.
Facebook Ads adalah pemasaran digital berbayar memanfaatkan data yang disediakan Facebook dengan preferensi sesuai kebutuhan advertiser.
Anda bisa memasukkan data audiens sesuai dengan buyer persona bisnis Anda, seperti:
- Lokasi
- Interest
- Umur
- dan gender mereka
Untuk biaya iklan, Anda bisa memasukkan budget minimal 10.000 dan maksimal tanpa batas sesuai kebutuhan.
Awal-awal, Anda bisa melakukan A/B testing untuk menemukan winning campaign produk atau jasa Anda. Setelah menemukan winning campaign, Anda bisa ke tahap scale up.
Cara Membuat Iklan Di Facebook
Untuk membuat iklan di Facebook, Anda perlu memiliki halaman bisnis di aplikasi Facebook Anda. Jika belum punya, silakan membuatnya segera. Tahapan cara membuat Fb Ads itu dimulai dari membuat halaman, yaitu:
- Klik Menu.
- Pada bagian Create, silakan pilih Page
Anda bisa memilih kategori untuk halaman produk atau brand perusahaan. Berbekal halaman ini, Anda bisa membuat iklan untuk bisnis Anda.
Setalah tu, berikut langkah-langkahnya:
1. Tentukan Tujuan Beriklan
Tentukan sejak awal untuk apa Anda beriklan. Tujuan umum beriklan di Facebook yaitu:
- Brand Awareness: Meningkatkan nilai merek atau bisnis dalam benak banyak konsumen.
- Lead Generator: Mengumpulkan audiens pada kolam Anda. Misalnya, mengumpulkan mereka ke grup WhatsApp, mengumpulkan email atau Messenger mereka.
- Instalasi Aplikasi: Mengajak audiens untuk melakukan instalasi aplikasi yang Anda sajikan.
- Traffic Ke Toko Offline: Anda juga bisa menargetkan audiens agar tahu kenal dan mau datang ke Toko offline Anda.
- Engagement: Meningkatkan keterlibatan pengunjung terhadap konten yang Anda sajikan.
- Meningkatkan Konversi: Anda bisa menarik audiens ke website agar melakukan check out pembelian)
2. Pilih Audiens
Agar sukses menjalankan periklanan Facebook, Anda perlu melakukan pemilihan audiens yang tepat. Pemilihan audiens yang tepat itu berdasarkan buyer persona bisnis Anda.
Pemilihan audiens yang tempat itu meliputi:
- Demografi
- Umur
- Bahasa
- Jenis kelamin
- Pendidikan
- Ketertarikan
- Finansial dan lain sebagainya
Semakin tajam Anda memasukkan preferensi ini, semakin tepat iklan Anda tersaji pada orang-orang yang butuh produk atau jasa Anda.
3. Pilih Penempatan Iklan
Anda bisa memilih di mana iklan akan ditempatkan. Pilihannya, yaitu:
Otomatis
Perempatan iklan otomatis ini, iklan Anda akan ditempatkan oleh sistem Facebook secara optimal sesuai dengan campaign objective Anda.
Manual
Anda bisa menempatkan iklan secara manual berdasarkan dua cara.
- Pertama, berdasarkan jenis perangkat, mobile atau desktop.
- Kedua, berdasarkan jenis platform. Misalnya, Facebook: (iklan akan tersaji di News Feed Facebook pada Right Hand Column), Instagram (Iklan hanya tayang di Instagram). Anda juga bisa memilih Audience Network, di mana iklan akan tampil di website atau aplikasi yang Anda pilih.
4. Advanced Options
Lebih lanjut, dalam mode Advanced Options ini Anda bisa memilih jenis seluler atau sistem operasi yang sangat spesifik. Misalnya, Anda bisa memilih pada sistem operasi Android atau iOS.
Anda juga bisa memilih daftar blokir bagi audience Network. Iklan Anda hanya akan tampil pada targeting yang Anda pilih sebelumnya.
5. Menetapkan Budget
Anda bisa menentukan berapa besar biaya iklan Anda. Minimal biaya iklan Rp10.000 dan maksimal nyaris tanpa batas sesuai kebutuhan. Ada 2 jenis budget iklan yaitu daily budget dan lifetime budget.
Daily budget biaya iklan yang dihitung harian. lifetime budget, biaya iklan yang besarnya sesuai dengan penayangannya.
6. Membuat Ads
Tahap terakhir, Anda harus membuat Ads. terdapat 2 jenis ads, yaitu:
Format
Dalam format Ads ini, Anda bisa memilih tampilan iklan berbentuk:
- Carousel (Karosel). Tampilan iklan yang berbentuk slide show berupa gambar atau video secara bersamaan.
- Single Image. Jenis iklan yang hanya menonjolkan satu gambar
- Single Video. Jenis iklan yang hanya menyajikan satu video
- Slideshow. Jenis iklan berupa beberapa gambar, maksimal 10 gambar tersaji dalam satu video
- Canvas. Periklanan yang memanfaatkan kanvas
- Media. Tempat Anda melakukan proses unggah gambar atau video pada jaringan format yang telah Anda Tentukan.
Halaman dan Tautan
Anda juga bisa memilih halaman atau tautan yang tepat bagi iklan Anda. Opsi yang bisa Anda pilih adalah:
- Page: Menautkan Facebook page atau Instagram page ke iklan Anda yang sudah siap.
- Destination: Berisi tautan yang bisa dibuka oleh pengunjung ketika mereka mengekliknya.
- Ads Display: Anda bisa melakukan pengaturan tampilan judul berupa teks, deskripsi link atau ajakan untuk melakukan tindakan tertentu atau Call to Action.
- Parameter URL: Tambahkan URL yang bisa diklik oleh pengunjung saat mereka mengklik iklan.
- Track Conversion: Anda bisa melakukan tracking atas iklan Anda, syaratnya Anda perlu memasang Facebook pixel di website.
Tips Meningkatkan Penjualan dengan Facebook Ads
Tahu cara membuat facebook ads iklan saja tidaklah cukup, berikut tips meningkatkan penjualan bisnis Anda:
1. Manfaatkan Video
Video itu mengandung visual kuat untuk menarik perhatian audiens. Sajian video yang menarik, interaktif dan langsung ke tujuan.
2. Gunakan Retargeting
Anda bisa memanfaatkan retargeting untuk hasil maksimal. Retargeting itu menyajikan promosi pada orang yang tertarik lebih dari sekali. Besar potensi mereka untuk membeli.
3. Lookalike Audience
Lookalike audience adalah fitur canggih pemasaran Facebook. Memanfaatkan fitur ini Anda bisa membuat target audiens baru yang mirip dengan audiens lama yang terbukti memberikan hasil maksimal.
Paham cara membuat Facebook Ads secara tepat memudahkan Anda untuk menjual ap apun yang memiliki potensi profit tinggi tanpa perlu buka toko, stok produk, dan menawarkan secara langsung pada audiens saja.
Baca Juga : 6 Cara Mendapatkan Uang dari Facebook, Mudah dan Simpel!