Dunia marketing sekarang ini lebih populer dengan cara-cara digital. Search Engine Optimization (SEO) menjadi salah satu strategi digital marketing efektif untuk Anda coba. Target menggunakan SEO cukup jelas, meningkatkan traffic dan berujung closing pada bisnis.
Penting!
“Seorang pelaku SEO yang baik bukan hanya mereka yang paham dengan mesin pencari, tetapi mereka juga mengetahui bagaimana kompetisi yang berlaku pada mesin pencari tersebut”. (Ryan Jones)
Apa Itu SEO dalam Digital Marketing?
Dalam dunia digital marketing, SEO merupakan cara atau strategi bagaimana Anda bisa menaklukkan mesin pencari.
Mesin pencari menyediakan konten untuk pengguna, dan mesin pencari akan selalu melakukan update algoritma untuk meningkatkan kualitas kontennya.
Mudahnya, bagaimana Anda menyajikan konten terbaik yang bersahabat dengan algoritma sehingga berada di posisi puncak SERP (Search Engine Result Page), itulah SEO!
Dengan kata lain, target dalam menggunakan SEO adalah bagaimana Anda dapat mencapai posisi terbaik di mesin pencari dengan pola penyajian yang sesuai dengan algoritmanya.
Contoh sederhananya begini:
Misalnya Anda membuat sebuah konten tentang produk A. Anda menggunakan strategi SEO off page dan on page yang baik pada konten tersebut.
Maka mesin pencari akan menempatkan posisi konten Anda pada halaman pertamanya.
Apa untungnya buat pemilik konten?
Jika Anda menerapkan teknik SEO dengan baik pada website maupun konten Anda, ini akan memengaruhi traffic pengunjung. Sebagai pebisnis, lihatlah bagaimana efeknya untuk closing-closing bisnis Anda.
Target Menggunakan SEO untuk Pebisnis
Target menggunakan SEO traffic, apakah dengan cara organik atau berbayar, haruslah selaras dengan target dan tujuan perusahaan Anda.
Pada faktanya, mungkin saja ada banyak hal yang memengaruhi, seperti seberapa populer brand Anda, ceruk pasar (niche) Anda seperti apa, dan seterusnya.
Namun jika Anda memilih strategi digital marketing SEO, setidaknya Anda bisa membuat target realistis dari penggunaan SEO tersebut. Efeknya pun akan sejalan dengan target bisnis Anda.
Target Menggunakan SEO untuk Pengembangan Bisnis
Bagi pemilik usaha, berikut beberapa target umum dalam menggunakan SEO untuk bisnisnya:
- Meningkatkan pasar closing organik yang lebih besar.
- Meningkatkan keterlibatan organik secara berkala.
- Target penjualan meningkat secara berkala.
- Membantu brand awareness.
- Reputasi bisnis yang kokoh.
- Kombinasi SEO dengan digital marketing lainnya.
Contoh Target SEO untuk Pengembangan Bisnis
Sebagai pebisnis, Anda perlu menetapkan target saat menggunakan strategi marketing, termasuk ketika memilih SEO. Nah, agar Anda lebih paham, yuk, simak contoh target riil yang bisa Anda tiru polanya:
1. Closing Pasar Organik 20 Persen dalam 12 Bulan
Salah satu target nyata yang bisa Anda buat setelah menerapkan strategi SEO adalah bagaimana terjadi peningkatan pada pasar organik Anda selama satu tahun.
Anda bisa membuat capaian target closing, misalnya 20 persen dalam setahun. Angka ini tentu saja relatif tergantung banyak faktor dari bisnis dan sejauh mana efektivitas SEO yang Anda terapkan.
2. Keterlibatan Organik 10 Persen dalam 6 Bulan
Selain closing, engagement (keterlibatan) juga menjadi hal yang bisa menjadi target penting Anda dalam menggunakan SEO.
Engagement secara organik bisa Anda ukur peningkatannya setelah menerapkan SEO. Buatlah target, misalnya terjadi peningkatan 10 persen dalam 6 bulan.
Keterlibatan ini akan membantu peningkatan brand awareness produk Anda. Kesadaran terhadap sebuah merek yang akan memengaruhi daya tarik produk secara rasional pada calon pembeli.
3. Capaian Target Penjualan Secara Organik dalam 6 Bulan
Apa target menggunakan SEO? Hal paling nyata yang bisa Anda temukan adalah, bahwa Anda bisa membuat capaian target angka-angka penjualan yang menarik minimal dalam enam bulan.
Misalnya di enam bulan pertama Anda menargetkan penjualan enam digit untuk produk. Hal tersebut sangat realistis Anda lakukan dengan pertimbangan kondisi nyata dari bisnis Anda.
Artinya, SEO akan membantu Anda merancang target-target penjualan dalam rentang waktu yang terukur.
Bisakah Membangun Branding dengan SEO?
Mungkin Anda berpikir bahwa mesin pencari akan bekerja lebih lama dalam menciptakan brand awareness atau kesadaran merek dari produk yang Anda ingin pasarkan.
Anda membandingkannya dengan sosial media atau iklan, lebih cepat dan terlihat hasilnya seketika.
Di sini penting Anda catat, SEO adalah cara kerja organik yang berproses, tidak instan. Maka hasilnya pun akan sepadan.
Sebelum memahami SEO untuk kesadaran merek, perlu Anda bahwa brand awareness sebuah produk dapat tercipta melalui tahapan dan proses yang tidak sebentar.
Pertama, konsumen tidak tahu tentang merek. Selanjutnya, konsumen akan mengidentifikasi merek diketahuinya. Tahap selanjutnya, konsumen sudah mampu mengingat, dan pada tahap tertinggi adalah brand awareness, di mana konsumen akan selalu ingat dengan brand Anda saat menyebut produk tertentu.
Nah, lalu bagaimana hubungan SEO ini dengan kesadaran merek?
Baiklah, Anda bisa lihat contoh sederhananya berikut.
Ketika Anda mampu menghasilkan banyak konten dengan posisi di mesin pencari yang bagus, maka potensi pengguna dalam menemukan produk dalam konten tersebut akan semakin besar.
Misalnya Anda mencari produk layanan jasa penerjemah. Saat Anda menelusuri mesin pencari, brand yang selalu muncul adalah A. Berbagai kata kunci Anda coba, nyatanya masih brand A yang terus muncul sebagai jasa penerjemah.
Setelah itu, pikiran Anda akan mulai mengingat brand A adalah brand yang populer.
Bisa jadi saat Anda membutuhkan jasa penerjemah, Anda pun akan langsung menggunakan atau merekomendasikan brand A tersebut pada orang lain.
Di sinilah keberhasilan SEO dalam membangun branding produk atau jasa yang ingin Anda pasarkan. Cukup paham sampai di sini?
SEO dan Reputasi Bisnis
Lalu, target menggunakan SEO organic traffic untuk apa lagi?
Hal yang sederhana tetapi sangat penting adalah membangun pertumbuhan dan reputasi bisnis yang kokoh.
Saat ini terjadi perubahan yang cepat (disrupsi) teknologi dalam berbagai bidang yang menguji ketangguhan organisasi bisnis, apakah bisa bertahan atau tidak.
Salah satu strategi bertahan adalah bagaimana Anda bisa memasuki pasar dunia digital secara kokoh dan bereputasi.
Semua itu bisa Anda wujudkan melalui SEO.
Mengapa?
SEO merupakan strategi kokoh yang tidak instan dan menarget pemasaran jangka panjang. Selagi internet dan Google masih ada, maka strategi ini akan terus ada dan orang pakai.
Reputasi bisnis Anda akan terjaga di dunia maya dengan baik. Branding terbangun secara bertahap, dan ceruk-ceruk pasar Anda pun akan semakin luas.
Namun, pertanyaannya, berapa lama hasil SEO terlihat? Jawabannya tergantung banyak faktor. Mulai dari kualitas konten, tingkat persaingan kata kunci, kondisi situs website, dan lainnya. Secara umum hasilnya bisa Anda lihat dalam rentang waktu beberapa bulan, mulai dari tiga bulan, enam bulan, dan seterusnya.
Baca Juga : Pengertian SEO Specialist
SEO dan Digital Marketing Lain
SEO bukan satu-satunya untuk meningkatkan pemasaran bisnis. Ya, pernyataan tersebut benar.
Namun, dengan Anda menggunakan SEO sebagai basicnya, maka kombinasi dengan strategi digital marketing lainnya akan semakin efektif.
Misalnya, Anda memiliki website yang memiliki traffic SEO bagus di mesin pencari. Lalu konten-kontennya Anda bagikan ke media sosial, Anda iklankan secara berbayar. Maka semakin melesatlah marketing Anda. Semakin mantap dan bereputasi.
Cara kerja SEO bisa Anda kombinasikan dengan strategi digital marketing lain sebab SEO adalah cara pemasaran yang organik, kokoh, dan tidak instan.
Bagaimana menurut Anda SEO ini? Apakah menarik untuk Anda jadikan pilihan strategi marketing?
Jika Anda ingin memulai bisnis dengan brand awareness yang baik, meningkat menjadi brand image (persepsi), brand loyalty (loyalitas) dan brand equity (nilai) yang baik, maka mulailah dengan SEO.
Target menggunakan SEO bagi pengembangan bisnis sudah sangat jelas dan terukur, maka saatnya Anda membuktikannya sendiri untuk bisnis Anda. Selamat mencoba.