3 Cara Membuat Tabel di Blogger, Tidak Harus Kuasai Coding

Joko Warino

Cara Membuat Tabel di Blogger

Sebagai pemula dalam dunia blogging, tak sedikit blogger yang mengaku masih merasa kebingungan dengan cara membuat tabel di Blogger. Apakah Anda termasuk dalam daftar tersebut?

Kondisi seperti ini sebenarnya sangat lumrah, apalagi Blogspot sendiri memang tidak menyediakan tools khusus untuk membuat tabel. Mau tak mau, Anda harus memutar otak untuk tetap menghadirkan tabel di dalam postingan.

Apa Itu Tabel?

Apa Itu Tabel

Secara sederhana, pengertian tabel adalah sekumpulan data informasi yang tersusun di dalam kolom beserta baris. Data tersebut dapat berupa angka maupun teks yang susunannya mengikuti aturan tertentu atau berurutan.

Meski ada aturannya, Anda dapat mengelola data di dalam tabel tersebut secara fleksibel. Artinya, jika memang ada penambahan, pengurangan, atau pengubahan lain dapat Anda lakukan sewaktu-waktu.

Apapun itu, sampai sekarang tabel masih menjadi alternatif terfavorit dalam penyajian data. Sebab, siapa saja dapat memahami informasi yang tersaji dengan lebih mudah, bahkan pengguna awam sekalipun.

“Cara terbaik untuk menyajikan informasi kepada pembaca adalah dengan menyusun data secara sistematis. Tabel menjawab kebutuhan tersebut dengan tepat sasaran.”

Fungsi Tabel

Fungsi Tabel

Selain itu, tabel juga mempunyai beragam jenis, seperti satu arah, dua, hingga manifold (tingkat tinggi). Umumnya, pengguna memanfaatkan tabel untuk berbagai kepentingan berikut:

1. Meringkas Informasi

Dalam kondisi tertentu, kata-kata dapat menimbulkan salah tafsir atau pemahaman. Berbeda dengan tabel yang mampu menyederhanakan informasi, tanpa memicu pembiasan makna.

2. Menggeneralisasikan Komunikasi

Saat ini, tabel termasuk salah satu media komunikasi yang mampu menggeneralisasi informasi dari berbagai konteks ilmiah maupun sosial. Berkat penerapan cara ini, pembaca menjadi lebih familier, sehingga lebih mudah untuk memahaminya.

3. Membantu Pembaca

Dari segi pemahaman, kehadiran tabel yang tersusun secara sistematis tentu memberikan pengaruh yang sangat besar. Hanya melalui angka-angka di dalam tabel, pembaca dapat mengetahui kenaikan maupun penurunan yang terjadi.

Cara Membuat Tabel di Blogger

Mengingat fungsi dan keunggulannya yang banyak, wajar jika blogger berusaha mencari cara untuk dapat menghadirkan tabel ke dalam postingannya. Jangan risau, berikut beberapa teknik yang dapat Anda terapkan:

1. Cara Membuat Tabel di Blogger dengan Microsoft Word

Cara Membuat Tabel di Blogger dengan Microsoft Word

Anda tentu sudah sangat familier dengan Ms. Word? Perangkat lunak besutan Microsoft ini umum digunakan untuk mengerjakan berbagai tugas yang berkaitan dengan teks atau tulisan.

Meski demikian, Ms. Word mempunyai tools khusus untuk membuat tabel yang tersemat pada menu navigasinya. Di bawah ini langkah-langkah membuat tabel di Blogger dengan memanfaatkan program Ms. Word:

  • Jalankan program Ms. Word seperti biasa, kemudian pilih menu Insert > Table.
  • Silakan pilih jumlah baris serta kolom sesuai kebutuhan, lalu isi tabel tersebut dengan data yang ada.
  • Atur sedemikian rupa tabel tersebut, agar terlihat lebih rapi, menarik, dan profesional. Pastikan pengaturannya sudah pas, karena untuk mengubah tabel melalui postingan di Blogger akan menjadi cukup sulit.
  • Jika sudah selesai, klik menu Save atau CTRL + S.
  • Simpan file tersebut dengan nama yang mudah dicari, sementara di bagian tipe dokumen ubah menjadi HTML.
  • Pilih Save/Simpan. Apabila muncul notifikasi penyimpanan, pilih saja Yes.
  • Selanjutnya, cari file tersebut pada folder penyimpanan. Klik kanan pada nama file pilih Open With, kemudian pilih jenis browser yang biasa Anda gunakan.
  • Untuk memunculkan kode HTML tabel, Anda dapat menekan tombol CTRL + U secara bebarengan
  • Gulir ke bawah untuk mencari kode HTML yang bertuliskan <table, blok sampai di bagian </table> saja, kemudian Copy.
  • Silakan beralih ke postingan blog yang sedang Anda kerjakan, tekan di bagian HTML.
  • Selanjutnya, tekan Paste untuk memindahkan tabel ke dalam postingan Blogger.

Sebagai catatan tambahan, tipe HTML pada Ms. Word setiap komputer mungkin saja berbeda. Ada yang tercantum sebagai HTML secara langsung, tetapi sebagian lagi tertulis “Web Page, Filtered” 

2. Cara Membuat Tabel di Blogger dengan Microsoft Excel

Cara Membuat Tabel dengan Microsoft Excel

Apabila Word identik dengan tugas teks, lain hal dengan Ms. Excel. Pembuatan perangkat lunak ini seolah memang dikhususkan untuk mengelola data-data terkait angka. Namun, dapatkah memunculkan tabel Excel ke dalam postingan Blogger?

Jawabannya bisa. Tak jauh berbeda dengan Word, berikut cara membuat tabel di Blogger menggunakan program Microsoft Excel pada komputer:

  • Pertama-tama, silakan buat tabel beserta isinya menggunakan Ms. Excel seperti biasa.
  • Setelah selesai, simpan file tersebut atau klik CTRL+S.
  • Ubah nama file sesuai keinginan, sementara di bagian tipe ganti menjadi HTML atau Web Page, Filtered.
  • Biasanya, sistem akan meminta konfirmasi, karena Anda mengubah tipe dokumen. Jangan cemas, pilih saja Yes.
  • Buka folder penyimpanan, kemudian cari nama file tersebut > klik kanan.
  • Arahkan kursor menuju Open With, lalu tentukan jenis browser.
  • Lakukan inspect elemen pada tabel tersebut dengan menekan CTRL+U.
  • Copy kode HTML mulai dari tulisan <table border=”0”, terus ke bawah sampai ke bagian </table>.
  • Paste kode tersebut ke postingan Blogger, pilih Preview untuk melihat hasilnya.

Sama halnya seperti Ms. Word, lakukan pengaturan tabel pada saat Anda masih mengerjakan file pada Excel. Pengaturan tabel akan terasa lebih sulit pada postingan Blogger, karena berhubungan dengan kode HTML.

3. Cara Membuat Tabel di Blogger dengan Tables Generator

Cara Membuat Tabel di Blogger dengan Tables Generator

Selain kedua teknik di atas, masih ada satu lagi cara untuk memunculkan tabel ke postingan, yakni menggunakan Tables Generator. Ada banyak situs di Google yang menyediakan fitur tersebut, sehingga Anda bebas memilihnya.

Teknik ini memang sedikit lebih ribet daripada kedua cara sebelumnya, tetapi mampu memberikan hasil yang maksimal. Berikut langkah demi langkah yang dapat Anda terapkan:

  • Langkah pertama, ketik Tabels Generator pada search bar untuk mencari situs yang menyediakan fitur tersebut.
  • Pilih salah satu situs dari sederet rekomendasi yang ada, sebagai contoh Anda dapat mengakses tautan ini https://www.tablesgenerator.com/
  • Untuk mulai membuat tabel, tekan menu HTML pada navigasi
  • Klik opsi File > New Table.
  • Tunggu sampai muncul pop-up untuk mengatur jumlah columns (kolom) serta rows (baris). Silakan tentukan sesuai kebutuhan dan akhiri dengan klik tombol Create.
  • Tak butuh waktu lama, tabel akan langsung muncul pada postingan tersebut. Isi dengan informasi yang Anda miliki dan lakukan pengaturan, seperti: Theme untuk mengatur tampilan tabel, Cell Spacing untuk mengatur spasi atau jarak antara tulisan dengan kolom tabel dan Make table responsive untuk membuat tabel mempunyai tingkat responsibilitas tinggi
  • Untuk mengintip hasilnya, Anda dapat klik Pratinjau terlebih dahulu.
  • Setelah semua pengaturan selesai, klik di bagian Generate > Copy to Clipboard untuk menyalin script HTML dari tabel tersebut.
  • Selanjutnya, beralihlah ke postingan yang Anda tulis di Blogger, ubah mode tulisan menjadi HTML.
  • Tempel script yang telah Anda salin sebelumnya ke laman tersebut, selesai.

Sebagai catatan tambahan, tombol navigasi pada setiap situs Tables Generator mungkin saja berbeda. Anda dapat menyesuaikan dengan mengeksplor tombol-tombol yang ada terlebih dahulu, sebelum menggunakannya.

Bagi yang sudah mahir dalam bidang coding, pembuatan tabel tentu terasa lebih cepat dan hasil maksimal. Namun sebagai pemula tidak perlu berkecil hati, karena ketiga cara membuat tabel di Blogger sudah cukup memenuhi standar. Selamat mencoba!

Baca Juga : 7+ Cara Menjadi Blogger Profesional dan Menghasilkan Cuan

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang blogger yang mendalami dunia SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2012 hingga saat ini dan terus belajar memahami perkembangan logaritma yang terus di update oleh Google.

Tinggalkan komentar