Review Rumahweb 2024, Apakah Pilihan yang Tepat Untuk Website Anda?

Joko Warino

Review Rumahweb 2024, Hosting Murah dengan Speed Stabil

Hosting belakangan menjadi salah satu produk yang paling dicari-cari oleh para pengelola web pemasaran atau web yang bisa dimonetisasi.

Dari sekian banyak jasa penyedia hosting, salah satu rekomendasinya adalah Rumahweb.

Namun, alangkah lebih baiknya jika mengetahui terlebih dahulu review rumahweb yang telah kami lakukan sebelum Anda berlangganan.

Tentang Rumahweb

Rumahweb merupakan sebuah perusahaan hosting yang berdiri pada tahun 2002 lalu di Yogyakarta.

Rumahweb termasuk hosting yang sudah lama berdiri dan kini menjadi salah satu perusahaan hosting terbesar di Indonesia. Setidaknya perusahaan hosting tersebut sudah tercatat melayani lebih dari 14.000 domain pelanggan.

Siapa sangka, perusahaan hosting yang awalnya hanya memiliki satu server untuk melayani pengguna jasanya, sekarang sudah memilikinya setidaknya 30 server.

Untuk memaksimalkan layanannya, Rumahweb menggunakan server yang berbasis cloud computing yang membuatnya sangat mendukung para penggunaan MySQL dan PHP.

Setidaknya terdapat empat pilihan hosting yang bebas pengguna pilih sesuai kebutuhan, mulai dari yang harganya belasan ribu hingga ratusan ribu. Masing-masingnya dibekali dengan berbagai fitur sesuai harganya.

Sebagai penyedia hosting, Rumahweb tetap berprinsip memberikan pelayanan terbaik. Buktinya, paket hosting murah tetap diberi keunggulan yaitu berupa email tidak terbatas dan bandwith database.

Dengan berbagai keunggulan yang Rumahweb tawarkan, situs Hostadvice mencatat bahwa hosting ini menguasai pasar hosting web di Indonesia sebanyak 12,75%.

Rangkuman Data Review Rumahweb

Berdasarkan data yang kami rangkum mulai Desember 2022 – Maret 2024, hasil review Rumahweb terbilang cukup bagus termasuk pada speednya. Untuk lebih jelasnya, perhatikan paparan data berikut:

RATING KAMI8/10
PAKET HOSTINGEntry Hosting
WEBSITE TESTjokowa-rw.my.id
UPTIME SCORE99,84 % (Desember 2022 – Maret 2024)
AVG. SPEED778,99 ms (Desember 2022 – Februari 2024)
SUPPORT RATING8/10
HARGAMulai Rp15.000/bulan
GARANSITidak ada garansi uang kembali
LOKASI SERVERJakarta, Singapura, Oklahoma City

Paket Hosting Rumahweb

Ada 4 jenis paket yang tersedia, yaitu share hosting, wordpress hosting, cloud hosting dan unlimited hosting. Berikut penjelasan singkat masing-masing paketnya:

1. Share Hosting

Share Hosting

Paket share hosting dari Rumahweb menawarkan harga paling terjangkau dibandingkan dengan paket hosting lainnya.

Meskipun harganya rendah, paket tersebut tetap menyediakan fitur yang komprehensif. Pengguna dapat menikmati kinerja yang handal tanpa perlu mengeluarkan biaya besar.

Berikut pilihan paket yang bisa dipilih :

  • ENTRY : Memiliki CPU 1 Core,  RAM 512 MB, Space 1 GB dan Bandwith Unlimited. Paket ini memberikan free SSL.
  • SMALL : Memiliki CPU 1 Core,  RAM 1 GB, Space Unlimited dan Bandwith Unlimited. Paket ini memberikan free SSL, Free domain, dan Free premium WordPress Plugin & Themes.
  • MEDIUM : Memiliki CPU 1,5 Core,  RAM 2 GB, Space Unlimited dan Bandwith Unlimited. Paket ini memberikan free SSL, Free domain, dan Free premium WordPress Plugin & Themes.
  • LARGE :
  • MEDIAUM : Memiliki CPU 2 Core,  RAM 3 GB, Space Unlimited dan Bandwith Unlimited. Paket ini memberikan free SSL, Free domain, dan Free premium WordPress Plugin & Themes.

2. WordPress Hosting

Wordpress Hosting

Rumahweb membangun WordPress hosting dengan fokus pada kecepatan, keamanan, dan kemudahan penggunaan.

Layanan menggunakan teknologi CloudServer dengan SSD Clustered Storage yang menjamin keandalan situs web Anda.

Berikut beberapa pilihan paket wordpress hosting yang bisa Anda pilih :

  • 1 Cloudlet : Memiliki CPU 0,5 Core,  RAM 512 MB, Space 1 GB SSD dan Bandwith Unlimited. Paket hosting ini bisa digunakan untuk 1 website saja.
  • 2 Cloudlet : Memiliki CPU 1 Core,  RAM 1024 MB, Space 2 GB SSD dan Bandwith Unlimited. Paket hosting ini bisa digunakan untuk 2 website saja.
  • 3 Cloudlet : Memiliki CPU 1,5 Core,  RAM 1536 MB, Space 3 GB SSD dan Bandwith Unlimited. Paket hosting ini bisa digunakan untuk 3 website saja.
  • 4 Cloudlet : Memiliki CPU 2 Core,  RAM 2048 MB, Space 4 GB SSD dan Bandwith Unlimited. Paket hosting ini bisa digunakan untuk 4 website saja.
  • 5 Cloudlet : Memiliki CPU 2,5 Core,  RAM 2560 MB, Space 5 GB SSD dan Bandwith Unlimited. Paket hosting ini bisa digunakan untuk 5 website saja.
  • 6 Cloudlet : Memiliki CPU 3 Core,  RAM 3072 MB, Space 6 GB SSD dan Bandwith Unlimited. Paket hosting ini bisa digunakan untuk 6 website saja.
  • 7 Cloudlet : Memiliki CPU 3,5 Core,  RAM 3584 MB, Space 7 GB SSD dan Bandwith Unlimited. Paket hosting ini bisa digunakan untuk 7 website saja.
  • 8 Cloudlet : Memiliki CPU 4 Core,  RAM 4096 MB, Space 8 GB SSD dan Bandwith Unlimited. Paket hosting ini bisa digunakan untuk 8 website saja.
  • 9 Cloudlet : Memiliki CPU 4,5 Core,  RAM 4608 MB, Space 9 GB SSD dan Bandwith Unlimited. Paket hosting ini bisa digunakan untuk 9 website saja.
  • 10 Cloudlet : Memiliki CPU 5 Core,  RAM 5120 MB, Space 10 GB SSD dan Bandwith Unlimited. Paket hosting ini bisa digunakan untuk 10 website saja.

3. Cloud Hosting

Cloud Hosting

Paket cloud hosting memiliki dua pilihan yaitu Dedicated Storage dan Dedicated CPU & RAM. Berikut penjelasan keduannya :

Dedicated Storage

Paket hosting ini cocok untuk situs web dengan kebutuhan space yang besar, namun tidak memerlukan CPU dan RAM tinggi.

Biasanya digunakan untuk email hosting dan website yang memuat banyak gambar, video, atau file lain dengan tingkat akses yang tidak terlalu tinggi.

Berikut beberapa paket hosting yang ditawarkan pada Dedicated Storage, yaitu :

  • Cloud Space 10 GB : Memiliki 0.25 – 1 vCPU, 1 GB RAM dan SSD Storage 10 GB. Paket ini free Premium WordPress Themes & Plugins.
  • Cloud Space 20 GB : Memiliki 0.50 – 1 vCPU, 2 GB RAM dan SSD Storage 20 GB. Paket ini free Premium WordPress Themes & Plugins.
  • Cloud Space 30 GB : Memiliki 0.75 – 1 vCPU, 4 GB RAM dan SSD Storage 30 GB. Paket ini free Premium WordPress Themes & Plugins

Dedicated CPU & RAM

Paket ini cocok untuk website atau aplikasi dengan kebutuhan space, CPU, atau RAM yang tinggi, seperti sistem informasi, website e-commerce, portal berita, atau backend aplikasi mobile.

Umumnya digunakan oleh berbagai jenis platform yang memerlukan kinerja tinggi. Berikut beberapa paket yang ditawarkan :

  • Cloud 1 vCPU : Memiliki 1 vCPU (dedicated), 2 GB RAM (dedicated) dan SSD Storage 30 GB. Paket ini Free SSL, dan Free Premium WordPress Themes & Plugins.
  • Cloud 1.5 vCPU : Memiliki 1.5 vCPU (dedicated), 3 GB RAM (dedicated) dan SSD Storage 45 GB. Paket ini Free SSL, dan Free Premium WordPress Themes & Plugins.
  • Cloud 2 vCPU : Memiliki 2 vCPU (dedicated), 4 GB RAM (dedicated) dan SSD Storage 50 GB. Paket ini Free SSL, dan Free Premium WordPress Themes & Plugins.
  • Cloud 3 vCPU : Memiliki 3 vCPU (dedicated), 6 GB RAM (dedicated) dan SSD Storage 90 GB. Paket ini Free SSL, dan Free Premium WordPress Themes & Plugins.
  • Cloud 4 vCPU : Memiliki 4 vCPU (dedicated), 8 GB RAM (dedicated) dan SSD Storage 120 GB. Paket ini Free SSL, dan Free Premium WordPress Themes & Plugins.
  • Cloud 6 vCPU : Memiliki 6 vCPU (dedicated), 12 GB RAM (dedicated) dan SSD Storage 180 GB. Paket ini Free SSL, dan Free Premium WordPress Themes & Plugins.
  • Cloud 8 vCPU : Memiliki 8 vCPU (dedicated), 16 GB RAM (dedicated) dan SSD Storage 240 GB. Paket ini Free SSL, dan Free Premium WordPress Themes & Plugins.
  • Cloud 12 vCPU : Memiliki 12 vCPU (dedicated), 30 GB RAM (dedicated) dan SSD Storage 500 GB. Paket ini Free SSL, dan Free Premium WordPress Themes & Plugins.

4. Unlimited Hosting

Unlimited Hosting

Paket hosting ini memiliki fitur dasar di unlimited hosting berupa space, database, email, addon domain, dan bandwidth.

Selain itu, tersedia juga website builder, plugin optimasi WordPress, LiteSpeed WebServer, 1-click installer.

Berikut beberapa pilihan unlimited hosting yang bisa Anda coba :

  • Seed : Memiliki UNLIMITED Space, UNLIMITED Traffic, UNLIMITED Email. Paket ini dilengkapi dengan TURBO BOOSTER (optional) dan Free Premium WordPress Themes & Plugin senilai Rp 10.000.000,-.
  • Grow : Memiliki UNLIMITED Space, UNLIMITED Traffic, UNLIMITED Email. Paket ini dilengkapi dengan TURBO BOOSTER included dan Free Premium WordPress Themes & Plugin senilai Rp 10.000.000,-.
  • Bloom :Memiliki UNLIMITED Space, UNLIMITED Traffic, UNLIMITED Email. Paket ini dilengkapi dengan TURBO BOOSTER included dan Free Premium WordPress Themes & Plugin senilai Rp 10.000.000,-.

Selain layanan hosting, Rumahweb.com juga menyediakan layanan lain berupa Jual-beli domain. Banyaknya layanan yang tersaji menjadi angin segar untuk pengelola website yang tidak ingin ribet.

Kelebihan Menggunakan Rumahweb

Rumahweb telah lama melayani masyarakat dengan menyediakan hosting murah. Tentu ada alasan mengapa perusahaan hosting tersebut mampu bertahan dari tahun 2002 hingga saat ini. Salah satu faktornya karena berbagai keunggulan yang mereka tawarkan.

Dari data yang telah kami kumpulkan, berikut review Rumahweb.com dari segi keunggulan-keunggulannya:

1. Speed Stabil

Lambatnya speed pada hosting merupakan hal yang patut dihindari jika tidak ingin performa website melemah atau sampai menurun.

Berdasarkan catatan data yang ada, speed tertinggi terjadi pada Februari 2023. Sedangkan speed terendahnya terjadi pada Desember 2022.

Bukan hanya asal-asalan, penentuan speed hosting rumahweb yang kami sampaikan berdasarkan data dari sumber terpercaya. Sajian data lengkapnya ada dalam chart berikut:

Speed StabilMeski sempat naik-turun, tetapi dari angka yang tersaji dalam chart, rata-rata speednya berada di angka 778,99 ms.

Bingung membaca datanya?

Silakan simak pemaparannya pada tabel di bawah ini:

BULANSPEED (MS)
Desember 2022693,7
Januari 2023773,82
Februari 2023 863,25
Maret 2023764,39
April 2023764,31
Mei 2023784,06
Juni 2023784,47
Juli 2023807,4
Agustus 2023786,97
September 2023783,25
Oktober 2023721,78
November 2023771,08
Desember 2023838,76
Januari 2024809,98
Februari 2024736,42
Maret 2024 780,19
Rata-Rata778,99

2. Respon Customer Service Sangat Baik

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan, Rumahweb menyediakan customer service yang cukup ramah.

Pasalnya, tidak menutup kemungkinan server hosting yang pelanggan gunakan mengalami masalah sementara. Disisi lain, masih banyak orang yang belum paham mengenai sistem kerja hosting itu sendiri.

Tenang saja, CS bukan berupa robot yang menjawab pertanyaan sesuai programnya, tetapi benar-benar staf karyawan terlatih.

Kami mencoba melakukan pengujian kecepatan CS dalam menanggapi pertanyaan melalui tiket di member area. Hasilnya pertanyaan yang kami ajukan dijawab sangat cepat sekitar 2 menitan saja.

Respon Customer Service Cukup Baik

3. Kapasitas Penyimpanan Besar

Bila dilihat dari situs resminya, web hosting yang ditawarkan hampir semuanya memiliki penyimpanan yang besar bahkan unlimited. Meski disebut demikian, tetapi penyimpanannya masih terhitung alias tidak benar-benar unlimited.

Maksud unlimited di sini adalah penyimpanannya sangat luas sehingga meski sudah Anda gunakan untuk menyimpan berbagai data penting, tetapi terasa tidak habis-habis.

Berbekal penyimpanan yang lega, pengguna tidak perlu lagi khawatir kebingungan menyimpan data website kemana, terlebih jika website sudah berkembang pesat.

Tentu penyimpanan yang pengelola website butuhkan tidak hanya berukuran Gigabyte (GB), melainkan Terabyte (TB).

4. Menggunakan Cloud Computing

Rumahweb menggunakan basis penyimpanan data berupa cloud computing yang cenderung lebih efisien daripada penyimpanan hardisk atau flashdisk. Basis penyimpanan ini juga dinilai aman.

Hal menarik lain dari cloud computing adalah adanya fitur backup dan data recovery. Tenang saja, fitur tersebut merupakan fitur bawaan sehingga tidak perlu repot-repot mencarinya secara manual.

Hebatnya, meski ada banyak keunggulan yang mereka tawarkan, tetapi harga hostingnya tidak terlalu mahal. Pilih saja layanan atau paket sesuai kebutuhan. Sebelum itu, pertimbangkan juga budget.

Kekurangan Menggunakan Rumahweb

Rumahweb adalah pilihan hosting yang bagus dengan kelebihan yang lebih banyak daripada sebagian besar provider yang kami tinjau.

Namun, seperti halnya dengan semua penyedia hosting, kekurangan tetap ada. Dalam catatan kami, terdapat beberapa kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan ketika memilih Rumahweb sebagai penyedia hosting Anda berikutnya.

Inilah beberapa kekurangan yang harus dipertimbangkan :

1. Uptime Tidak Stabil

Menurut hasil penelitian yang kami lakukan selama 16 bulan, Rumahweb menunjukkan stabilitas rata-rata uptime sebesar 99,84%.

Berdasarkan perolehan nilai tersebut, rating uptimenya yang kami berikan adalah 8/10. Berikut grafiknya :

Uptime HostingPada dasarnya, nilai uptime memang bisa naik turun. Tetapi nila uptime di Rumahweb terbilang tidak stabil.

Perolehan paling tinggi dalam kurun waktu Desember 2022 – Maret 2024 ada di bulan Januari 2023. Agar lebih jelas coba perhatikan tabel berikut:

BULANUPTIME (%)
Desember 202299,9977
Januari 2023 99,9798
Februari 202399,7371
Maret 202399,8478
April 202399,8958
Mei 202399,879
Juni 202399,9352
Juli 202399,2899
Agustus 202399,7625
September 202399,9375
Oktober 202399,9126
November 2023 99,9491
Desember 202399,9978
Januari 202499,7334
Februari 202499,9904
Maret 202499,5878
Rata-Rata99,84

3. Kasus Down

Pada bulan Desember 2022 hingga Maret 2024, kasus down pada hosting milik Rumahweb tidak begitu tinggi.

Pada data yang kami miliki, kasus down tertinggi terjadi di bulan Juli 2023 dengan jumlah 67 kasus.

Sementara di bulan lainnya tergolong normal, bahkan terhitung rendah. Untuk mengetahui data lengkapnya, simak chart berikut:

Kasus Down Tidak Begitu Tinggi

Jumlah down yang terangkum selama 16 bulan di bawah 500 kasus, tepatnya berjumlah 220 kasus. Lebih jelasnya, silahkan simak data-data dalam tabel berikut:

BULANJUMLAH DOWN
Desember 20221
Januari 20234
Februari 202311
Maret 202314
April 20237
Mei 20239
Juni 20234
Juli 202367
Agustus 202335
September 20235
Oktober 202316
November 20238
Desember 20231
Januari 20247
Februari 20241
Maret 202430
Jumlah220
Rata-rata/bulan13 Kasus/bulan

4. Waktu Down Tinggi

Tidak hanya jumlah kasus down, waktu down juga harus menjadi perhatian. Waktu down berkaitan dengan uptime, diketahui bahwa uptime yang berada di Rumahweb dibawah 99.90% atau dibawah standar hosting berkualitas.

Paparan data mengenai hal itu bisa Anda ketahui dengan membaca data pada chart di bawah ini:

Waktu Down Rendah

Berdasarkan data durasi down di tahun 2024, waktu down paling sedikit hanya berdurasi 4 menit pada bulan Februari.

Sedangkan yang paling lama berdurasi 184 menit pada bulan Maret. Simak paparan data lengkapnya pada ulasan berikut:

BULANJUMLAH DOWN (MENIT)
Desember 20221
Januari 20239
Februari 2023106
Maret 2023114
April 202345
Mei 202354
Juni 202328
Juli 2023317
Agustus 2023106
September 202327
Oktober 202339
November 202322
Desember 20231
Januari 2024119
Februari 20244
Maret 2024184
Jumlah1176 Menit
Rata-rata/bulan73 Menit Per Bulan

5. Jaminan Uptime Server Rendah

Rumahweb menawarkan jaminan uptime server sebesar 99% per bulan, dengan pengecualian downtime yang mungkin terjadi akibat pemeliharaan.

Namun, angka ini tergolong rendah dalam kategori uptime, karena standar kami menganggap uptime terbaik berada di atas 99.9%.

Sebagai hasilnya, pengguna mungkin perlu mempertimbangkan potensi risiko downtime yang lebih tinggi saat memilih Rumahweb sebagai penyedia layanan hosting.

6. Tidak Ada Garansi

Yang sangat disayangkan dalam membeli hosting di Rumahweb adalah ketiadaan garansi untuk pembelian hosting.

Meskipun mereka memiliki banyak keunggulan, satu kelemahan seperti itu dapat merusak kualitas layanan yang mereka tawarkan.

Hal ini menunjukkan pentingnya mempertimbangkan aspek keamanan dan keandalan ketika memilih penyedia hosting.

Sebagai calon pelanggan, Anda mungkin perlu mempertimbangkan risiko yang terkait dengan kebijakan tanpa garansi dari Rumahweb sebelum membuat keputusan pembelian.

Apakah Kami Merekomendasikan Rumahweb?

Rumahweb telah terbukti sebagai pilihan hosting yang solid. Berdasarkan penelitian yang kami lakukan selama lebih dari 16 bulan, kami dengan yakin merekomendasikan rumahweb sebagai provider yang layak Anda pertimbangkan.

Mereka memiliki layanan support yang handal, harga hosting yang terjangkau, dan speed serper yang cepat.

Namun, perlu diingat bahwa uptime mereka bisa menjadi kendala. Jika Anda dapat mengatasi faktor ini, maka Rumahweb tetap merupakan pilihan yang layak untuk dipertimbangkan.

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang blogger yang mendalami dunia SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2012 hingga saat ini dan terus belajar memahami perkembangan logaritma yang terus di update oleh Google.

Tinggalkan komentar