Dalam dunia pemasaran digital, Anda tentunya pernah mendengar istilah copywriting. Istilah tersebut merujuk pada salah kekuatan atau ujung tombak dalam aktivitas perniagaan tersebut. Lantas, apa itu copywriting?
Artikel atau tulisan yang tercantum dalam iklan produk atau layanan, tidak disusun secara sembarangan. Teks tersebut tercipta dari para penulis yang kemudian disebut dengan copywriter. Tugas mereka adalah memastikan naskah advertorial tersebut mampu menghubungkan penjual dengan konsumen.
Mengenal Copywriting
Copywriting adalah teks advertorial yang terdiri dari susunan berbagai jenis konten untuk menghasilkan pendapatan. Kemudian, akan mendorong prospek para customer untuk mengambil tindakan.
Misalnya, Anda berfokus pada peningkatan konten situs untuk meyakinkan pengunjung melakukan pembelian atau berlangganan buletin email Anda. Maka, penting untuk memikirkan dengan hati-hati tentang langkah-langkah untuk sampai ke titik itu.
Ketika digunakan dengan taktik pemasaran lainnya, naskah ini akan secara bertahap dapat memindahkan orang ke corong penjualan. Prospek yang dituju pada akhirnya adalah melakukan pembelian dengan teknik penulisan efektif. Atau, memberikan dorongan terhadap pembaca agar membeli sesuatu.
Contoh naskah ini ada di banyak media, misalnya kemasan produk, slogan merek, dan promosi hingga iklan email toko ritel.
“Copywriting harus bisa menginspirasi target audiens target untuk mengambil tindakan. Dari perspektif strategis, setiap proyek copywriting harus memiliki tujuan yang jelas.”
Tugas Copywriter
Copywriter adalah penulis yang memiliki tugas menyusun naskah menarik untuk aset pemasaran dan tujuan tertentu. Saat mengerjakan tugas ini, mereka meneliti produk, hingga mewawancarai customer serta melakukan analisis secara kompetitif.
Dengan kemampuan tersebut, mereka menulis beberapa versi salinan untuk mencapai tujuan pemasaran, berkolaborasi dengan manajemen pemilik merek selama proses berlangsung.
Setiap revisi draft tulisan bertujuan demi menyempurnakan salinan, agar menjadi unik, menarik dan dapat mengubah calon konsumen menjadi customer tetap hingga loyal.
Copywriter harus bisa mencoba membuat orang merasakan, berpikir, atau merespons melalui copy yang dibuatnya, hanya dengan sedikit kata-kata. Ini beda dengan tugas content writer yang membuat tulisan untuk blog.
Tips copywriting yang baik, wajib memiliki dasar menulis kuat. Kemudian membutuhkan keterampilan lain seperti komunikasi, analisis, menyelesaikan masalah, kreatif dan wawancara.
Mengapa Copywriting Penting?
Ketika berkecimpung di dunia perdagangan, Anda tentunya memiliki banyak tugas untuk memasarkan produk atau jasa. Dari media sosial hingga desain situs web, ada banyak hal yang Anda lakukan untuk membuat kampanye pemasaran sukses.
Namun, yang sering kali terabaikan oleh sebagian besar pemasar adalah pentingnya penulisan naskah bermuatan advertorial. Cara mengomunikasikan pesan dapat berpengaruh terhadap strategi perdagangan. Tulisan yang baik dapat membuat produk Anda menonjol dan membantu perusahaan Anda berhasil.
Inilah beberapa tujuan copywriting :
1. Sebagai Dasar Pemasaran dan Periklanan
Tanpa konten yang efektif, Anda tidak akan dapat menjual barang atau jasa Anda. Itulah mengapa konten ini menjadi dasar penjualan dan periklanan. Tanpa itu, industri tersebut kesulitan untuk bertahan.
2. Membantu Menceritakan Kisah Merek Anda
Manfaat copywriting lebih dari sekadar menjual barang atau jasa, namun juga dapat membantu menceritakan kisah brand Anda. Di pasar yang kompetitif saat ini, menceritakan brand menjadi lebih penting dari sebelumnya.
Dengan begitu banyak bisnis yang menjual hal serupa, customer sering kali mencari sesuatu yang berbeda, yaitu sesuatu yang selaras dengan mereka secara pribadi.
3. Menjangkau Target Audiens Anda
Seorang penulis berpengalaman tahu bagaimana menggunakan bahasa yang beresonansi dengan audiens tertentu, dengan berbicara soal kebutuhan, keinginan, dan keinginan. Mereka juga tahu cara menggunakan kata kunci dan teknik pengoptimalan mesin penelusuran (SEO) lainnya.
Dengan begitu mereka dapat memastikan bahwa konten mereka menjangkau orang-orang yang tertarik dengan apa yang mereka katakan. Metode copywriting ini akan memainkan peran penting dalam keberhasilan tujuan perdagangan atau periklanan Anda.
Jenis-Jenis Copywriting
Naskah ini berguna untuk menyampaikan pesan kepada audiens dengan cara yang bermakna dan menarik. Tapi apa saja jenisnya? Dan mana yang tepat untuk proyek Anda? Mari kita lihat lebih dekat jenisnya, dari yang paling umum dan manfaatnya.
1. Iklan
Konten iklan berguna untuk promosi barang, jasa atau merek. Ini biasanya lebih pendek dan bersifat lebih langsung. Sebab, tujuannya adalah untuk menarik perhatian pembaca dan mendorong mereka untuk mengambil tindakan.
Format yang baik harus jelas, ringkas, dan diarahkan pada audiens target, dengan mempertimbangkan kebutuhan dan minat mereka. Dengan memahami cara menulis teks iklan yang menarik, Anda dapat membuat materi yang akan membantu meningkatkan penjualan dan membangun loyalitas customer.
2. Surat Penjualan
Materi penjualan berguna untuk membujuk pembaca agar mengambil tindakan tertentu, seperti melakukan pembelian. Anda dapat menggunakan surat penjualan dalam berbagai kampanye bisnis dan advertensi. Baik dalam format surat langsung dan pesan email.
Saat menulis surat penjualan, sangat penting untuk berfokus pada manfaat barang atau jasa yang Anda jual. Kemudian memastikan surat tersebut jelas dan mudah dibaca. Penting juga untuk menyertakan ajakan bertindak sehingga pembaca tahu apa yang perlu mereka lakukan selanjutnya.
Misalnya, materi penjualan untuk mobil baru mungkin berisi informasi tentang fitur dan manfaat mobil tersebut, serta tawaran untuk test drive. Tujuan surat tersebut adalah untuk meyakinkan pembaca bahwa mobil tersebut layak untuk mereka beli.
3. Konten Web
Konten web sering mengacu pada tulisan yang ada di situs web. Ini mencakup semuanya, mulai dari tajuk utama dan salinan tubuh hingga teks ALT pada gambar dan deskripsi meta postingan blog.
Meskipun tujuan utama konten web adalah menyampaikan informasi kepada pengunjung situs, Anda juga dapat menggunakannya untuk membujuk pembaca agar mengambil tindakan. Misalnya, ajakan call to action (CTA) yang efektif mendorong pengunjung situs web untuk mendaftar buletin atau berlangganan layanan.
4. Brosur dan Katalog
Jenis materi ini memberikan gambaran tentang produk atau layanan suatu perusahaan. Umumnya menyertakan deskripsi dan gambar terperinci untuk membantu konsumen membuat keputusan pembelian yang tepat.
Materi ini dapat menjadi alat perdagangan yang efektif, karena dapat menjangkau khalayak luas dengan sedikit usaha. Misalnya, sebuah perusahaan dapat mendistribusikan brosur di pameran atau mengirimkannya langsung ke konsumen.
Selain itu, Anda dapat menggunakannya untuk memperkenalkan customer potensial pada penawaran perusahaan.
5. Email Marketing
Salah satu contoh kampanye pemasaran email efektif adalah surat elektronik selamat datang yang dikirim ke customer baru setelah mereka mendaftarkan diri. Jenis surat elektronik ini biasanya berisi pesan yang dipersonalisasi dari pengirim dan tautan ke konten populer di situs.
Email sambutan membantu Anda membangun hubungan baik dengan customer baru dan mendorong mereka menjelajahi situs web Anda lebih jauh.
6. Penulisan SEO
Ini merupakan jenis tulisan yang berguna untuk membantu peringkat halaman situs web lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari. Sementara copywriting konvensional berfokus pada pembuatan konten yang persuasif dan menarik, model SEO ini juga mempertimbangkan kata kunci dan teknik pengoptimalan lainnya.
Ketika dilakukan dengan benar, model tulisan ini dapat membantu situs web Anda menarik lebih banyak lalu lintas organik. Kemudian meningkatkan visibilitas online Anda secara keseluruhan.
Contoh Copywriting
Contoh copywriting berikut adalah dari situs Kredivo. Mereka mencantumkan kata-kata “Beli Sekarang, Bayar Nanti”. Di sini, terlihat bagaimana langkah untuk menonjolkan sebuah manfaat dari produk. Kemudian, cerminan dari manfaat jasa dari perusahaan tersebut.
Dari naskah di atas, Anda bisa melihat bagaimana penjelasan secara langsung dan dapat Anda pahami saat itu juga.
Kesimpulan
Apa itu copywriting? Ini merupakan penulisan teks persuasif atau informatif untuk pemasaran atau periklanan. Langkah ini merupakan cara yang bagus untuk memengaruhi calon pelanggan atau pembeli loyal agar mendapatkan produk atau jasa Anda.