Review Jagoanhosting 2023: Apakah Sesuai Ekspektasi Anda?

Joko Warino

Review Jagoanhosting 2023: Apakah Sesuai Ekspektasi Anda?

Di tengah maraknya penyedia hosting dari tahun ke tahun, Jagoan Hosting masih menjadi salah satu nama yang sering terdengar. Namun, apakah layanannya benar-benar memenuhi ekspektasi para pengguna?

Melalui artikel ini, kami akan melakukan review Jagoanhosting dengan mendalam. Selain mengulas fitur dan fasilitas yang tersedia, kami juga akan mengecek paket-paket yang tersedia.

Tidak hanya itu, kami juga akan mengetes layanan pelanggan Jagoan Hosting. Dengan membaca ulasan salah satu hosting terbaik Indonesia yang satu ini, Anda bisa membuat keputusan yang tepat untuk kebutuhan website.

Tentang Jagoan Hosting

layanan pelanggan Jagoan Hosting

Jagoan Hosting tentu bukan nama baru di industri hosting Indonesia. Berdiri sejak 2007, provider yang satu ini telah memberikan layanan untuk banyak pengguna.

Berada di bawah naungan PT. Beon Intermedia, Jagoan Hosting seringkali disandingkan dengan saudaranya, yaitu BEON. Namun, kedua provider ini sebenarnya memiliki misi yang berbeda. BEON sendiri hadir untuk melayani kebutuhan hosting premium.

Di sisi lain, Jagoan Hosting memfokuskan diri pada layanan berkualitas untuk pelanggan entry-level dengan penawaran harga yang kompetitif.

Reputasi Jagoan Hosting pun semakin baik dari waktu ke waktu. Hingga saat ini, provider yang satu ini mengklaim telah melayani lebih dari 70.000 pengguna, termasuk institusi, industri, dan E-Commerce di seluruh Indonesia. Khususnya di kalangan pengguna WordPress, popularitas mereka tak dapat diragukan lagi.

Dengan pengalamannya yang lebih dari satu dekade dalam industri perhostingan dan dukungan dari BEON – penyedia layanan hosting dengan target pasar menengah ke atas ini konsisten memberikan pelayanan optimal.

Faktanya, dalam komunitas WordPress Indonesia, banyak anggota yang merekomendasikan Jagoan Hosting sebagai pilihan utama. Berlokasi di Malang, Jawa Timur, Jagoan Hosting tak hanya menyediakan web hosting.

Mereka juga menawarkan berbagai layanan tambahan, seperti VPS murah, mail hosting, registrasi domain, dan lainnya. Bahkan, ada penawaran menarik bagi pelanggan yang membeli hosting minimal satu tahun, yaitu bonus domain gratis selamanya.

Tapi, apakah layanannya juga ‘jagoan’ sepertinya namanya? Simak ulasan kami berikut ini.

Rangkuman Data Hasil Penelitian

Berikut adalah tabel rangkuman hasil ulasan Jagoan Hosting kami. Paket yang kami review adalah cPanel Hosting Starter – S1.

RATING KAMI9.33/10
PAKET HOSTINGStarter - S1 (Sekarang IDOL)
WEBSITE TESTjokowa-jh.my.id
UPTIME SCORE99,912
% (Desember 2022 – Juli 2023)
AVG. SPEED259 ms (Desember 2022 – Juli 2023)
SUPPORT RATING10/10
HARGAMulai Rp15.000 per bulan
GARANSI30 Hari Uang Kembali
LOKASI SERVERJakarta, Surabaya, Chicago

Kelebihan Menggunakan Jagoan Hosting

Memilih penyedia layanan hosting yang tepat adalah hal yang krusial. Selain menentukan reputasi perusahaan Anda di dunia online, hosting yang tepat juga mendatangkan kesuksesan.

Jagoan Hosting menawarkan serangkaian solusi melalui keunggulannya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan Jagoan Hosting yang patut Anda pertimbangkan.

1. Kecepatan Server Hosting

hosting terbaik Indonesia

Hal pertama yang sebagian besar orang cari ketika memilih layanan hosting adalah kecepatan server.

Selain menentukan keberhasilan suatu situs web, kecepatan server seringkali menjadi faktor yang make or break kepercayaan pengguna situs web itu sendiri.

BULANSPEED (MS)
Desember 2022224
Januari 2023243,46
Februari 2023257,48
Maret 2023252,10
April 2023189,07
Mei 2023212,46
Juni 2023454,72
Juli 2023234,40
Rata-Rata259

Jagoan Hosting pun memahami hal ini dengan sangat baik. Berdasarkan data terbaru, selama periode Desember 2022 hingga Juli 2023, kecepatan rata-rata server Jagoan Hosting tercatat sebesar 259 milidetik.

Angka ini menunjukkan bahwa Jagoan Hosting berkomitmen untuk menyediakan performa server yang cepat dan responsif.

Pada akhirnya, hal ini memastikan pengalaman browsing yang lancar bagi pengunjung situs Anda.

2. Uptime yang Tinggi dan Stabil

Selain kecepatan Jagoan Hosting, uptime menjadi indikator vital yang menjadi pertimbangan utama dalam memilih layanan hosting. Hal ini menunjukkan seberapa sering server aktif dan dapat diakses tanpa gangguan.

Berikut adalah rangkuman uptime berdasarkan monitoring kami selama beberapa bulan terakhir.

BULANUPTIME (%)
Desember 2022100
Januari 202399,975
Februari 202399,980
Maret 202399,727
April 202399,977
Mei 202399,987
Juni 202399,667
Juli 202399,984
Rata-Rata99,912

Jagoan Hosting sendiri memiliki uptime rata-rata yang tinggi dan stabil, yaitu sebesar 99,912% sejak Desember 2022 hingga Juli 2023.

Angka tersebut juga berarti bahwa dalam satu bulan, server Jagoan Hosting hanya mengalami downtime kurang dari satu jam.

Bagi pengguna, uptime tinggi seperti ini berarti situs web mereka selalu online, mengoptimalkan kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung dan transaksi.

3. Knowledge Base yang Solid

Jagoan Hosting tak hanya menawarkan layanan hosting berkualitas, tetapi juga memberikan panduan mendalam bagi penggunanya.

Dengan halaman tutorial yang mencakup topik domain, hosting, cPanel, VPS, hingga WordPress hosting, platform ini menjadi rujukan komprehensif, terutama bagi pemula di dunia web.

Tidak berhenti di situ, bagi Anda yang mungkin bingung dengan jargon-jargon teknis, Jagoan Hosting menyediakan ‘Kamus Hosting’, sebuah sumber informasi untuk memahami istilah-istilah dalam industri hosting.

Setelah meninjau kontennya, kami sepakat bahwa konten yang tersedia di dalam kamus cukup komprehensif.

4. Garansi Uang Kembali 30 Hari

Untuk membuat penggunanya merasa yakin dan aman, Jagoan Hosting memberikan garansi uang kembali selama 30 hari.

Meskipun terdengar standar atau sama seperti kebanyakan penyedia layanan hosting, fasilitas yang satu ini tetap menjadi salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh Jagoan Hosting.

Namun, perlu Anda ingat bahwa garansi ini memiliki sederetan syarat dan ketentuan. Selain menjamin uang kembali selama 30 hari pertama, berikut ini adalah syarat dan ketentuan yang perlu Anda cermati.

  • Apabila bandwidth yang Anda gunakan telah lebih dari 10 GB, maka klaim garansi dinyatakan hangus.
  • Hak Anda untuk klaim garansi juga gugur apabila terdapat pelanggaran aturan layanan.
  • Tagihan untuk bulan kedua dan seterusnya yang sudah tercetak juga menggugurkan hak Anda untuk klaim garansi.
  • Garansi hanya berlaku apabila Anda belum pernah mengklaim garansi ini sebelumnya.
  • Khusus untuk layanan Cloud Mail, garansi hanya berlaku jika uptime service9% tidak terpenuhi dalam 30 hari pertama.

Sementara banyak provider memberikan garansi dengan syarat yang lebih longgar atau malah tanpa syarat, Jagoan Hosting memilih untuk menetapkan syarat yang lebih ketat.

Meski begitu, keberadaan garansi ini menunjukkan komitmen mereka untuk memberikan layanan berkualitas bagi pelanggannya.

5. Migrasi Hosting dan Domain Gratis di Jagoan Hosting

Jagoan Hosting memahami kebutuhan Anda untuk pindah dari penyedia hosting lama tanpa repot. Oleh karena itu, mereka menyediakan layanan migrasi hosting secara gratis.

Bagi Anda yang memilih paket hosting M3 untuk setidaknya satu tahun, ada berita baik lainnya: Anda akan mendapatkan domain .com sepenuhnya gratis!

Selain melakukan migrasi dengan gratis dan mudah, bonus domain tanya syarat tambahan ini sangat menguntungkan untuk pengguna.

6. Backup Harian Gratis

Untuk keamanan data, kebanyakan orang mencari layanan backup harian gratis.

Jagoan Hosting memenuhi kebutuhan tersebut dengan menyediakan backup harian tanpa biaya tambahan, berbeda dengan penyedia hosting lain yang kerap membebani pengguna dengan tarif tambahan untuk layanan serupa.

7. Keunggulan Teknologi Hosting

Penyedia layanan hosting yang satu ini menawarkan sederetan solusi hosting unggulan. Beberapa di antaranya merupakan kombinasi teknologi terkini, seperti CloudLinux System, Litespeed Server Enterprise, dan dukungan CloudFlare.

Hasilnya? Website pun hadir dengan kecepatan akses optimal dan stabilitas server yang cukup tinggi. Selain itu, fitur hosting seperti ini memang belum ada di banyak layanan hosting.

Kekurangan Menggunakan Jagoan Hosting

Seperti produk lain pada umumnya, Jagoan Hosting juga memiliki sederet kelemahan.

Berikut ini adalah beberapa kekurangan Jagoan Hosting yang penting untuk Anda pertimbangkan, apalagi sebelum menentukan layanan hosting tertentu.

1. Tidak Ada Layanan Live Chat

Responsivitas tentunya menjadi salah satu kunci. Namun, ketika kami melakukan pengujian di bulan Agustus 2023 dan ingin menanyakan suatu hal terkait layanannya, kami tidak menemukan tombol Live Chat di halaman resminya (saat tidak login ke member area).

Padahal, keberadaan ini seakan menjadi standar layanan pelanggan. Namun, Jagoan Hosting memang menyediakan maupun menjawab segala pertanyaan melalui WhatsApp Chat, tombolnya terdapat di bagian kanan bawah layar.

Mungkin keberadaan WhatsApp Chat ini bermaksud mengimbangi layanan. Namun, bagi kami keberadaan Live Chat adalah hal yang krusial dan ketiadaannya menjadi kelemahan yang sebaiknya diperbaiki oleh Jagoan Hosting.

2. Denda Keterlambatan Pembayaran Hosting

Lebih dari apapun, penting sekali untuk memperhatikan tanggal jatuh tempo. Apabila terlambat, Jagoan Hosting akan menjatuhkan denda untuk keterlambatan tersebut.

Pada akhirnya, Anda akan terbebani dengan tambahan biaya tersebut. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menanyakan detail paket yang akan Anda beli sebelum berkomitmen.

Selain itu, kami menyarankan untuk rajin backup data situs web  Anda secara manual. Sebab, apabila Anda membutuhkan layanan backup dari Jagoan Hosting karena data hilang, Anda harus membayar biaya tambahan sebesar Rp500.000. Cukup signifikan, bukan?

3. Harga Hosting Murah dengan Syarat

Meski Jagoan Hosting menawarkan harga hosting yang terjangkau, ada detail yang perlu Anda ketahui. Harga yang kompetitif tersebut berlaku hanya jika Anda berkomitmen untuk periode 3 tahun.

Ini mungkin kurang fleksibel bagi beberapa pengguna, terutama mereka yang ingin memiliki opsi untuk migrasi jika layanan tidak sesuai ekspektasi.

Rangkuman Paket Layanan Jagoan Hosting

Jagoan Hosting hadir dengan serangkaian paket layanan yang menarik. Untuk paket hosting sendiri, penyedia layanan ini menawarkan tiga paket utama, yaitu Web Hosting Indonesia Murah, Dedicated Hosting, dan Cloud Hosting MixMatch. Berikut adalah detail paket-paketnya.

1. Paket Web Hosting Murah

Hosting Indonesia Murah

Paket yang satu ini khusus dibuat untuk Anda yang mencari solusi hosting handal dengan harga JagoanHosting yang kompetitif. Meskipun terjangkau, Jagoan Hosting memastikan bahwa paket yang satu ini telah menyesuaikan berbagai kebutuhan.

IDOL – Rp15.000 per bulan

Apabila Anda mencari paket yang sangat terjangkau dan cocok untuk bisnis lokal di pasar Indonesia, maka Paket IDOL adalah pilihan yang tepat.

Paket yang satu ini bisa menampung hingga 60.000 pengunjung tiap bulannya dan Anda pun bisa menikmati domain gratis dengan paket yang satu ini.

SUPERSTAR (BEST DEALS) – Rp45.000 per bulan

Untuk situs web yang traffic-nya lebih padat, paket SUPERSTAR bisa menjadi pertimbangan. Dalam satu bulan, paket ini bisa menangani kapasitas ±120.000 pengunjung/bulan.

Selain mendapatkan bonus domain .com atau .id gratis selama dua tahun, masih ada serangkaian fitur yang bisa Anda dapatkan.

LEGEND – Rp75.000 per bulan

Jagoan Hosting juga menawarkan paket LEGEND untuk situs web yang sedang berkembang pesat. Paket ini bisa menampung hingga 200.000 pengunjung per bulan dengan ruang penyimpanan lebih lega.

Anda pun bisa menikmati domain .com atau .id gratis dengan pembelian pelayanan minimal satu tahun.

Perlu Anda ingat bahwa harga di atas masih belum termasuk PPN 11%. Namun, Jagoan Hosting menjamin bahwa tidak ada biaya tersembunyi.

Selain itu, harga perpanjangan hosting sama dengan harga awal. Oleh karena itu, tidak berlebihan jika paket ini termasuk salah satu web hosting murah terbaik di Indonesia.

2. Paket Dedicated Hosting: Solusi Hosting cPanel Mutakhir

harga JagoanHosting

Apabila Anda mencari solusi hosting dengan performa terbaik yang mendukung bisnis Ada, Paket Dedicated Hosting bisa Anda pertimbangkan. Dengan harga bersaing, semua paket yang ada di sini siap memberikan layanan maksimal.

Paket Ruby: Business-Class Server – Rp200.000 per bulan

Paket Ruby ini memiliki server yang berlokasi di Indonesia. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan paket ini untuk pasar bisnis lokal. Selain layanannya tanpa antrian, paket ini menawarkan dedikasi 1 server untuk 1 pelanggan.

Paket Diamond: Premium Hosting Experience – Rp900.000/bulan

Paket yang satu ini juga cocok untuk bisnis dengan fokus pasar dalam negeri karena lokasi server Jagoan Hosting paket ini ada di Indonesia. Kapasitas dan performanya jauh lebih luas daripada paket sebelumnya.

Bahkan, layanannya tanpa antrian berikut beberapa fitur Jagoan Hosting unggulan lainnya, seperti Exclusive Line Priority Support, Extended Backup di tingkat server, dan dedicated IP.

Spesifikasi Fantastis: Dedicated Server – Mulai dari Rp2.500.000/bulan

Lalu, apabila Anda mencari layanan canggih dengan spesifikasi fantastis, ada paket Dedicated Server yang bisa anda coba. Jagoan Hosting memberikan layanan konsultasi dengan tim IT berpengalaman yang telah mengelola lebih dari 150.000 infrastruktur server.

Selain inovasi IT yang berdampak besar, paket ini memberikan fitur-fitur lain yang memungkinkan Anda mengakses teknologi yang berkembang dari waktu ke waktu.

3. Cloud Hosting MixMatch

fitur Jagoan Hosting

Jagoan Hosting juga memberikan Anda kemudahan untuk meracik paket sesuai dengan kebutuhan Anda. Bahkan Anda bisa mengalokasikan sumber daya dengan bebas, sehingga apa yang Anda dapatkan customized.

Untuk paket hosting yang satu ini, Anda bisa mendapatkan keuntungan sebagai berikut.

  • Kebebasan Meracik: Tidak ada lagi keterbatasan dari paket standar yang ditawarkan provider hosting. Anda punya kendali penuh atas spesifikasi hosting Anda.
  • Performa Maksimal: Dapatkan performa terbaik untuk website Anda dengan teknologi Cloud Hosting terdepan di Indonesia.
  • Harga Sesuai Kebutuhan: Mulai dari Rp175.000, Anda bisa mendapatkan paket yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

Lebih dari apapun, paket ini memang dibuat untuk para pengguna yang menginginkan layanan di atas paket standar. Bahkan, Anda juga bisa menentukannya sesuai dengan ketersediaan budget.

Informasi Penting Lainnya

JagoanHosting sebenarnya memberikan layanan Live Chat namun mengharuskan login ke member area dulu. Oleh karena itu, tim kami mencoba customer support via WhatsApp.

layanan pelanggan JagoanHosting

Kami menanyakan bagaimana cara menginstal WordPress atau platform lain ke hosting. Tim customer support menjawab pertanyaan dengan tepat sasaran dan cepat. Rata-rata pertanyaan kami dijawab dalam kurun waktu 1-2 menit saja.

Kesimpulan: Apakah Kami Merekomendasikan Jagoan Hosting?

Jagoan Hosting memberikan berbagai pilihan paket yang menyesuaikan kebutuhan penggunanya. Selain itu, penyedia layanan hosting yang satu ini juga menyajikan kecepatan server yang baik dan uptime yang stabil, Jagoan Hosting tampaknya menjadi pilihan yang sangat menarik.

Namun, apabila Anda mencari layanan hosting yang juga siap sedia dengan Live Chat dan fleksibilitas pembayaran jangka pendek, keterbatasan ini perlu Anda pertimbangkan.

Secara umum, Jagoan Hosting bisa menjadi pilihan yang bagus untuk banyak pengguna, terutama mereka yang berfokus pada kecepatan, stabilitas, dan teknologi hosting.

Namun, seperti dengan semua layanan, pastikan Anda menyesuaikannya dengan preferensi pribadi dan kebutuhan situs web. Demikian review Jagoanhosting dari kami. Semoga semua pertanyaan Anda terjawab melalui tulisan di atas.

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang blogger yang mendalami dunia SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2012 hingga saat ini dan terus belajar memahami perkembangan logaritma yang terus di update oleh Google.

Tinggalkan komentar