Review Exabytes 2023: Recommended Untuk Para Blogger dan Pelaku Bisnis

Joko Warino

Cari tahu semua yang perlu Anda ketahui tentang Exabytes dalam review mendalam kami

Anda pasti sudah tidak asing dengan nama Exabytes. Penyedia layanan hosting berskala internasional ini telah berdiri selama 18 tahun. Cabangnya yang ada di Indonesia sendiri telah berdiri sekitar tujuh tahun lamanya.

Hingga saat ini, Exabytes telah dibagikan lebih dari 3.000 kali dan mengumpulkan hampir 4.000 pengikut di Twitter, serta lebih dari 34.000 followers Facebook.

Namun, apakah performanya sebaik popularitasnya? Simak review Exabytes berikut sebelum memutuskan untuk memilih layanan provider yang satu ini.

Tentang Exabytes

PT. Exabytes Networking Indonesia adalah perusahaan teknologi asal Malaysia yang beroperasi di bawah domain exabytes.co.id

PT. Exabytes Networking Indonesia yang beroperasi di bawah domain exabytes.co.id adalah perusahaan teknologi asal Malaysia. Fokus utama perusahaan ini adalah memberikan Exabytes cloud solution, bisnis digital, dan juga e-commerce.

Saat ini, Exabytes memiliki cabang di Singapura dan Indonesia, sehingga menjadi salah satu pemain kunci di Asia Tenggara. Bahkan, pelanggannya sudah lebih dari 160.000.

Perusahaan yang satu ini telah berdiri sejak 2001. Selain menawarkan layanan domain dan hosting yang handal, Exabytes juga hadir dengan jasa desain website profesional. Bahkan, pelanggan juga bisa memilih layanan digital marketing yang komprehensif.

Saat ini, keberadaan Exabytes di Indonesia berdedikasi membantu Usaha Kecil Menengah (UKM) dan merambah pasar digital yang potensial.

Prestasi Exabytes diakui secara luas, dengan perolehan penghargaan yang konsisten, termasuk Golden Bull Award sejak 2007 dan Sin Chew Business Excellence Award pada 2014.

Penyedia hosting yang satu ini telah mengelola lebih dari 1.000 server dan 100.000+ website, serta 1.000.000+ akun email. Tidak heran jika Exabytes menjadi penyedia solusi e-commerce dan cloud solution terkemuka di Asia Tenggara.

Rangkuman Data Hasil Penelitian

Ulasan Exabytes ini  menggunakan paket cPanel 13 Lite. Kami telah melakukan monitoring sejak Desember 2022 hingga Juli 2023. Berikut adalah rangkuman data hasil monitoring dan kami.

RATING KAMI10/10
PAKET HOSTINGPaket Hosting cPanel 13 Lite
WEBSITE TESTJokowa-eby.my.id
UPTIME SCORE99,977
% (Desember 2022 – Juli 2023)
AVG. SPEED475,527 ms (Desember 2022 – Juli 2023)
SUPPORT RATING10/10
HARGAWeb Hosting mulai Rp 19.900
GARANSI100 Hari Uang Kembali
LOKASI SERVERDenver, Kuala Lumpur, Penang, Cyberjaya, Singapura

Kelebihan Menggunakan Exabytes

Exabytes menjadi pemain yang menjanjikan di dunia hosting. Selain layanan yang stabil, penyedia hosting yang satu ini juga menawarkan serangkaian fitur menarik.

Tidak hanya uptime yang tinggi, Exabytes juga menawarkan garansi uang kembali dan paket-paket layanan yang menyesuaikan berbagai kebutuhan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan Exabytes yang bisa Anda nikmati.

1. Exabytes Uptime yang Tinggi dan Stabil

Beberapa Exabytes hosting review di internet menyebutkan bahwa uptime Exabytes agak mengecewakan, hanya di angka 99,38%. Namun, data terbaru menunjukkan peningkatan yang signifikan pada uptime server Exabytes.

uptime exabytes dalam beberapa bulan terakhir

Dari data ini, Exabytes tampak berdedikasi untuk menjadi penyedia hosting dengan uptime server yang sangat tinggi. Oleh karena itu, apabila Anda adalah pengguna yang mementingkan uptime, maka Exabytes patut masuk ke daftar pertimbangan.

BULANUPTIME (%)
Desember 2022100
Januari 202399,966
Februari 202399,931
Maret 202399,984
April 202399,993
Mei 202399,996
Juni 202399,998
Juli 202399,949
Rata-Rata99,912

Dari data ini, Exabytes tampak berdedikasi untuk menjadi penyedia hosting dengan uptime server yang sangat tinggi.

Oleh karena itu, apabila Anda adalah pengguna yang mementingkan uptime, maka Exabytes patut masuk ke daftar pertimbangan.

Namun, apabila Exabytes server mendadak lemot dan tidak sesuai dengan klaim, jangan ragu untuk menggunakan money back policy yang ditawarkan oleh Exabytes.

Kami menyarankan untuk langsung mengunjungi laman resmi Exabytes untuk informasi yang lebih lanjut.

Singkatnya, Exabytes menunjukkan komitmen terhadap kualitas dan kepuasan pelanggannya. Tidak heran jika hosting yang satu ini menjadi pertimbangan banyak pengguna.

2. Kepercayaan Tinggi dari Pelanggan

Bicara soal popularitas, Exabytes berada dalam top-3 hosting provider populer di Indonesia.

Hal ini bisa menjadi parameter keberhasilan layanannya, sehingga pengguna memilih Exabytes untuk layanan hosting mereka.

Kepercayaan Tinggi dari Pelanggan

3. Garansi Uang Kembali 100 Hari

Garansi uang kembali memang salah satu jaminan yang umum. Namun, Exabytes berani memberikan garansi hingga 100 hari yang mana jauh melampaui garansi pada umumnya yang ditawarkan.

Selain menunjukkan kepercayaan diri yang tinggi, Exabytes juga menunjukkan komitmen terhadap layanan yang mereka tawarkan dan berikan kepada pelanggan. Bahkan, garansi ini berlaku tanpa syarat.

Namun, ada hal yang perlu Anda perhatikan. Garansi ini hanya berlaku untuk pelanggan lama yang sudah membeli dan menggunakan paket selama satu tahun.

Selain itu, paket EBiz 12 Mini dan zPanel 12 Beginner tidak termasuk dalam penawaran garansi uang kembali 100 hari ini.

Oleh karena itu, apabila Anda berniat untuk menggunakan Exabytes, kami sarankan untuk membeli paket minimal satu tahun. Sehingga, Anda bisa mendapatkan manfaat dari money-back guarantee yang ditawarkan.

Exabytes juga memberikan garansi khusus selama 3 hari untuk domain ID. Hal ini tentu memberikan opsi lebih untuk klaim garansi jika diperlukan. Langsung kunjungi laman resmi Exabytes, ya, untuk informasi lebih lanjut.

4. Gratis Layanan Backup Harian

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh Exabytes adalah backup harian yang gratis dan sangat penting untuk keamanan situs web Anda.

Layanan ini umumnya tidak diberikan secara gratis oleh penyedia hosting lain. Di sisi lain, Exabytes menawarkan fitur ini untuk semua paketnya.

Selain menawarkan backup gratis, Exabytes juga menyediakan durasi penyimpanan backup hingga 14 hari terakhir.

Ini akan menjadi fitur yang sangat menguntungkan untuk Anda, apalagi jika terjadi masalah yang mengharuskan Anda me-restore website.

Dengan demikian, layanan backup harian yang disertai dengan penyimpanan file selama 14 hari bukan hanya sekedar fitur tambahan.

Hal ini merupakan bentuk komitmen Exabytes untuk memastikan keamanan pelanggannya. Selain itu, layanan ini tidak memerlukan biaya tambahan.

5. Domain Gratis Paket Hosting Exabytes

Exabytes juga menawarkan domain gratis untuk hampir semua paket hosting yang tersedia. Selain menjadi keuntungan yang signifikan untuk pengguna, fitur ini menghemat biaya Anda – biasanya domain harus Anda beli secara terpisah.

Namun, seperti penjelasan sebelumnya, hanya sebagian besar paket yang hadir dengan pilihan fitur ini.

WP 12, cPanel 12 Beginner, dan EBiz Mini, misalnya, termasuk dalam paket yang paling ekonomis. Oleh karena itu, paket-paket di atas tidak mendapatkan fitur Exabytes domain gratis.

Dengan demikian, apabila Anda mencari paket dengan domain gratis, Anda bisa memilih Exabytes dengan paket yang mungkin sedikit mahal.

Namun, tenang saja, ada banyak fitur menarik yang tersedia dari paket-paket yang harganya lebih tinggi itu.

6. Fitur Keamanan Exabytes Termasuk SSL

Lebih dari apapun, keamanan adalah aspek yang sangat penting untuk situs web. Hal tersebut juga mempengaruhi integritas situs Anda. Exabytes Indonesia hadir dengan berbagai fitur keamanan yang kuat.

Selain itu, fitur keamanannya sudah termasuk sertifikat SSL. Sertifikat ini akan melindungi semua data yang terkirim antara server dan pengunjung situs web Anda. Selain itu, SSL juga memberikan tampilan yang lebih aman dan terpercaya.

Hal menarik lainnya adalah Exabytes menyertakan Website Scanner yang mengidentifikasi dan menghalau potensi ancaman keamanan.

Selain itu, ada juga Filter Email Spam yang berfungsi menjaga kotak masuk email Anda dari pesan yang tidak diinginkan.

Dengan perangkat keamanan ini, Exabytes berkomitmen untuk membantu bisnis online Anda beroperasi dengan lancar.

Pengguna pun tidak perlu khawatir akan gangguan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

7. Waktu Respons yang Stabil

speed Exabytes dalam beberapa bulan terakhir

Exabytes menunjukkan komitmen yang kuat terhadap kualitas layanannya dengan mempertahankan waktu respons server yang stabil.

BULANSPEED (MS)
Desember 2022568,14
Januari 2023554,92
Februari 2023572,32
Maret 2023573,02
April 2023550,03
Mei 2023538,02
Juni 2023221,44
Juli 2023226,33
Rata-Rata475,52

Berdasarkan pantauan kami dalam beberapa bulan terakhir, Exabytes memberikan speed rata-rata 475,52 milidetik.

Dalam dunia hosting, angka ini cukup impresif, sehingga pengguna tidak perlu menunggu lama ketika memuat laman situs.

8. Layanan Pelanggan yang Cukup Baik

Layanan Pelanggan yang Cukup Baik

Kami juga telah menguji kecepatan customer support dari Exabytes Indonesia. Anda bisa menemukan tombol live chat di pojok kanan bawah halaman.

Berdasarkan customer support review kami, tim layanan pelanggan sangat mudah dihubungi melalui Live Chat.

Tim juga menjawab pertanyaan teknis dengan cepat, informatif, dan lugas, sehingga pengguna pun mudah untuk memahami panduan untuk menyelesaikan masalah. Bahkan, CS membantu menyelesaikan masalah tanpa bertele-tele.

Kekurangan Menggunakan Exabytes

Seperti produk lain pada umumnya, Exabytes juga memiliki kelemahan. Meskipun penyedia hosting yang satu ini telah berhasil membangun reputasi yang terpercaya, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menentukan Exabytes sebagai hosting Anda.

Berikut ini adalah beberapa kekurangan Exabytes yang perlu perhatian Anda.

1. Domain Gratis Tidak untuk Semua Pengguna

Kami telah menjelaskan di atas bahwa Exabytes menawarkan domain gratis. Namun, tidak semua paket memiliki opsi tersebut.

Apalagi jika Anda masih pemula dalam dunia hosting, menggunakan paket yang paling ekonomis dan ramah pengguna baru tentu menjadi pilihan.

Sayangnya, paket yang paling ekonomis dan beginner-friendly tidak menawarkan domain gratis.

Bahkan, kalaupun Anda memilih paket hosting yang lebih mahal, Anda baru bisa mendapatkan domain gratis setelah menggunakannya selama satu tahun.

Oleh karena itu, menjadi pengguna Exabytes mengharuskan Anda berkomitmen sejak awal.

2. Migrasi Hosting Tidak Gratis

Beberapa penyedia hosting memberikan fitur migrasi gratis. Namun, hal tersebut tidak terdapat pada Exabytes.

Exabytes web hosting akan membebankan biaya pada pengguna yang akan melakukan migrasi, yaitu sebesar Rp300.000.

Meskipun relatif terjangkau, hal ini akan menjadi keterbatasan untuk pengguna yang on-budget.

Apalagi, saat ini banyak sekali penyedia web hosting yang menawarkan jasa migrasi gratis. Sehingga, kebijakan Exabytes yang satu ini cukup unik dan tidak menjadi prioritas.

Memang benar, sesekali Exabytes menawarkan potongan harga hingga 50%. Namun, bukankah banyak orang akan memilih yang gratis?

3. Biaya Perpanjangan yang Agak Mahal

Exabytes, layaknya penyedia hosting lainnya, menawarkan diskon menarik untuk pelanggan baru sebagai bagian dari strategi pemasarannya. Ini adalah sebuah tawaran yang sangat menggoda di awal.

Namun, penting untuk Anda ingat bahwa diskon ini biasanya hanya berlaku untuk periode awal pembelian.

Nantinya, ketika Anda harus memperpanjang layanan hosting, harga yang harus Anda bayarkan umumnya lebih tinggi dari tarif awal – mengingat tarif awal sudah mendapatkan potongan harga.

Dalam beberapa kasus, kenaikan harga ini bisa mencapai hingga lima kali lipat dari harga awal, atau mungkin kurang, tergantung pada paket yang Anda pilih.

Untuk itu, sebelum memutuskan untuk berlangganan, sangat disarankan untuk menanyakan dan memahami dengan jelas struktur harga Exabytes untuk melakukan perpanjangan paket.

Dengan demikian, Anda akan terhindar dari kejutan ketika tiba saatnya untuk memperpanjang layanan hosting Anda.

4. Interface Panel Kontrol yang Kurang Newbie-Friendly

Exabytes Indonesia menawarkan sebuah Area Pengguna yang memungkinkan Anda untuk melihat layanan dan domain yang dibeli. Mengakses cPanel hosting cukup mudah: klik Layanan > Nama Paket Hosting Anda.

Meskipun cPanel populer, bagi beberapa pengguna pemula, tampilannya mungkin kurang ramah.

Exabytes juga menyematkan beberapa tools yang mendukung marketing dan SEO.

Pengguna juga bisa langsung mengakses menunya dengan mudah. Namun, kekurangannya terletak pada absennya Softaculous atau aplikasi installer satu klik.

Exabytes menyediakan pre-install untuk CMS populer, seperti WordPress, Drupal, dan Joomla. Sayangnya, pengguna harus melakukan instalasi manual, yang mungkin cukup merepotkan untuk pemula.

Rangkuman Penawaran Paket Layanan Exabytes

Saat ini terdapat serangkaian pilihan paket dan layanan untuk untuk berbagai kebutuhan. Berikut adalah beberapa paket yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Paket Hosting Linux

daftar harga paket hosting Linux yang ditawarkan Exabytes

Dapatkan kapasitas penyimpanan minimal 2 GB dengan paket ini. Dibundel dengan sertifikat SSL Comodo yang menjamin keamanan situs Anda.

Layanan WHOIS Protection gratis tersedia untuk melindungi identitas Anda sebagai pemilik domain.

Semua ini ditawarkan dengan harga Rp25.000 hingga Rp50.000. Jika Anda beruntung, mungkin Anda bisa mendapatkan diskon hingga setengah harga.

2. Paket Hosting Windows

paket hosting yang ditawarkan Exabytes untuk Windows

Layanannya mirip dengan paket Linux. Namun, paket yang ini hadir dengan elemen pendukung dari Microsoft, seperti Microsoft Content Linking Component dan ServerXMLHTTP.

Pengguna juga sudah bisa menikmati fitur sertifikat SSL dan pilihan server yang beragam dan fitur Exabytes menarik lainnya.

3. Paket Domain Lengkap

Exabytes menawarkan pilihan domain yang luas, seperti .id, .com, dan lainnya, lengkap dengan WHOIS Protection.

Berdasarkan informasi terbaru, harga domain seperti .com ditawarkan seharga Rp179.000 untuk satu tahun.

4. Paket DS1000

Sebagai paket Managed Dedicated Server Hosting, DS1000 dibanderol dengan harga sekitar Rp24.000 per bulan.

Pelanggan akan mendapatkan space sebanyak 1GB secara gratis, serta mendukung layanan database unlimited, park domain, email, dan add on domain.

5. Paket VPS (Virtual Private Server)

paket VPS yang ditawarkan oleh Exabytes

Exabytes menawarkan paket VPS yang memungkinkan Anda untuk menggunakan resource server untuk keperluan pribadi. Ini artinya, Anda tidak perlu berbagi dengan pengguna hosting lainnya.

Selain itu, paket ini juga hadir dengan prosesor Hexa Core Intel Xeon, yang performanya sudah terbukti tangguh. Penyimpanan SSD juga membuat penyimpanan dan prosesnya lebih cepat.

Lebih dari apapun, Exabytes berkomitmen membantu pengguna menemukan solusi hosting yang tepat.

Melalui pilihan paket yang informatif dan komprehensif, penyedia hosting yang satu ini memberikan opsi untuk bisnis dengan berbagai skala.

Kesimpulan: Apakah Kami Merekomendasikan Exabytes?

Exabytes tampaknya hadir sebagai pilihan yang solid dan menawarkan berbagai fitur menarik, seperti uptime stabil, fitur keamanan kuat, dan garansi uang kembali yang panjang.

Namun, pengguna juga perlu mempertimbangkan kelemahannya. Salah satu kekurangan utamanya adalah struktur harga dan biaya tambahan untuk beberapa layanan.

Namun, apakah kami merekomendasikan Exabytes? Apabila Anda tidak masalah dengan anggaran dan biaya-biaya tambahan, maka Exabytes bisa menjadi pilihan hosting untuk situs web Anda.

Namun, jika Anda mencari layanan yang sudah menyediakan migrasi gratis dan domain gratis untuk paket hosting yang ekonomis, Exabytes bukan kandidat yang sepenuhnya menjawab keperluan Anda.

Demikian review Exabytes dari kami. Semoga membantu dalam memilih layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang blogger yang mendalami dunia SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2012 hingga saat ini dan terus belajar memahami perkembangan logaritma yang terus di update oleh Google.

Tinggalkan komentar