Membangun website dari angka nol memang bukan perkara mudah, Anda harus membuat para pengunjung betah dengan tampilan website Anda.
Oleh karena itulah penting untuk menguasai cara membuat struktur website yang seo friendly. Simak disini informasinya!
Sekilas Tentang Struktur Website
Struktur website merupakan susunan halaman-halaman yang ada di website dan bersifat penting.
Umumnya dari navigasi utama menu saja, struktur website ini akan terlihat.
Struktur website yang tampil dengan baik membuat berbagai halaman website Anda menjadi saling terhubung.
Hal ini membuat para pengunjung dapat merasakan pengalaman akses yang terbaik.
Sebab, dirinya dapat melakukan akses ke informasi yang dicarinya secara lebih mudah.
Tidak hanya penting menurut pandangan pengguna atau audiens website Anda saja, struktur website juga sangat baik untuk SEO (Search Engine Optimization).
Struktur website yang baik membuat bot Google dapat menelusuri halaman website Anda secara lebih mudah.
Hal ini ikut berpengaruh pada penentuan ranking halaman website di mesin pencarian.
Itulah mengapa, Anda harus tahu bagaimana cara membuat struktur website yang baik, sehingga bisnis website Anda bisa mendapatkan rangking teratas di mesin pencarian atau mesin penelusuran.
Tipe-tipe Struktur Website
Sebelum membuat struktur website yang baik, ada kalanya untuk mengetahui tipe-tipe struktur website terlebih dahulu.
Pada dasarnya, struktur website tidak hanya ada satu tipe tetapi ada empat tipe struktur website yang dapat Anda gunakan untuk perancangan website Anda.
Di mana keempat tipe struktur website tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Linear Struktur
Linear struktur merupakan salah satu struktur website yang paling sederhana.
Seperti namanya, semua informasi struktur website ini disusun secara linear, mulai dari yang paling umum hingga yang paling spesifik.
Konten bisa juga disusun dengan secara alfabetik.
Linear struktur ini sangat cocok jenis website yang bertemakan edukasi atau training.
2. Hierarki Struktur
Jika tadi merupakan jenis struktur sederhana, kali ini ada struktur hierarki yang merupakan tipe struktur yang umum dan banyak disukai.
Di mana halaman-halaman website tersebut disusun dengan struktur selayaknya pohon.
Di mana parent page (halaman induk) yang berisikan informasi bersifat lebih umum atau luas berada di bagian paling atas struktur, yang kemudian dikategorikan menjadi beberapa child pages (anak halaman) dengan isi informasi yang bersifat mendetail.
3. Matriks Struktur
Selanjutnya ada tipe matrik struktur, biasanya tipe ini menyediakan banyak link yang bersifat relevan untuk penggunanya.
Di mana dengan banyak jenis kumpulan topik, user bisa dengan bebas memilih link atau page mana yang ingin ia kunjungi untuk selanjutnya.
4. Network Struktur
Terakhir ada jenis struktur Network, yang mana ini merupakan tipe yang bersifat lebih dinamis dibandingkan dengan tipe struktur lain.
Para pengguna bisa dengan bebas menentukan link atau page mana yang akan dikunjunginya.
Dengan tipe ini pengguna bisa merasakan pengalaman pencarian mereka dengan memanfaatkan fitur telusuri atau search.
Setiap jenis tipe struktur website ini memberikan kesan pengalaman yang berbeda-beda.
Maka untuk itu, cerdaslah memilih struktur website yang sesuai dengan tema website Anda sendiri.
Dengan begitu, tampilan website Anda akan terlihat lebih profesional.
Jadi, dengan memahami keempat tipe di atas, struktur mana yang ingin Anda gunakan untuk website Anda?
Inilah Tips Membuat Struktur Website yang SEO Friendly
Menarik trafik tidak semudah yang Anda bayangkan, oleh sebab itu Anda perlu tahu cara membuat struktur website yang sesuai standar SEO Friendly di bawah ini.
1. Buat Perencanaan Secara Matang
Sebelum membuat struktur website, Anda perlu membuat perencanaan terlebih dahulu secara matang.
Di mana Anda pun perlu tahu jenis-jenis struktur websitenya, yang mana setidaknya ada 4 tipe struktur untuk inspirasi susunan konten website Anda yakni linear, hierarki, matrik dan network.
Langkah membuat perencanaan ini bisa dimulai dengan menuliskan semua ide konten yang ingin dimasukkan ke website, kemudian kelompokkan semua konten dalam kategori umum dan susun semua yang saling berhubungan dengan tipe struktur.
Dengan membuat perencanaan yang matang, Anda akan terhindar dari kesalahan desain website.
2. Buat Navigasi yang Jelas
Selanjutnya untuk membuat website dengan struktur SEO Friendly adalah dengan menentukan navigasi website secara lebih jelas.
Membuat navigasi yang mudah dipahami oleh para pengunjung.
Navigasi sendiri terdapat dua jenis yakni menu dan breadcrumbs.
Menu merupakan elemen navigasi utama dalam website yang biasa terletak di bagian atas homepage atau persis di samping logo/nama web.
Menu biasa digunakan untuk menampilkan halam kategori yang memuat banyak konten serta digunakan untuk menghubungkan ke halaman landing page ataupun halaman kontak.
Sedang breadcrumbs merupakan navigasi tambahan dalam website yang berupa bentuk teks link dan umumnya terletak di judul halaman.
Breadcrumbs berfungsi untuk membantu visitor dalam mengetahui posisi keberadaannya di website terkait.
3. Gunakan Taksonomi
Gunakan sistem taksonomi untuk membuat navigasi lebih teratur.
Taksonomi digunakan untuk mengelompokkan konten berdasarkan kategori atau tak sehingga memudahkan pengunjung untuk menemukan artikel lain.
Contoh kategori dalam website ecommerce fashion yakni fashion wanita, fashion pria dan fashion anak-anak, kemudian setiap kategori tersebut dibuat secara detail contoh kemeja, sepatu, tas dan lainnya.
Sedangkan tag digunakan untuk mengelompokkan konten yang mana dapat menunjukkan pada visitor bahwasannya ada konten lain yang berkaitan.
Sehingga para pengunjung dapat mencari konten lain yang berkaitan dan menarik.
4. Buat dan Perhatikan Link Website
Link menjadi aspek lain yang harus diperhatikan dalam membuat struktur website SEO Friendly.
Link-link yang dapat mempengaruhi kebaikan website itu sendiri antaranya link homepage, serta internal link dan eksternal link yang disisipkan pada halaman konten tertentu.
Dengan link homepage, pengunjung dapat beralih ke homepage ( halaman utama dan paling penting) secara mudah.
Internal link dan eksternal link yang berfungsi untuk menautkan ke konten relevan dan berkaitan.
Misalnya, internal link menautkan pada konten website Anda yang relevan, sehingga konten lain ikut mendapatkan kunjungan.
Sedangkan eksternal link menyisipkan link website Anda di website populer, sehingga pengunjung website populer tersebut ikut mengunjungi website Anda.
Baca Juga : Apa Dampak Outbound Link Bagi SEO Web?
5. Kelola Struktur Website
Meskipun struktur website sudah selesai Anda buat, bukan berarti tugas Anda selesai.
Terakhir Anda harus tetap melakukan maintenance, mengelola struktur agar website Anda benar-benar bekerja dengan baik.
Sederhana saja Anda bisa memperhatikan struktur website saat menambahkan konten baru.
Jangan lupa untuk melakukan audit konten artinya melakukan update dan publish ulang.
Membuat konten dengan keyword yang berbeda, dan mengecek taksonomi.
Setidaknya itulah hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat struktur website yang seo friendly.
Dengan poin-poin tersebut, diharapkan Anda dapat membuat website bekerja dengan lebih baik.
Mengapa Harus Membuat Struktur Website yang Baik?
Mengapa harus membuat struktur website yang bersifat SEO Friendly?
Setidaknya alasan-alasan di bawah ini menjadi pertimbangan pentingnya memperhatikan struktur website Anda sendiri.
1. Memberikan UX yang Berkesan
Alasan pertama mengapa Anda harus memperhatikan struktur website adalah untuk memberikan UX (User Experience) yang terbaik bagi para pengunjung website Anda. Pelajari Apa itu User Experience?
Hal ini karena tadi, struktur website mempengaruhi pengalaman pengguna pada pengunjung website Anda.
Pengunjung dapat melakukan navigasi dengan mudah dan menemukan konten atau produk yang dibutuhkannya.
Berbeda dengan pengunjung yang sulit menemukan halaman yang dicarinya sebab struktur website yang buruk, bisa saja mereka keluar dari website Anda tanpa berpikir lagi.
Hal ini tentu membuat kerugian tersendiri. Maka dari itu, penting sekali membuat struktur web yang tertata rapi dan baik.
2. Memudahkan Crawling dan Mesin Pencari
Dengan membuat struktur website yang SEO Friendly dapat membuat proses crawling menjadi lebih mudah untuk menemukan dan membaca struktur konten yang dibutuhkan.
Crawling bisa mengakses dan menemukan hubungan antar konten yang dibuat dan di posting pada website tersebut.
Hal ini memudahkan web crawler untuk mengindeks konten di mesin pencari.
Hal ini berakhir memudahkan mesin pencari seperti Google dapat membaca struktur data website Anda, sehingga dapat menampilkan di mesin pencari kita dapat mengindeks konten yang dibutuhkan dengan cepat.
Bahkan website Anda bisa mendapatkan kesempatan besar untuk mendapatkan peringkat tinggi di mesin telusur Google.
Oleh karenanya, jangan coba-coba untuk meremehkan struktur website Anda sendiri.
Struktur website yang baik juga baik untuk keuntungan Anda sendiri.
Baca Juga : Cara Menyempurnakan Crawling Website
3. Mendapatkan Sitelink untuk Website
Struktur website yang baik bisa memberikan kesempatan bagi website Anda untuk mendapatkan sitelink.
Sitelink sendiri adalah sebuah tampilan unik di hasil pencarian milik Google.
Tampilan ini menampilkan link homepage bersama halaman-halaman penting di bawahnya.
Ada banyak sekali manfaat sitelink untuk SEO website Anda sendiri, yang mana di antara manfaat-manfaatnya adalah sebagai berikut:
- Meningkatkan citra atau reputasi brand website Anda
- Meningkatkan kepercayaan terhadap pelanggan
- Membantu website Anda untuk mendominasi hasil pencarian seperti Google
- Meningkatkan tingkat rasio klik
- Mempercepat angka conversion.
Hal ini tentunya memberikan manfaat bagi website dan keuntungan tersendiri.
Sebab, website Anda terlihat lebih profesional dari lainnya. jadi tunggu apalagi untuk membangun struktur website yang seo friendly?
4. Menghindari Kompetisi Konten dari Konten Website Lain yang Sama
Terakhir keuntungan dari membangun struktur website yang baik adalah untuk menghindarkan konten website Anda dari kemungkinan konten yang saling berkompetisi (Cannibal Content).
Kompetisi ini tentunya akan merugikan, sebab dapat mengurangi trafik yang diperoleh oleh masing-masing konten.
Kompetisi yang dimaksud bisa saja terjadi saat Anda memiliki konten blog post yang mirip.
Contohnya Anda memiliki artikel tentang Konten SEO dan menggunakan beberapa kata kunci untuk konten lain.
Konten-konten mirip ini membuat Google kesulitan untuk memutuskan mana konten yang paling penting untuk dimunculkan.
Akhirnya, konten tersebut saling kompetisi untuk berada di posisi paling atas.
Maka solusinya yakni dengan membuat struktur taksonomi dan internal link yang baik.
Dengan begitu konten tersebut menjadi lebih jelas hubungannya dan tidak saling berkompetisi.
Setidaknya itulah ketiga keuntungan dari membuat struktur website yang SEO Friendly.
Dengan penjelasan di atas, kini Anda akan semakin menyadari bahwasanya penting sekali untuk membuat struktur yang baik.