“Facebook masih menjadi pasar potensial untuk meningkatkan penjualan bisnis atau jasa Anda. Salah satunya memanfaatkan fitur Facebook Ads.”
Apa itu Facebook Ads? Ini adalah tools canggih besutan Facebook untuk membantu pemasaran produk, yang akan membantu Anda menjangkau lebih dari dua miliar orang yang menggunakan Facebook setiap bulannya.
Meski saat ini sudah banyak media sosial baru, namun Facebook memang masih jadi pasar menggiurkan bagi marketer andal. Dengan hampir 3 miliar pengguna aktif, banyak sekali orang yang melihat iklan Facebook secara teratur.
Menurut data statistik, pengguna Facebook di Indonesia sudah mencapai 119 juta orang.
Ini menjadikan Indonesia sebagai negara ketiga pengguna Facebook terbanyak di seluruh dunia, setelah India dan Amerika Serikat. Ini tentu market potensial yang perlu digarap serius.
Tulisan ini akan menyajikan informasi:
- Seberapa penting Facebook Ads bagi bisnis
- Pengertian Facebook Ads
- Manfaat Facebook Ads
- Istilah-istilah dalam iklan Facebook berbayar
- Pengaturan Target Audiens
- Jenis iklan Facebook Ads
Yuk, Belajar Facebook Ads di sini!
Pentingnya Facebook Ads untuk Bisnis
Facebook Ads sangat penting bagi bisnis karena mampu menjangkau ribuan hingga jutaan kepala lewat media sosial ini.
Facebook mampu menarget audiens yang tepat, spesifik sesuai dengan preferensi pengguna yang Anda masukkan. Mulai dari perilaku, minat hingga demografi tempat mereka berdomisili.
Pemasaran Facebook untuk menarget orang yang tepat itu butuh pengaturan yang rumit bagi pemula.
Namun bila sudah paham dan menemukan winning campaign, maka Anda akan bagai menemukan sebongkah emas. Untuk bisa sukses lewat Fb Ads, Anda perlu paham alur kerja dan cara kerja Facebook Ads secara mendalam.
Produk atau jasa yang Anda jual lewat pemasaran Facebook hanya akan tampil pada orang-orang yang memiliki ketertarikan pada produk atau layanan Anda.
Ini sebuah pendekatan iklan yang sangat tertarget, hemat budget dan tepat sasaran. Berbeda dengan iklan konvensional yang kurang tepat sasaran, semisal brosur.
Pengertian Facebook Ads
Facebook Ads adalah layanan periklanan oleh Facebook untuk membantu marketer menyajikan iklan yang tepat kepada audiens sesuai data yang Anda masukkan.
Layanan periklanan Facebook ini sangat cocok bagi brand, bisnis yang ingin mempromosikan produk atau jasa secara tepat dengan budget minimalis, namun berpeluang memperoleh hasil maksimal.
Iklan Facebook menjadi sangat diminati karena mampu menarget audiens yang tepat dengan budget terbatas sekalipun.
Baca Juga : Cara Membuat Facebook Ads untuk Tingkatkan Omzet Bisnis Hingga 500%
Manfaat Facebook Ads
Facebook Ads memiliki beberapa manfaat yang powerful dibanding pemasaran tradisional, yaitu:
1. Mampu Menarget Orang yang Tepat
Tujuan Anda membuka bisnis itu untuk mencetak profit dan mengubahnya jadi cash maksimal. Kuncinya, Anda harus menjual pada orang yang tepat.
Mempromosikan produk atau jasa pada orang yang tepat itu mampu meningkatkan penjualan dan berujung pada cash keras.
2. Meningkatkan Brand Awareness
Saat ada promosi produk atau jasa, orang tak selalu langsung membeli. Bisa karena belum merasa butuh atau belum ada uang. Beriklan adalah salah satu upaya mengingatkan produk atau jasa Anda pada konsumen yang tertarget.
Semakin sering produk atau jasa Anda muncul pada audiens, mereka akan familier. Saat mereka butuh, mereka akan ingat dan membelinya pada Anda.
Brand awareness itu bisa berupa slogan, logo, atau warna yang memudahkan calon pembeli untuk mengingatnya. Bisa juga slogan atau tagline yang catchy.
3. Menjangkau Pasar yang Lebih Luas
Memanfaatkan Facebook Ads secara tepat, mampu meningkatkan jangkauan pasar secara luas.
Jadi, produk atau jasa yang Anda tawarkan melalui Facebook hanya akan muncul pada orang-orang yang sesuai dengan target yang Anda masukkan sehingga tingkat konversinya lebih tinggi dan lebih besar.
Mengenal Istilah-Istilah dalam Iklan Facebook
Sebelum memulai beriklan, Anda perlu tahu istilah-istilah yang ada dalam Facebook Ads, yaitu:
1. Business Manager
BM (Business Manager) ini tempat Anda mengelola iklan dan seluruh aktivitas beriklan di Facebook.
Melalui bisnis manajer ini, Anda bisa memantau aktivitas iklan Anda, melihat Matrix dan perkembangan iklan Anda secara lengkap.
2. Facebook Pixel
Apa itu pixel Facebook Ads? Ini merupakan deretan kode khusus yang disajikan oleh Facebook untuk Anda pasang di website.
Manfaatnya untuk mengumpulkan data aktivitas pengunjung iklan Anda melalui website.
3. Campaign
Campaign adalah bagian penting dari Fb Ads yang berisi kumpulan beberapa adset.
Pada bagian adset ini, Anda bisa memilih objektif iklan Facebook yang sedang berjalan.
4. Ad
Ini adalah istilah bagi materi iklan yang Anda jadikan umpan untuk menarik konsumen.
Anda bisa membuat beberapa materi iklan yang berbeda sudut pandangnya. Ujungnya, hanya iklan terbaik yang Anda ambil, iklan yang lain bisa Anda matikan.
5. Adset
Di dalam adset ini ada beberapa Ad. Di dalamnya, Anda bisa membuat target Ad, meningkatkan tawaran, meletakkan iklan dan memutuskan menaikkan budget iklan atau mematikannya.
Besar biaya Facebook Ads yang Anda bayar itu tergantung targeting yang Anda buat.
6. Ads Manager
Tempat semua iklan Facebook Anda terkumpul. Dalam Ads Manager ini Anda bisa mencermati performa dan kinerja iklan yang Anda jalankan.
7. Objective
Merupakan tujuan untuk apa Anda membuat iklan Facebook. Apakah untuk meningkatkan:
- Reach: Memaksimalkan orang yang melihat iklan Anda
- Brand Awareness: Menampilkan iklan pada orang yang berpotensi mengingat iklan yang Anda sajikan
- Traffic: Mengirim orang agar datang ke website, melakukan check out (pembelian)
- Lead Generation: Memperoleh data user Facebook mulai dari nomor WhatsApp, email tanpa perlu ke website dulu.
- Conversion: Meningkatkan konversi penjualan produk atau jasa Anda secara cepat dan tepat
8. CPM
Singkatan dari Cost Per Million, yaitu biaya yang harus Anda keluarkan untuk mencapai 1000 tayangan iklan.
Jadi, Anda harus membayar kelipatan 1000 dari iklan yang tayang tersebut.
9. CTR
Ini merupakan singkatan dari Click Through Rate. CTR menunjukkan banyaknya klik dari iklan dalam waktu tertentu.
Semakin bagus gambar atau copywriting yang Anda sajikan, semakin kecil rupiah yang Anda keluarkan.
10. Custom Audience
Ini adalah database dari target market Anda. Anda bisa memanfaatkan database target market berupa Email, nomor WhatsApp, pixel Facebook yang pernah ada kumpulkan sebelumnya.
Pengaturan Target Audiens Facebook Ads
Beriklan di Facebook memudahkan Anda untuk menjangkau orang yang tepat di mana pun mereka belajar. Mulai dari:
1. Lokasi
Anda bisa memilih orang-orang tertentu yang berdomisili di daerah tertentu dalam radius jarak tertentu.
Iklan Facebook Anda hanya akan muncul pada orang-orang itu.
2. Demografi
Memanfaatkan Facebook Ads, Anda bisa menarget orang tertentu sesuai dengan buyer persona bisnis Anda.
3. Minat dan perilaku
Anda bisa menarget audiens yang tepat sesuai dengan minat dan perilaku mereka. Misalnya saja, pecinta kucing, suka naik pesawat, pemakai IPhone.
Jenis-Jenis Iklan Facebook Ads
Ada beberapa jenis iklan Facebook yang bisa Anda lakukan, yaitu:
1. Facebook Feed Image Ads
Penawaran beriklan yang berbentuk gambar atau banner. Gambar promosi itu bisa menjangkau pengguna, baik lewat ponsel atau laptop.
2. Feed Video Adas
Iklan ini berupa video menarik, di mana formatnya bisa square atau landscape. Iklan video mampu menyentuh audiens lebih dalam untuk segera memutuskan, beli atau tidak beli.
3. Facebook Karusel Ads
Iklan ini menampilkan ads secara unik dan beragam. Jadi, dalam satu adset, ada beberapa iklan untuk Anda.
Dengan memahami apa itu Facebook Ads, maka ini akan bisa mengubah cara pandang Anda dalam berbisnis.
Memang butuh waktu untuk memahami cara kerja dan algoritma Facebook, namun hasilnya akan sangat worth it. Nah, selamat mencoba!