Apa Itu Company Profile? Definisi, Manfaat dan Tips Membuatnya

Joko Warino

apa itu company profile

Anda ingin berkecimpung di perusahaan atau ingin membangun perusahaan sendiri? Jika iya, maka Anda perlu tahu apa itu company profile.

Seperti nama dan identitas, profil perusahaan dipergunakan untuk memperkenalkan ‘diri’ perusahaan ke khalayak luas. 

Apa hanya itu saja?

Tentu tidak. Ada manfaat lain yang bisa Anda dapatkan. 

Selengkapnya, cek informasi berikut ini. 

Pengertian Company Profile 

Pengertian Company Profile

Apakah company profile semacam website, brosur atau media dalam bentuk lain?

Tidak sedikit orang yang keliru dalam memahami company profile.

Mudahnya, company profile adalah rangkuman yang mendeskripsikan informasi penting seputar suatu bisnis/perusahaan dengan tujuan tertentu.

Dari informasi tersebut, orang lain, seperti calon investor bisa tahu seperti apa perusahaan yang akan menerima investasi darinya. 

Profil perusahaan yang menarik bisa membuat perusahaan Anda lebih stand out. Medianya sendiri, bisa berupa website (salah satu menu di web resmi) ataupun brosur. Jadi bisa keduanya. 

“Company profile adalah CV-nya perusahaan.”

Karena hal tersebutlah, pembuatan company profile tidak bisa sembarangan. 

Lalu, apa saja isi dari company profile?

Setidaknya memuat informasi seperti berikut ini:

  • Informasi mendasar tentang perusahaan tersebut. Seperti kapan perusahaan dibangun, informasi kontak hingga URL website resmi, logo dan nama perusahaan. 
  • Struktur manajemen perusahaan, termasuk pemilik dan jajaran petinggi di perusahaan. 
  • Sejarah perusahaan. 
  • Visi misi. 
  • Produk, baik barang atau jasa yang ditawarkan. 
  • Highlight, misalnya penghargaan yang perusahaan peroleh. 
  • Item tambahan, seperti jumlah karyawan, pendapatan, target keuangan dan galeri foto. 

Manfaat dan Pentingnya Company Profile 

Pentingnya Company Profile

Bagi klien ataupun investor, salah satu manfaat company profile adalah mendapatkan gambaran tentang perusahaan. 

Apakah perusahaan tersebut terpercaya atau tidak? Apa produknya? Siapa saja yang ada di jajaran manajemennya?

Sedangkan bagi perusahaan sendiri, company profile memiliki manfaat sebagai berikut ini, di antaranya:

1. Menjadi Marketing Tools yang Efektif

Isi company profile yang menarik bisa membuat Anda mencapai tujuan marketing yang sudah Anda tentukan. 

Untuk itu, Anda tidak hanya harus memperhatikan isi tapi juga desain. Desain company profile perlu Anda sesuaikan dengan tujuan dan ciri khas dari perusahaan Anda. 

Bukankah Anda perlu menarik orang lain dengan tampilan yang menarik?

2. Membedakan Perusahaan Anda dengan yang Lainnya

Ada banyak jenis perusahaan dengan produk yang hampir serupa. Tentu, Anda tidak ingin bukan, konsumen salah mengenali Anda?

Untuk membedakannya, Anda bisa menuliskan keunggulan perusahaan yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Keunggulan tersebut bisa berupa layanan, penghargaan, produk, fitur hingga jam operasional. 

Ketika informasi tersebut ada di profil perusahaan, klien atau calon investor tidak akan susah payah membandingkan dan menilai perusahaan Anda dengan yang lain. 

Penulisan yang baik, sopan, menarik dan mudah dipahami bisa menjadi nilai plus untuk perusahaan Anda. 

3. Membangun Brand Awareness dan Kredibilitas

Apakah Anda akan percaya ketika ada orang yang mengatakan kalau dia pemenang Olimpiade tanpa bukti? Minimal foto saat orang tersebut mengangkat piala. 

Tidak percaya bukan?

Sama halnya seperti profil perusahaan, orang lain, seperti klien dan investor tidak akan bisa percaya tanpa adanya bukti atau tahu perusahaan apa yang Anda tawarkan. 

Tanpa profil perusahaan yang baik, klien ataupun calon investor seakan membeli kucing dalam karung. 

Di sisi lain, adanya profil perusahaan akan membuat konsumen semakin percaya. Jangka panjangnya, Anda bisa membuat peningkatan penjualan. 

4. Memberi Tahu Tentang Produk Anda

Kadang kala, konsumen merasa clueless ketika ada perusahaan baru yang beriklan atau muncul di tengah persaingan pasar. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan memberi tahu konsumen lewat profil perusahaan

Dengan kata lain, informasi profil perusahaan akan menjadi jembatan pembuka untuk konsumen mengenal produk Anda. Lalu diperdalam dengan menggunakan konten berkualitas yang Anda buat. 

Jika 2 hal ini bisa Anda kombinasikan, maka Anda bisa membantu mengoptimalkan strategi penjualan. 

5. Membantu Proses Rekrutmen

Apa hubungannya profil perusahaan dengan rekrutmen?

Ketika perusahaan Anda terpercaya, maka orang lain tidak akan ragu untuk melamar pekerjaan di situ. 

Jadi, ketika ada yang bertanya tentang apa pentingnya company profile, maka manfaatnya mencakup proses perekrutan, peningkatan sales hingga peluang mendapatkan investor. 

Tips Membuat Company Profile

Tips Membuat Company Profile

Walaupun isi company profile sudah jelas dan ada banyak contoh template company profile, faktanya, masih banyak yang bingung membuatnya. Misalnya, harus mulai dari mana dan apa yang harus dituliskan terlebih dahulu. 

Untuk membantu Anda, simak cara membuat company profile berikut ini.

1. Menentukan Tujuan Pembuatan Company Profile

Tujuan pembuatan profil perusahaan tidak hanya satu, banyak!

Mulai dari untuk meningkatkan brand awareness hingga mendapatkan investor untuk mengembangkan perusahaan. 

Karena hal tersebut, Anda perlu menentukan terlebih dahulu tujuan pembuatan profil perusahaan. Setelah itu, Anda bisa memasukkan informasi mengenai:

  • Keunggulan perusahaan. Apa yang membedakan perusahaan Anda dengan yang lainnya. 
  • Value of product terutama jika Anda bertujuan untuk mendapatkan investor. 
  • Bagaimana performa perusahaan, termasuk kondisi keuangan. 

2. Memutuskan Bagaimana Style Profil Perusahaan

Masing-masing perusahaan memiliki style atau desain profil perusahaan yang berbeda. Cara ini akan membantu Anda membuat company profile yang lebih unik. 

Perbedaan desain atau gaya tersebut tergantung dari target dan perusahaan Anda. Misalnya, perusahaan Anda adalah perusahaan yang bergerak di bidang grafis, maka desainnya harus yang terlihat lebih kreatif. Sedangkan untuk perusahaan di bidang hukum, maka perlu tampilan yang lebih formal dan tegas. 

3. Buat Tulisan yang Menarik

Siapa bilang kalau company profile tidak butuh copywriting?

Faktanya, sembarangan menulis profil perusahaan akan membuat profil tersebut tidak menarik. 

Untuk mengatasinya, maka Anda perlu membuat tulisan yang menarik, yang mampu memberikan gambaran atau story tentang perusahaan Anda. Tulisan harus singkat, padat, menarik

Jadi, pihak lain pun akan tertarik untuk membaca dan mengetahui informasi lebih lanjut tentang perusahaan Anda. 

company profil Puma
Contoh company profil Puma

4. Pertegas Value Perusahaan Anda

Anda perlu mempertegas atau menggarisbawahi apa yang menjadi keunggulan terkuat Anda. Cara ini bisa membantu perusahaan untuk lebih stand out dibandingkan dengan kompetitornya. 

Misalnya contoh berikut.

Adanya grafik di dalam profil perusahaan membuat orang lain yang melihatnya bisa langsung tahu dan paham bagaimana pertumbuhannya. Dengan cara ini, company profile tidak hanya menarik, tapi juga mudah dipahami.

5. Tuliskan Informasi yang Jelas dan Tambahkan Testimoni

Semua informasi dalam profil perusahaan harus berdasarkan pada fakta dan tertulis dengan jelas. 

Untuk mempertegas, Anda bisa menambahkan testimonial dari klien yang pernah menggunakan produk Anda. Di sisi lain, adanya testimoni akan membantu meningkatkan trust. 

6. Tambahkan Informasi Dasar Perusahaan dan CTA

Jangan lupa untuk menambahkan informasi mendasar tentang perusahaan. Misalnya logo, sejarah hingga kontak yang bisa dihubungi. 

Selain itu, tambahkan juga CTA. Misalnya, visit our website, hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Tujuan penggunaan CTA ini untuk membantu Anda mencapai tujuan. Misalnya mendapatkan leads. 

Jadi, jika ada yang bertanya apa itu company profile, Anda bisa menjelaskan sebagai rangkuman atau deskripsi tentang suatu perusahaan untuk tujuan tertentu. Misalnya untuk mencari investor, leads hingga mempermudah proses rekrutmen. 

Karena dari itu, perhatikan lagi company profile Anda mulai sekarang agar goal utama Anda tercapai ya.

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang blogger yang mendalami dunia SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2012 hingga saat ini dan terus belajar memahami perkembangan logaritma yang terus di update oleh Google.

Tinggalkan komentar