8+ Cara Membuat Content Plan Efektif bagi Digital Marketing

Era digital membuat pekerjaan digital marketer semakin booming dan banyak dicari, dengan digital marketing produk akan mudah dipasarkan menggunakan konten plant yang telah dibuat.

Cara membuat content plan ini perlu terstruktur agar konten dapat menarik perhatian dan membuat masyarakat mau membeli produk tersebut.

Dengan content plan, cara memasarkan produk hingga konsep yang anda buat akan terstruktur dan mudah dipahami sehingga content plan menjadi hal yang penting bagi digital marketing saat ini.

Jika konten yang anda buat tersusun rapi, anda bisa lebih mudah menentukan konsep konten mana yang relevan.

Pentingnya Content Plan

Pengertian content plan sendiri adalah merencanakan, dan tujuan mengapa konten tersebut dibuat hingga memilih platform yang akan digunakan.

Dengan target pasar yang terperinci dan tujuan yang jelas, maka content plan dapat berjalan dengan baik.

Namun jika anda tidak memilih target pasar dan konten yang diupload sembarangan, hanya membuat audiens kebingungan.

Mengumpulkan data-data yang menjadi tujuan anda serta riset pasar yang baik, content plan berguna dalam meningkatkan awareness dan menarik audiens lebih luas hingga mendapatkan lead yang baik.

Cara Membuat Content Plan Untuk Digital Marketing

Cara Membuat Content Plan Untuk Digital Marketing

Perencanaan yang baik dalam memasarkan dan mengembangkan konten sosial media adalah hal yang perlu dipahami digital marketer saat ini, menyediakan konten yang bertujuan agar produk dan merek anda dikenal menjadi suatu keharusan agar produk laris manis.

Lalu bagaimana cara membuat content plan yang efektif bagi digital marketing?

1. Pilih Target Audiens

Sebelum melangkah lebih jauh, anda perlu mengetahui bahwa audiens merupakan hal penting dalam berbisnis.

Dengan memilih audiens secara relevan dan membuat content plan yang baik, diharapkan konten yang akan anda buat dapat menyesuaikan siapa audiens yang dituju dan apa yang membuat mereka tertarik tentang produk anda.

Meski begitu, jenis konten yang anda pilih belum tentu relevan digunakan di platform lain.

Untuk itu dengan memilih audiens yang tepat dan konten yang terkonsep sempurna membuat produk anda lebih disukai karena dapat menyesuaikan target audiens yang dituju.

2. Pahami Keinginan Anda

Pemasaran konten yang luas saat ini, memaksa anda untuk terus berinovasi sebelum memasarkan produk.

Salah satunya adalah membuat content plan yang baik dan terstruktur di berbagai platform sosial media, untuk itu anda perlu memahami apa keinginan anda sebelum memasarkan konten dan membuat bisnis tersebut.

Tujuan yang kuat dan rencana yang matang, perlu anda pikirkan baik-baik sehingga content plan yang akan anda buat dapat berjalan lancar.

Jika anda memulainya pertama kali, tetaplah konsisten pada tujuan anda dan terus mencoba membuat konten yang relevan dan memberi pesan baik kepada audiens agar mereka tertarik membeli produk anda.

3. Buat Keselarasan Pada Sasaran Bisnis dan Pemasaran Konten

Menentukan tujuan pemasaran dan sasaran bisnis perlu anda lakukan agar anda tidak berfokus pada satu hal, dengan tujuan yang anda miliki seperti menaikkan penjualan maka anda perlu membuat konten yang berfokus pada merek sehingga audiens segera membeli produk.

Berfokus pada tujuan pemasaran dan sasaran bisnis yang tepat, anda bisa lebih dekat dengan tujuan tanpa membuang-buang waktu dengan membuat konten setiap hari namun tidak memiliki tujuan mengapa konten tersebut dibuat.

4. Mengelompokkan Kata Kunci yang Relevan dengan Konten

Mesin pencarian Google yang terus berubah algoritmanya, membuat teknik SEO ini penting anda ketahui dengan baik agar konten yang anda buat selalu relevan.

Dengan meningkatkan keyword yang ada, ranking website anda pada halaman Google juga akan naik.

Untuk itu riset keyword bisa anda lakukan di Ahref maupun Ubbersuggest dalam mencari keyword yang relevan.

Fokus pada konten yang anda pasarkan, keyword yang relevan akan dibaca Google sehingga masuk halaman pertama dan banyak dicari orang.

5. Mencoba Cara Baru Memasarkan Konten

Salah satu cara umum dalam memasarkan konten adalah blogging, manfaat website ini biasa diterapkan pebisnis baru untuk memasarkan konten yang relevan.

Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda perlu mencari cara lain salah satunya mencoba berbagai platform dan bereksperimen agar hasil yang di dapat maksimal.

Dengan berfokus di platform lain atau menggunakan cara yang berbeda, anda akan menemukan audiens baru dan memperluas jangkauan anda sehingga pemasaran yang anda lakukan lebih efektif.

Seperti konten video, membuat kuis menjadi pilihan agar audiens melihat produk anda secara berbeda dan unik.

6. Pilih Platform yang Sesuai

Jangan lupa platform yang sesuai menjadi faktor membuat content plan yang baik, ketika semua telah terstruktur maka anda bisa memilih platform yang sesuai dengan bisnis yang anda jalankan.

Seperti Facebook untuk generasi tua, dan anak muda yang lebih memilih Tiktok, Twitter bahkan Instagram untuk explore.

Platform tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu anda ketahui, dengan menganalisis semuanya menentukan platform yang tepat untuk bisnis anda tidaklah susah.

Hanya perlu mengkonsep konten yang dibuat dan mencari platform yang cocok anda bisa mulai membuat konten di platform tersebut.

7. Riset Konten yang Akan Digunakan

Cara membuat content plant yang bagus salah satunya adalah riset konten dan teknik copywriting yang akan dibuat berdasarkan kategori tertentu, dengan memilah konten berdasarkan kategori bisnis anda akan mudah dikenal masyarakat dan konten anda memiliki insight yang baik.

Meski begitu anda perlu konten yang relevan agar audiens menangkap pesan yang dimaksud.

Jika anda berbisnis makanan, anda bisa mengedukasi tentang makanan yang sehat dan bagaimana cara makanan tersebut dikelola dengan baik.

Hal ini menjadi edukasi bagi masyarakat bahwa konten anda bermanfaat dan menguntungkan bagi mereka, tidak heran masyarakat saat ini menyukai konten yang berbeda dan terus berkembang serta mengedukasi mereka.

8. Pilih Elemen Visual yang Menarik

Pemilihan konten yang baik berdasarkan kategori, anda bisa menyeimbangkan visual konten dengan brand anda agar audiens menyukai konten tersebut.

Ketika ada keselarasan dalam konten anda, audiens akan berminat membeli produk.

Untuk itu pentingnya keselarasan dalam mendesain produk hingga visual yang menarik perlu dimiliki pebisnis agar konten yang dibuat terlihat menarik.

Konten yang menarik dan visual yang menggoda, audiens tidak akan berpikir panjang untuk membeli dan mengikuti produk anda sekarang juga.

Karena visual menjadi hal penting selain kata-kata sehingga pembeli mudah tertarik dengan apa yang mereka lihat dan mereka bayangkan saat itu juga.

Perbedaan Content Plan dan Content Strategy

Tentunya content plan dan content strategy merupakan dua hal berbeda, jika content plan merupakan rencana dan bagaimana konten tersebut dikembangkan.

Jika content strategy adalah mengatur konten dalam bentuk visual hingga tulisan yang akan dipublikasikan, untuk itu anda harus menentukan jenis konten yang baik dan apa tujuan konten tersebut dibuat.

Lebih tepatnya, jika content strategy adalah strategi yang akan dibuat sebelum konten tersebut ada dan bagaimana caranya konten tersebut menarik bagi audiens, jika content plant hanya berfokus pada pengembangan dan jadwal konten tersebut.

Apa Manfaat Content Plan Sebenarnya?

Apa Manfaat Content Plan Sebenarnya

Cara membuat content plan yang mudah, bisa anda lakukan dengan berbagai cara.

Manfaat yang beragam membuat content plan ini perlu diketahui digital marketer agar konten yang dibuat tidak sembarangan.

Berikut manfaat content plant, seperti apa?

1. Membuat Jadwal Konten yang Terstruktur

Penjadwalan konten yang terstruktur membuat konten anda terjadwal lebih baik dan memilih waktu yang tepat agar audiens anda melihat konten anda di waktu tertentu, dengan penjadwalan yang tepat maka konten yang anda buat mendapat perhatian audiens. Tidak heran jika content plant penting saat ini.

Digital marketer yang bertugas membuat konten, perlu penjadwalan khusus agar konten yang dibuat dapat terstruktur dengan baik.

Dengan konten yang terjadwal, anda bisa lebih mudah memilih konten yang akan dibuat dan tertarget pada audiens.

2. Dapat Mengetahui Kelemahan dan Kelebihan Kompetitor

Menganalisis kompetitor lebih dalam, adanya content plan membuat anda lebih mudah menemukan kelebihan dan kekurangan kompetitor sehingga bisnis yang anda jalankan menemukan celah untuk unggul.

Hal ini memudahkan anda dalam bersaing dengan kompetitor dan anda membuat produk anda lebih menarik.

Ketika menemukan celah kompetitor, anda dapat membangun branding lebih kuat dengan tagline bisnis yang unik dan menarik membuat audiens lebih condong kepada bisnis anda.

3. Menghemat Waktu

Perencanaan dalam membuat konten akan memudahkan anda dan menghemat waktu tanpa perlu memikirkan konten apa yang akan dibuat hari ini, perencanaan konten yang baik adalah seminggu atau sebulan agar analisis kebutuhan konten untuk audiens bisa terpenuhi.

Content plan yang sempurna membuat anda lebih tenang dan tidak bingung menentukan konten, selain itu content plan membuat sosial media hingga blog anda terstruktur dengan baik karena konten telah terjadwal dengan baik.

4. Konsisten dalam Membuat Konten

Ketika content plan telah dibuat, anda tidak perlu khawatir lagi karena anda bisa konsisten membuat konten di berbagai platform.

Ketika anda bisa konsisten, maka konten yang anda buat akan maksimal dan mencapai target audiens yang diinginkan.

Dengan konsisten, anda dapat membuat konten lebih baik dan bisa memaksimalkan konten tersebut dengan berbagai cara yang telah tersusun dalam content strategy.

5. Lebih Efektif

Membuat content plant, nyatanya membuat anda lebih efektif dan maju selangkah karena anda telah memiliki rencana ke depan dan bagaimana konten tersebut dibuat.

Hal ini lebih efektif dibanding anda tidak memiliki rencana dan hanya memikirkan bagaimana konten tersebut bisa viral tanpa terkonsep terlebih dahulu.

Adanya rencana yang telah tersusun rapi, membuat bisnis anda menuju tujuan yang tepat karena alur ke depan telah terencana dan berkomitmen tinggi dengan apa yang anda susun saat ini.

Dengan mempelajari cara membuat content plan yang mudah, anda juga perlu mengetahui berbagai strategi bisnis yang anda jalankan.

Pelajari kompetitor dan kenali kelemahan serta kelebihannya, hal tersebut membuat bisnis anda berkembang dan terus mencapai tujuan dengan optimis dan terus mengembangkan apa yang anda miliki saat ini.

Adanya content plan dan content strategi, membuat bisnis anda terencana dengan baik sehingga apa yang anda lakukan kedepannya tidak sia-sia.

Cara membuat content plan yang mudah, perlu anda ketahui dan pelajari agar content plant yang anda buat dapat menyusun semua ide hingga konten lainnya.

Tinggalkan komentar