Punya video yang FYP dan viral itu impian konten creator, namun Anda tetap bisa FYP dan viral tapi dengan beriklan dan mengeluarkan budget. Tertarik? Anda bisa ikuti panduan TikTok Ads dalam tulisan ini.
TikTok adalah platform media berbagi video pendek seumur jagung, namun keren dan viral. Muncul ke publik pertama tahun 2013, TikTok berhasil mencuri perhatian netizen, terutama kaum milenial.
Platform berbagi video pendek berdurasi 15 detik-3 menit ini memiliki 1 miliar pengguna aktif bulanan. Di media asal China ini, Anda bisa mengedit dan menciptakan video pendek yang bagus dan bernilai bagi penonton. Semakin unik, simpel dan punya value, maka video Anda mudah viral.
Dalam tulisan ini Anda bisa belajar panduan TikTok Ads iklan, mulai dari:
- Mengenal apa itu TikTok
- Jenis Iklan TikTok
- Cara Beriklan Di TikTok
- Tips sukses beriklan di TikTok
Bagaimana cara TikTok Ads bekerja? Simak pembahasannya.
Apa itu TikTok Ads?
TikTok Ads adalah media periklanan lewat platform TikTok bagi pengguna untuk dapat konsumen lebih banyak dan lebih cepat. Beriklan di TikTok merupakan solusi bagi Anda yang ingin menjual lebih cepat, lebih banyak dengan budget terbatas.
Pada tahun 2022, TikTok adalah aplikasi yang paling banyak diunduh kedua secara global, menempati posisi kedua setelah Instagram. Yang lebih mencengangkan, platform ini adalah aplikasi yang paling banyak diunduh di Apple App Store.
“Dengan jumlah pengguna harian mencapai miliaran, beriklan di TikTok bisa jadi solusi tepat bagi Anda untuk menemukan audiens tertarget yang punya daya beli.”
Tersedia banyak tools oleh TikTok Ads Manager untuk membantu mengelola iklan Anda di TikTok. Lewat media periklanan ini, iklan Anda bisa menjangkau audiens lokal hingga global.
Untuk menggunakannya pun terbilang mudah dan tidak rumit, terutama bagi Anda yang pemula.
Jenis Iklan TikTok yang Efektif
TikTok memiliki beberapa jenis iklan yang bisa Anda aplikasikan untuk membuat promosi semakin efektif. Berikut jenis iklan TikTok yang bisa Anda terapkan, yaitu:
1. In Feed Video
Layanan iklan TikTok in feed video ini memungkinkan pengguna beriklan untuk mencapai For Your Page (FYP). Video yang mencapai FYP dapat menjangkau banyak audiens, mendapat banyak respons dan tentu saja mencetak penjualan (sales).
Iklan In Feed menyatu dengan konten FYP. Bagaimanapun juga, nyaris tak ada beda antara konten yang benar-benar FYP atau konten yang diiklankan oleh pengguna. Iklan in-feed ideal untuk penempatan tautan. Anda dapat mengajak pengguna untuk take action, seperti mengarahkan mereka ke halaman arahan atau halaman beranda situs web Anda.
2. Brand Take Over
Iklan jenis Brand take Over ini memungkinan pengguna menawarkan konten video untuk meningkatkan brand awareness (kesadaran merek).
Bila Anda minat menggunakan iklan jenis ini, Anda bisa memanfaatkan influencer tepercaya yang punya basis fans ratusan ribu hingga jutaan. Alasan kuatnya, karena influencer itu sudah punya audiens yang solid dan trust terhadap ulasan dari influencer itu.
Iklan jenis ini kerap muncul bagi pengguna yang pertama kali membuka aplikasi TikTok. Ciri-ciri iklan jenis ini muncul secara full screen dengan durasi 3 sampai 5 detik saja.
TikTok membolehkan user untuk skip iklan jenis brand take over ini. Bila Anda beriklan dengan jenis ini, buatlah video yang menarik, simpel, berkesan dan memiliki value bagi pengguna.
3. Hashtag Challenge
Iklan hashtag challenge adalah jenis iklan TikTok yang memanfaatkan hashtag populer. Tujuannya untuk membuat video populer dan viral. Beberapa hashtag challenge berseliweran di beranda saat pandemi, yaitu #samaSamaBelajar
Contoh hashtag sama-sama belajar ini view-nya menyentuh angka 22 juta hanya dalam beberapa hari saja. Anda bisa menyesuaikan hashtag populer yang sesuai dengan produk yang Anda jual.
4. Branded Augmented Reality (AR)
TikTok memungkinkan brand untuk membuat filter dan stiker sendiri. Anda bisa memanfaatkannya lewat branded AR. Lewat branded augmented reality ini brand Anda bisa membuat filter dan stiker dan menawarkannya pada user.
Brand Anda akan semakin populer bila stiker digunakan oleh banyak konten kreator. Jika ahirnya stiker itu jadi viral, maka brand Anda dapat promosi gratis dan masif. Contoh brand yang sukses menerapkan Branded Augmented Reality ini adalah Coca-cola dan make up Ponds.
Pastikan Anda menciptakan filter dan stiker yang unik, keren sesuai dengan dunia milenial dan tentu saja menghibur. Filter dan stiker yang keren ini menarik konten kreator untuk menggunakannya dan brand Anda dapat eksposur gratis tanpa diminta.
5. Top View Ads
Secara harfiah, top berarti Puncak dan view artinya terlihat. Jadi, top view artinya iklan yang muncul di puncak feed TikTok. Betapa produk atau layanan Anda ramai pengunjung bila berhasil masuk ke top view ads ini. Ikuti tutorial TikTok Ads ini agar bisa mencapai top views.
Produk yang berkesempatan memanfaatkan iklan top view ini punya durasi lebih lama, yaitu lebih dari 60 detik. Iklan jenis ini sangat potensial memperoleh respons positif dari user. Pastikan konten yang Anda sajikan dalam iklan ini menarik, menghibur dan punya value kuat bagi user.
Cara Beriklan di TikTok untuk Mencetak Penjualan
Anda bisa lebih paham cara kerja TikTok Ads dengan praktik langsung membuat iklan. Berikut langkah-langkah mudah beriklan di TikTok:
1. Membuat akun TikTok Ads Manager
Berikut panduan langkah-langkah mudah membuat akun TikTok Ads Manager sebelum beriklan, yaitu:
- Pertama-tama, Masuk ke halaman TikTok for Business. Lalu klik tombol Memulai.
- Masukkan alamat email dan password baru. Tersedia kolom verification code.
- Kemudian klik Link send code. Sistem TikTok mengirim kode verifikasi ke email Anda. Masukkan kode verifikasi ini ke kolom verification code.
- Centang Persetujuan sebagai bukti Anda setuju pada TikTok Ads Terms and Conditions. Kemudian klik tombol Sign Up.
- Lengkapi kolom negara, zona waktu, nama bisnis, nomor telepon, mata uang yang Anda gunakan.
- Centang persetujuan TikTok Ads Program Terms.
- Berikutnya, klik tombol Register.
- Masukkan informasi bisnis Anda dan billingnya. Lalu klik panah kanan.
- Isi saldo pertama Anda. Untuk beriklan, minimal Anda punya saldo Rp100.000.
Kini TikTok Ads Manager login Anda siap digunakan. Selanjutnya, Anda bisa membuat “Campaign baru” untuk beriklan dan mencetak cash dari berjualan di TikTok.
Tips Sukses Beriklan di TikTok dan Menemukan Audiens Tertarget
Untuk meraih kesuksesan beriklan di TikTok dan mencetak profit (laba), ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, yaitu:
- Gunakan video yang punya value tinggi, menghibur, dan menyentuh perasaan audiens.
- Buat video menarik, terutama pada 3 detik pertama
- Maksimalkan fitur yang ada di content creation kit
- Gunakan hastag sesuai dengan target market yang Anda bidik
- Pilih waktu yang tepat untuk posting video, yaitu saat ramai orang menonton video TikTok
- Lakukan A/B testing yang tepat dengan budget minimal sebelum melakukan scale up bisnis lewat TikTok.
Nah, itu dia panduan TikTok ads yang lengkap dan powerful. Langkah-langkah memulai iklan TikTok dalam artikel ini bisa langsung Anda praktikkan untuk mencetak omzet dan hasil yang maksimal.
Baca Juga : 4 Cara Daftar Tiktok Seller dan Tips Mulai Berjualan