SEO (Search Engine Optimization) adalah cara agar situs menempati posisi teratas pada hasil pencarian. Jika Anda seorang marketer atau pebisnis yang memilih strategi marketing ini, ketahui dulu kelebihan dan kekurangan SEO sebelum menetapkan target realistis dalam rencana Anda.
Penggunaan SEO Sebagai Strategi Pemasaran
SEO merupakan serangkaian proses yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas situs web Anda di mesin pencari (seperti Google). Goal utamanya tentu mendapatkan lebih banyak traffic organik.
Menurut riset, 49% marketer melaporkan bahwa pencarian organik memiliki ROI terbaik dari semua saluran pemasaran. Artinya, SEO berpotensi besar untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah, dibanding strategi marketing lainnya.
Ketika user ingin mencari informasi di internet, umumnya mereka akan menggunakan mesin pencarian seperti Bing, Yahoo, Baidu, atau Google. Hanya dengan mengetikkan frasa tertentu, deretan situs dengan konten yang relevan dengan frasa yang pengguna masukkan akan muncul di hasil pencarian.
Urutan website dalam hasil pencarian ditentukan berdasarkan yang paling cocok dengan kata kunci menurut mesin pencari tersebut. Karena mesin pencari memiliki algoritma masing-masing untuk menentukan konten mana yang patut dan paling cocok menyandang peringkat teratas dari kata kunci tertentu.
“Secara otomatis, pengguna yang mencari informasi pasti akan lebih dulu mengeklik situs yang berada di barisan teratas, daripada peringkat di bawah-bawahnya. Sehingga, traffic kunjungan dari situs yang menempati posisi teratas pasti akan lebih tinggi daripada posisi di bawahnya atau halaman berikutnya”.
Maka dari itu, perusahaan atau perseorangan yang menjadi pemilik website berlomba-lomba agar website mereka bernaung di posisi teratas. Sebab, mereka akan memiliki lebih banyak peluang untuk dapat lebih banyak serbuan pengunjung.
Strategi SEO juga meliputi tata cara untuk mengatur agar situs memenuhi kriteria sehingga dapat terindeks di mesin pencari dan kontennya relevan untuk kata kunci tertentu.
Apabila situs telah berhasil terindeks dan menempati peringkat teratas hasil pencarian, maka situs Anda akan otomatis kebanjiran pengunjung dan penjualan berpeluang meningkat pesat. Sehingga, SEO marketing merupakan langkah yang tepat untuk menaikkan profit.
Meski demikian, terkadang hal ini tidak mudah. Ada situasi di mana website telah menempati peringkat atas dan banjir pengunjung, namun dari mereka hanya sedikit yang melakukan transaksi pembelian. Hal ini tentu perlu Anda perhatikan.
Ini bisa saja terjadi karena saat pengunjung datang ke website Anda, mereka tidak menemukan apa yang mereka cari, atau tujuan mereka hanyalah sekedar mencari informasi, bukan melakukan transaksi pembelian.
Maka, Anda harus mengatur bagaimana agar yang datang ke website Anda adalah pengunjung yang memang memiliki intensi untuk melakukan transaksi pembelian.
Kelebihan SEO
Berikut kelebihan dari strategi SEO, yang masih menjadi winning point yang patut Anda pertimbangkan dalam bisnis.
1. Meningkatkan Pengunjung Organik
SEO yang sukses tentu akan berpeluang mendatangkan banyak pengunjung, sehingga akan meningkatkan traffic organik.
Peningkatan ini bisa terjadi karena SEO yang sukses dapat membawa website ke peringkat teratas pencarian sehingga kesempatan untuk dilihat oleh calon pengunjung sangat tinggi. Semakin tinggi kesempatan ini, maka semakin banyak pula pengunjung yang membanjiri website Anda.
2. Biaya Lebih Efektif untuk Jangka Panjang
Biaya yang perlu Anda keluarkan untuk SEO tentu lebih efektif daripada jika harus memasang paid ads agar website Anda tampil di bagian atas hasil pencarian.
Biasanya, biaya yang dikeluarkan adalah untuk hal-hal pendukung seperti langganan plugin SEO, pembelian domain (untuk website baru), dan juga hosting. Atau jika punya anggaran lebih, bisa menggunakan jasa pakar SEO.
Jadi, dari segi penerapan SEO-nya sendiri sebenarnya bisa dikatakan gratis karena tidak memungut biaya. Biaya hanya untuk hal lain yang mendukung implementasinya saja.
Set up website agar bisa SEO friendly dan masuk ke dalam indeks pencarian bisa Anda lakukan secara mandiri. Dan biaya yang Anda keluarkan untuk SEO sebenarnya juga berguna untuk jangka panjang sehingga dengan kata lain bisa menjadi investasi.
3. Meningkatkan Kredibilitas Website
Apabila website Anda memenuhi standar SEO, maka kredibilitasnya akan meningkat di mata pengunjung. Terutama apabila berhasil menduduki peringkat atas. Sebab, website yang menduduki rangking tertinggi pencarian akan mereka anggap tepercaya dan kredibel.
Sehingga otomatis mereka akan melakukan klik ke website Anda. Dengan SEO yang efektif, Anda dapat membangun citra positif untuk bisnis yang Anda jalankan.
4. Bisa Menargetkan Audiens Tertentu
Dengan menggunakan SEO, Anda bisa menargetkan audiens lokal, nasional, ataupun internasional. Skala nasional dan internasional lebih sulit karena pesaingnya akan semakin banyak. Dan skala lokal akan lebih mudah karena hanya meliputi wilayah tertentu.
Penargetan SEO lokal terutama untuk bisnis yang memang targetnya hanya untuk wilayah tertentu tentunya lebih mudah. Sehingga dengan mengoptimalkannya, akan meningkatkan visibilitas website di ranah lokal.
Baca Juga : Target Menggunakan SEO untuk Mengembangkan Bisnis
Kekurangan SEO
Berikut kekurangan dari strategi SEO.
1. Proses Relatif Lama
Tidak ada hasil yang instan, semua perlu proses, begitu juga dengan SEO. Meski Anda telah melakukan pengoptimalan pada website Anda, belum tentu bisa langsung menempati posisi teratas. Perlu konsistensi serta peninjauan berkala untuk memastikan performa SEO.
SEO menunjukkan hasil setidaknya dalam periode 6 hingga 12 bulan. Maksudnya, dengan hasil adalah peningkatan traffic yang terukur dan prospek atau konversi terkait.
Ini tidak berarti Anda telah mencapai tujuan Anda pada titik ini, tetapi bisnis apa pun yang berinvestasi dalam SEO harus berharap dapat melihat kemajuan dalam jangka waktu ini.
2. Harus Menyesuaikan Algoritma Mesin Pencari
Mesin pencari seperti Google, Bing, dan lainnya memiliki algoritma yang menentukan perangkingan website yang paling relevan untuk kata kunci tertentu. Mereka memiliki cara sendiri dalam memilih konten mana yang kira-kira paling pengguna butuhkan saat melakukan pencarian.
Dasar untuk menerapkan SEO adalah dari algoritma ini, sementara, algoritmanya bukan tidak mungkin akan terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu, sehingga strategi SEO harus selalu menyesuaikan algoritma yang baru.
3. Persaingannya Ketat
Namanya bisnis pasti selalu ada persaingan. Persaingan untuk mendapatkan posisi teratas dalam hasil pencarian search engine tentu sangatlah sulit karena semua website berlomba-lomba untuk mendapatkannya. Terutama apabila menargetkan kata kunci utama yang bersifat umum dan hanya terdiri dari 1-2 suku kata, tentunya akan semakin sulit.
Untuk situs yang baru, tentu ini menjadi tantangan tersendiri karena harus berperang melawan situs-situs lain yang lebih besar untuk memperebutkan peringkat teratas, maka dari itu perlu fondasi SEO yang kuat dan berkelanjutan agar bisa berhasil dan mempertahankan peringkat dalam waktu yang lama.
4. Ruang Lingkup yang Kompleks
Contoh SEO ruang lingkupnya meliputi riset keyword, SEO off page, struktur web, SEO on page, dan masih banyak lagi. Sehingga untuk benar-benar memahami ini semua dan menyusun strategi yang efektif, tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.
Maka dari itu, perlu keahlian khusus. Hal ini tentu bisa saja menjadi hambatan bagi bisnis yang belum memiliki pengetahuan sedikitipun mengenai cara kerja SEO.
5. Belum Tentu Menjamin Peningkatan Transaksi
Meskipun SEO telah berhasil membawa situs Anda menduduki peringkat atas pencarian dan mendatangkan banyak pengunjung, belum tentu transaksi pembelian akan meningkat.
Anda perlu tahu apakah pengunjung yang terjaring masuk ke situs Anda apakah pengunjung yang relevan untuk bisnis Anda? Apakah tujuan mereka adalah mencari produk atau jasa yang Anda tawarkan? Belum tentu. Bisa saja yang mereka cari hanya sekedar informasi.
Kesimpulan
Meskipun merupakan salah satu cara efektif untuk marketing, terdapat kelebihan dan kekurangan SEO yang perlu Anda perhatikan agar bisa sukses menggunakan strategi ini. Sehingga, SEO marketing bisa berjalan efektif dan tujuan bisnis dapat tercapai.
Baca Juga : Mengenal Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page