Pengertian Artikel SEO, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Joko Warino

artikel SEO adalah

Artikel SEO adalah istilah artikel yang berhubungan dengan digital marketing SEO (Search Engine Optimization). Artikel ini memiliki karakteristik yang sedikit berbeda dengan artikel online pada umumnya. Satu hal yang mengidentikkan artikel SEO ini adalah algoritma mesin pencari.

Penting!

Mesin pencari (Google, Bing, Yahoo, dll) mengindeks konten dalam bentuk teks, maka bagaimana Anda menciptakan teks artikel yang benar-benar memenuhi selera mesin pencari, itulah artikel SEO.

Apa itu Artikel SEO?

pengertian Artikel SEO

SEO merupakan salah satu bentuk digital marketing dengan cara melakukan optimasi sebuah konten di mesin pencari untuk mendapatkan peringkat teratas. Semakin tinggi posisi peringkat sebuah website maka traffic nya akan semakin bagus.

Proses SEO berlangsung secara organik. Kerjanya tidak bisa instan seperti iklan. Maka sebuah proses SEO akan membutuhkan waktu untuk mengukur hasillnya. Anda bisa membuat tolak ukur goal apa saja selama proses optimasi itu berlangsung.

Proses SEO tersebut membutuhkan konten, salah satunya adalah artikel. Maka munculah istilah artikel SEO.

Artikel SEO adalah artikel yang penulisannya mengacu pada algoritma dari mesin pencari.

Menulis artikel SEO adalah menulis artikel yang acuannya pada mesin pencari. Artikel yang SEO friendly akan membantu optimasi sebuah website dapat berada di posisi rangking atas.

Artikel SEO friendly adalah artikel yang Anda tulis mengikuti algoritma mesin pencari terbaru. Ketahui trendnya seperti apa maka mesin pencari akan menyukai artikel tersebut.

Fungsi Artikel SEO

Fungsi Artikel SEO

Fungsi utama artikel SEO adalah membantu proses optimasi sebuah website agar berada di posisi rangking atas mesin pencari.

Penyajian konten yang bagus akan membuat pengunjung suka dan menjadikan website tersebut rujukan ketika pengguna mencari informasi di dunia maya.

Berikut ini beberapa fungsi artikel SEO yang lebih konkret:

  • Mempercepat optimasi rangking atas sebuah website.
  • Menjadi pilihan konten yang lebih terstruktur dan berkualitas penyajiannya dalam sebuah website.
  • Mengundang pengunjung secara signifikan untuk peningkatan traffic website.

Apakah bisa sebuah website tanpa artikel yang SEO friendly menempati posisi teratas mesin pencari? Jawabannya hal tersebut bisa saja terjadi. 

Jika faktor SEO off page seperti ketangguhan server website, backlink (link building), atau review konsumen sebuah website cukup tinggi maka efek pengaruhnya pada posisi website pun akan semakin bagus.

Sebagai contoh website berita dari media-media mainstream. Konten artikel website tersebut tidak terlalu memperhatikan kaidah SEO, tetapi karena faktor SEO off page-nya bagus, maka posisi website besar tersebut bisa saja tinggi.

Jika Anda mengelola website baru dan tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk mempercepat posisi website di mesin pencari bisa lebih bagus posisinya, maka solusi paling memungkinkan adalah SEO.

Membuat konten seperti artikel SEO yang bagus sehingga berefek pada performa blog atau website.

Cara Menulis Artikel SEO

langkah-langkah Cara Menulis Artikel SEO

Secara sederhana cara menulis artikel SEO bisa Anda lakukan dengan langkah pertama adalah riset kata kunci, membuat outline artikel, menuliskannya, memasukkan unsur SEO ke dalam artikel, revisi, dan melakukan update link internal.

Berikut penjelasannya:

1. Riset Kata Kunci

Pertama kali Anda harus memahami produk yang akan Anda pasarkan melalui SEO itu apa, siapa pasarnya, dan mulailah melakukan riset kata kunci.

Riset kata kunci ini bisa Anda lakukan secara manual atau dengan tools seperti Ahrefs misalnya.

Tujuan dari riset ini adalah untuk mendapatkan kata kunci yang tinggi pencariannya dan lebih kecil tingkat persaingannya. Dengan demikian potensi artikel Anda bisa berada di posisi atas akan lebih terbuka.

Selain Ahrefs, Anda juga bisa menggunakan Google Analitik secara gratis untuk membantu riset kata kunci secara kuantitatif.

2. Buat Outline Artikel

Struktur artikel SEO sangat menentukan keterbacaan oleh para pengguna internet. Apa yang harus Anda sajikan lebih dulu, bagaimana membuat kerangka yang saling terhubung, pembahasan yang relevan, semua itu harus Anda buat konsepnya lebih dulu melalui outline.

Buat outline secara rinci, lengkap, dan jelas sehingga pembaca tertarik untuk meneruskan membaca informasi yang tersaji dalam artikel tersebut.

3. Mulai Menulis dengan Sentuhan Tiga Unsur

Penulis artikel SEO adalah seorang content writer yang harus menguasai tiga skill sekaligus yakni memahami kaidah SEO terbaru, memiliki pemahaman copywriting yang baik, dan kaidah-kaidah kepenulisan jurnalistik.

Anda perlu menguasai kaidah SEO untuk penulisan agar mesin bisa menyukai artikel tersebut dan mengindeksnya di posisi yang atas.

Sedangkan untuk copywriting dan jurnalistik Anda perlukan untuk membuat kesan human friendly, manusia tertarik dan suka membacanya.

Unsur copywriting dan jurnalistik yang bagus akan membuat pembaca terus tertarik menyimak artikel sampai selesai. Walaupun artikel tersebut panjang, tetapi unsur copywriting dan jurnalistik tersebut dapat membuat pembaca seperti terhipnotis.

4. Tempatkan Kaidah SEO

Kaidah SEO mengacu pada algoritma Google terbaru. Anda perlu memperhatikan trend tersebut dari Google dan menerapkannya dengan baik ke dalam artikel.

Beberapa kaidah yang sudah umum seperti menempatkan kata kunci di bagian judul, awal paragraph, dan akhir paragraph.

Mengatur jumlah kata yang relevan, menggunakan kata kunci turunan, mengatur struktur heading artikel, menyajikan konten yang lengkap dan bervariasi (tulisan, infografis, gambar, video, dan sebagainya).

Anda bisa menggunakan beberapa bantuan tools untuk mendukung penerapan kaidah SEO tersebut. Misalnya menggunakan YOAST, tools pengecekan anti plagiat, dan sebagainya.

5. Posting Artikel

Artikel SEO yang baik perlu memperhatikan optimasi pemostingan yang lengkap. Misalnya bagaimana Anda membuat meta deskripsi, mengatur penyajian artikel dengan struktur yang readable, menggunakan permalink, dan semua kelengkapan dan proses posting artikel.

Maka seorang penulis artikel SEO harus menguasai juga pengelolaan sebuah blog. Cara posting yang baik agar semua unsur SEO pada artikel tersebut dapat teroptimasi.

Apakah Menulis Artikel SEO itu Sulit?

Ada banyak contoh artikel SEO yang mudah Anda pahami dan tidak sulit. Pada awalnya mungkin Anda akan merasa ribet dengan banyaknya aturan, tetapi jika aturan tersebut sudah Anda terapkan dalam tulisan, maka Anda akan merasa biasa saja.

Update aturan-aturan baru perlu Anda sesuaikan dengan trend algoritma dari Google itu sendiri. Kekuatan dari riset kata kunci juga akan memengaruhi kualitas konten.

Apa yang sedang trend saat ini dan memenuhi minat pengguna di internet akan menjadi faktor yang mendorong tingkat traffic dari konten artikel SEO yang Anda buat.

Nah, jika Anda seorang yang mahir menulis artikel SEO, pekerjaan menjadi penulis artikel ini sangat menjanjikan saat ini. Ada banyak perusahaan yang mencari penulis artikel SEO untuk membantu kerja SEO website perusahaan.

Jangan lupa kombinasikan skill pemahaman SEO Anda dengan copywriting dan jurnalistik yang baik sehingga konten artikel yang Anda buat akan lengkap, sempurna, dan bisa bertahan lama di mesin pencari.

Artikel SEO adalah konten yang awet dan bisa bertahan lama di internet. Kapanpun Anda membacanya artikel tersebut tetap relevan. Sudah siap jadi penulis artikel SEO?


Jika Anda membutuhkan jasa penulisan artikel SEO, pastikan untuk memilih Jokowa.id, situs penyedia artikel berkualitas. Jokowa.id adalah salah satu pilihan terbaik untuk jasa penulisan artikel SEO dengan jaminan keaslian artikel hingga 100%.

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang blogger yang mendalami dunia SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2012 hingga saat ini dan terus belajar memahami perkembangan logaritma yang terus di update oleh Google.

Tinggalkan komentar